Kapolri: 2017, Kejahatan Dunia Siber Meningkat

In Berita Kini, Politik

Jakarta – Kasus kejahatan di dunia siber atau Cyber Crime meningkat dibandingkan pada tahun 2016. Tahun 2017 ini terjadi peningkatan sebanyak tiga persen.

Demikian pernyataan Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat memaparkan hasil kinerja Kepolisian Republik Indonesia selama tahun 2017 di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (29/12/2017).

Data yang disajikan memperlihatkan di tahun 2016 tercatat ada 4.931 kasus yang ditangani Polri. Sementara itu, tahun ini, aparat menangani Cyber Crime sebanyak 5.061 kasus.

“Tahun ini angka kejahatan transnasional untuk Cyber Crime mengalami peningkatan,” kata Tito.

Tito menuturkan, Kepolisian Republik Indonesia di bawah kepemimpinannya juga sangat mewaspadai kejahatan di dunia siber. Oleh sebab itu, Tito membentuk Direktorat Siber Bareskrim Polri.

“Direktorat Siber akan saya perkuat. Kami paham bahwa masalah hoax penggunaan dunia siber sudah sangat bebas dan mengganggu serta menimbulkan kerawanan,” kata Tito.

Tito menyatakan bahwa Direktorat Siber Bareskrim Polri dijabat oleh seorang polisi jenderal bintang satu atau Brigadir Jenderal (Brigjen). Dia berharap dengan adanya itu bisa menekan angka kejahatan di dunia maya.

“Beberapa tahun belakang ini akan terjadi bahwa opini publik lebih berpengaruh di medsos dibandingkan media konvensional,” kata Tito.

You may also read!

KAHMIPreneur: Mandalika Harus Jadi Penggerak Utama Perekonomian Wilayah

SinarHarapan.id - Founder KAHMIPreneur Kamrussamad berharap Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, bisa

Read More...

Diplomat dan Pemuka Agama Perlu Padukan Langkah buat Perdamaian Dunia

SinarHarapan.id  - Para pemuka agama dari 125 negara di dunia menyerukan perlunya kerja sama dengan para diplomat untuk memajukan perdamaian

Read More...

Ngampooz, Satu Aplikasi untuk Beragam Masalah Warga Kampus

SinarHarapan.id - Telah hadir aplikasi yang dapat membantu berbagai macam kebutuhan akademik mulai dari elemen mahasiswa, dosen, hingga kampus

Read More...

Leave a reply:

Mobile Sliding Menu