Longsor di Malang, 16 Orang Mengungsi

In Berita Kini, Nusantara

Malang – Sebanyak 16 orang dilaporkan mengungsi pascalongsor di Perumahan Maharaja Gallery, Malang, pada Rabu siang (10/1). Situasi ini terjadi lantaran material yang menutupi aliran sungai mengalami penyempitan sehingga menggerus tanah sepanjang kurang lebih 50 meter dan tinggi kurang lebih 12 meter.

Seperti dilaporkan Republika, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang, J Hartono mengungkapkan, material longsor yang menutupi aliran itu membuat dapur rumah milik Nasir warga Jalan Muharto Gang 5B ikut roboh. Kemudian dilanjutkan dengan longsor yang diketahui pada pukul 17.00 WIB.

“Longsor susulan ini diketahui pukul lima sore, setelah Pusdalops BPBD Kota Malang mendapatkan laporan lagi dari warga bahwa terjadi longsor susulan,” kata Hartono, Kamis (11/1).

Menindaklanjuti hal tersebut, BPBD Kota Malang melalui Tim Reaksi Cepat mengaku telah meninjau lokasi yang longsor. Kemudian dilanjutkan dengan menyalurkan bantuan terpal dan sembako.

Akibat dari dampak longsor tersebut, Hartono menilai, lima rumah kemungkinan berpotensi mengalami longsor susulan. Menanggapi hal tersebut 16 jiwa diungsikan di halaman masjid setempat. Kerugian dalam kejadian ini ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Untuk meminimalisir longsor susulan, BPBD menegaskan, tidak hanya memberikan bantuan kepada korban. Pada Kamis, BPBD juga telah mengirimkan Tim Reaksi Cepat untuk melakukan kerja bakti. Kerja bakti yang dibantu masyarakat ini dilakukan untuk membuang bongkahan akibat longsor agar memperlancar aliran air.

Dengan adanya kejadian ini, BPBD Kota Malang mengimbau masyarakat bahwa musim hujan masih terus berlangsung. “Oleh karena itu masyarakat harus terus waspada terhadap potensi bencana di sekitar kita,” tegas dia.

You may also read!

Mitsubishi Expander Resmi Menjadi Kendaraan Operasional Crew Garuda Indonesia

SinarHarapan.id -Sebanyak 401 unit kendaraan Mitsubishi XPANDER telah resmi diserahterimakan kepada Garuda Indonesia, khususnya untuk kelancaran dan kemudahan operational

Read More...

Penghargaan IICD Dibuka Menteri Keuangan Sri Mulyani

SinarHarapan.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani (tengah) menerima cinderamata dari Ketua Dewan Penasehat IIPG Boediono dan disaksikan oleh Chairman Indonesian

Read More...

Bank BTN Emiten Terbaik Terapkan GCG

SinarHarapan.id - Direktur PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Iman Nugroho Soeko bersama Komisaris Independen Lucky Fathul Aziz menerima penghargaan

Read More...

Leave a reply:

Mobile Sliding Menu