Sebanyak 57 Lembaga Wujudkan BBM Satu Harga Tahun Ini

In Berita Kini, Ekonomi

Jakarta – Tekad Presiden Joko Widodo untuk mewujudkan satu harga Bahan Bakar Minyak di seluruh Tanah Air semakin mendapatkan dukungan.

Saat ini, total lembaga penyalur BBM satu harga pada tahun ini mencapai 57 titik. Jumlah tersebut mencakup sebanyak 17 titik lembaga penyalur resmi BBM satu harga yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jokowi mengatakan, selain memberikan harga BBM yang sama di seluruh wilayah Indonesia, akses masyarakat untuk mendapatkan BBM juga semakin mudah.

Presiden menegaskan sudah menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah untuk mewujudkan pemerataan pembangunan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat.

“Negara ini sangat besar dan jumlah pulau banyak dengan kondisi infrastruktur yang berbeda. Sebelumnya, di tempat-tempat terpencil harganya (BBM) 10 kali lipat, bahkan ada yang 15 kali dari harga yang ada di Pulau Jawa. Ini yang kita kejar,” kata Jokowi dalam keterangan tertulis yang dikeluaran Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), di Jakarta, Jumat (29/12/2017).

Untuk diketahui, melalui program BBM satu harga, seluruh pelosok Tanah Air, terutama di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) akan dapat menikmati BBM dengan harga yang sama.

Masyarakat yang sebelumnya harus mengeluarkan Rp 7.000 hingga Rp 100 ribu untuk 1 liter BBM, kini bisa membeli dengan harga Rp 6.450 per liter untuk Premium dan Rp 5.150 untuk Solar.

Jokowi mengungkapkan, saat pertama kali program BBM satu harga diumumkan, banyak yang meragukan bahwa program ini akan berjalan.

“Program ini (dapat berjalan) karena memang tidak terlalu sulit, tidak terlalu mahal biayanya dan saat itu saya suruh menghitung pada Menteri ESDM dan Menteri BUMN, berapa sih biaya tambahan yang harus dikeluarkan,” jelasnya.

“Disebutkan Menteri ESDM kurang lebih Rp 800 miliar. Kalau dulu subsidi BBM sekitar Rp 300 triliun saja diberikan, ini masak tidak lebih Rp 1 triliun tidak diberikan. Itulah saya putuskan kenapa BBM satu harga itu hadir,” ucap Jokowi.

Menteri ESDM, Ignasius Jonan menambahkan, program ini merupakan pelaksanaan dari energi berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Oleh sebab itu, terus dicari cara agar harga energi bagi masyarakat semakin terjangkau dan biaya penyediaan energi semakin ekonomis.

Jonan melaporkan dari 57 lokasi yang beroperasi tahun ini, total penyaluran BBM bulanan BBM satu harga nantinya mencapai sekitar 4 ribu kilo liter (kl) per bulan atau per harinya 133 kl.

“Realisasinya dari penyalur BBM satu harga yang telah beroperasi ini untuk Premium sekitar 11 ribu kl dan Solar sekitar 6 ribu kl per tahun,” terang Jonan.

You may also read!

KBRI Muscat Repatriasi 180 WNI dari Oman

SinarHarapan.id - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Muscat memfasilitasi pemulangan 180 warga Indonesia (WNI) dan seorang warga negara asing

Read More...

Psikotes Calon Siswa Baru Terapkan Protokol Kesehatan

SinarHarapan.id - Sejumlah peserta mengikuti psikotes calon siswa jelang tahun ajaran baru di tengah pandemi di SD Islam Al-Hidayah,

Read More...

UTBK Diputuskan Tetap Digelar, Penyelenggara dan Peserta Diminta Patuhi Protokol Kesehatan

SinarHarapan.id - Peserta dengan melakukan standar protokol kesehatan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang pertama di Kampus Fakultas

Read More...

Leave a reply:

Mobile Sliding Menu