Kapolri: 2017, Kejahatan Dunia Siber Meningkat

In Berita Kini, Politik

Jakarta – Kasus kejahatan di dunia siber atau Cyber Crime meningkat dibandingkan pada tahun 2016. Tahun 2017 ini terjadi peningkatan sebanyak tiga persen.

Demikian pernyataan Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat memaparkan hasil kinerja Kepolisian Republik Indonesia selama tahun 2017 di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (29/12/2017).

Data yang disajikan memperlihatkan di tahun 2016 tercatat ada 4.931 kasus yang ditangani Polri. Sementara itu, tahun ini, aparat menangani Cyber Crime sebanyak 5.061 kasus.

“Tahun ini angka kejahatan transnasional untuk Cyber Crime mengalami peningkatan,” kata Tito.

Tito menuturkan, Kepolisian Republik Indonesia di bawah kepemimpinannya juga sangat mewaspadai kejahatan di dunia siber. Oleh sebab itu, Tito membentuk Direktorat Siber Bareskrim Polri.

“Direktorat Siber akan saya perkuat. Kami paham bahwa masalah hoax penggunaan dunia siber sudah sangat bebas dan mengganggu serta menimbulkan kerawanan,” kata Tito.

Tito menyatakan bahwa Direktorat Siber Bareskrim Polri dijabat oleh seorang polisi jenderal bintang satu atau Brigadir Jenderal (Brigjen). Dia berharap dengan adanya itu bisa menekan angka kejahatan di dunia maya.

“Beberapa tahun belakang ini akan terjadi bahwa opini publik lebih berpengaruh di medsos dibandingkan media konvensional,” kata Tito.

You may also read!

Handika Jok Pratama Menjadi yang Terbaik di Kontes Desain Online Pertama “MBtech DWSA 2019”

SinarHarapan.id-Sukses menggelar ajang modifikasi Jok “MBtech Riding With Style Awards (MBtech RWSA)” dan MBtech Living With Style Awards (MBtech

Read More...

BMW Hadirkan THE NEW 7 untuk pertama kalinya di Medan

SinarHarapan.id-Menyambut Chinese New Year 2020, hari ini BMW Indonesia dan PT Artha Motor Lestari (AML) pertajam profil sedan paling mewahnya dengan luncurkan

Read More...

Bersama Keluarga Besar Bluebird, Tiga Pool Bluebird yang Terkena Banjir Dipulihkan Kembali

SinarHarapan.id-Pada 1 Januari 2020 lalu beberapa area di Jabodetabek terendam banjir sebagai akibat dari curah hujan yang tinggi, termasuk

Read More...

Leave a reply:

Mobile Sliding Menu