Polisi: Rekening Bayar Oplas Ratna sama dengan Rekening Bantuan Toba

In Eksposisi

SinarHarapan.id – Berbagai hal mulai terkuak setelah Ratna Sarumpaet mengakui bahwa dia berbohong soal penganiayaan, meskipunsebelumnya polisi sudah mengungkap sejumlah kejanggalan dalam penyelidikan.

Polisi menemukan fakta-fakta terkait kegiatan Ratna Sarumpaet yang ternyata menjalani operasi plastik di RS Bina Estetika.

“Dalam proses penyidikan, Beliau melakukan pembayaran di RS dengan menggunakan sebuah nomor rekening. Kalau rekan-rekan membuka di internet ternyata beliau menggunakan rekening yang sama untuk mengumpulkan dana kalau tidak salah untuk Danau Toba,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto kepada wartawan di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (4/10/2018).

Terkait hoaks Ratna Sarumpaet, kepolisian menerima enam laporan. Lima laporan terkait dugaan penyebaran berita bohong. Satu laporan lagi soal permintaan polisi mengungkap dugaan penganiayaan.

Kebohongan Ratna Sarumpaet terungkap setelah penyelidikan polisi menemukan fakta-fakta keberadaan Ratna Sarumpaet pada Jumat, 21 September. Ratna dari penelusuran polisi diketahui berada di RS Bina Estetika, bukan di Bandung yang disebut-sebut sejumlah orang jadi lokasi penganiayaan.

Polisi disebut Setyo juga akan memanggil sejumlah orang atas laporan dugaan penyebaran hoax. Polisi akan menkonstruksikan penyebaran hoax.

Setyo menyebut penyebar hoax bisa dijerat dengan Pasal 14 dan 15 UU Nomor 1 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana atau UU ITE.

“Saya sudah mendengarkan penyidik Polda Metro Jaya. Mereka komitmen akan menuntaskan, segera mengumpulkan bahan-bahan keterangan akan membuat gambaran lebih jelas sehingga peran orang per orang jelas,” kata Setyo.

Ratna Sarumpaet sudah mengakui kebohongannya soal penganiayaan. Kebohongan menurutnya berawal sebagai alasan ke anak-anaknya usai operasi plastik untuk sedot lemak di pipi.

Berdasarkan penelusuran dari CNN Indonesia, hasil penyelidikan polisi mengungkapkan bahwa nomor rekening atas nama Ratna Sarumpaet 2721360727 dan rekening bank milik anak Ratna, Ibrahim Fahmi Al Hadi melakukan transaksi pada RSK Bina Estetika.

Polisi mencatat ada tiga transaksi debit oleh dua rekening itu pada tanggal 20, 21, dan 24 September 2018.

Pada tanggal 20 September 2018 pukul 21.00 WIB tercatat transaksi sebesar Rp25 juta, tanggal 21 September 2018 pukul 17.06 WIB sebanyak Rp25 juta, dan tanggal 24 September 2018 pukul 21.11 WIB sebesar Rp40 juta.

Nomor rekening Ratna itu ternyata juga pernah digunakan sebagai rekening untuk untuk menampung dana sumbangan terhadap korban kapal tenggelam di Danau Toba, beberapa waktu lalu.

Hal itu diketahui berdasarkan unggahan anak Ratna, Atiqah Hasiholan, di akun Instagramnya yang telah terverifikasi.

Pada 29 Juni, akun Instagram Atikah, @atiqahhasiholan mengajak masyarakat yang ingin membantu korban kapal tenggelam di Danau Toba menyalurkan bantuannya ke rekening BCA 2721360727.

“Ratna Sarumpaet Crisis Center besok akan pergi bertemu dengan keluarga yang ditinggalkan. Banyak dari mereka dengan status ekonomi kurang mampu. Yang ingin berbagi, silahkan kirimkan dana untuk bantuan keluarga2 korban ke rekening BCA 2721360727,” tulis Atiqah

Belum ada penjelasan soal keterkaitan pengunaan rekening tersebut baik dari pihak Ratna Sarumpaet maupun kepolisian. Namun penggunaan rekenening yang sama untuk penggalangan donasi dengan kebutuhan berobat Ratna kini jadi sorotan publik.

You may also read!

Momen Bebas Backlight dengan Anti-Backlight AI HDR

SinarHarapan.id -Aktivitas travelling dan selfie atau swafoto tidak lepas dari Mobile photography. Mendukung aktivitas populer ini, smartphone flagship Vivo

Read More...

Suzuki Day Hadir Kembali di Pati, Jawa Tengah

SinarHarapan.id -PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menggandeng main dealer PT Remaja Motor menggelar program Suzuki Day Pati pada 10

Read More...

Adira Finance Gelar “Sobat Riders”, Jejeran Motor Ternama Tampil Di Pondok Indah Mall 2

SinarHarapan.id -Di hari jadinya yang ke--28, Adira Finance gelar pameran beragam merk motor ternama di Pondok Indah Mall 2,

Read More...

Mobile Sliding Menu