Sidang Merek ‘Gymkhana’ Hadirkan Saksi Ahli Cita Citrawinda

In Megapolitan

SinarHarapan.id – Kasus klaim nama ‘Gymkhana’ antara Genta Auto & Sport sebagai penggugat, dan Lie Reza Aliwarga sebagai tergugat sudah memasuki sidang ke-6 yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jakarta (31/1).

Genta Auto & Sport selaku promotor Kejurnas Auto Gymkhana, menghadirkan DR Cita Citrawinda Noerhadi SJ selaku Saksi Ahli dalam bidang Hak Asasi Kekayaan dan Intelektual (HAKI).

Kepada Majelis Hakim, Cita menjelaskan bahwa secara undang-undang merek, pendaftaran nama Gymkhana oleh pihak ketiga seharusnya tidak diperbolehkan, karena memang pada dasarnya nama ‘Gymkhana’ merupakan kata umum dan sebutan untuk jenis olahraga otomotif sama seperti nama olahraga lainnya seperti Futsal, Basket, dan lain-lain.

Citra mengungkapkan proses pengajuan merek kepada Direktorat Jenderal Kekayaan Indonesia dari awal pengajuan merek, sampai akhirnya bisa ditetapkan sebagai merek dagang.

“Mengacu pada UU No.15 tahun 2001 tentang merek, bahwa setiap orang bisa mengajukan merek dan menggunakannya secara eksklusif dalam berbagai produk dan event yang mereka selenggarakan,” kata Cita yang juga ketua Asosiasi Konsultan Hak Asasi Kekayaan dan Intelektual (AKHAKI).

“Dalam prosesnya ada pengajuan formal dan subtantif, serta beberapa syarat yang harus dipenuhi. Salah satunya dalam pemberian merek, tidak boleh dari nama umum atau nama yang terdaftar dalam kamus internasional ataupun nasional,” ungkapnya.

“Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk membela hak klien kami dan memperjuangkannya. Sidang ini berjalan cukup fair dan saksi ahli dari pihak kami akan kami bawa di sidang selanjutnya,” kata Abdurachman Syarief, Kuasa Hukum Reza Aliwarga.

Persidangan ini berawal karena Genta maupun IMI terusik dengan pihak ketiga atas nama Reza Aliwarga yang mengaku sebagai pemilik sah nama Gymkhana.

Pihak tergugat belum membawa saksi pada sidang ini, rencana sidang berikutnya saksi Ahli pihak tergugat akan ditunjukkan pada sidang ke-7 yang dijadwalkan Kamis depan (7/2). (SH/AJ)

You may also read!

Bantu Warga Depok Cegah Virus Corona, Novi Anggriani Tegaskan Tidak ada Kaitan Pilkada Depok

SinarHarapan.id - Pandemi virus Corona atau COVID-19 yang dialami Indonesia, membuat Pemerintah telah menetapkan COVID-19 sebagai jenis penyakit dengan faktor

Read More...

Daimler Commercial Vehicles Indonesia Tetap Membuka Jaringan Layanan Servis untuk Pelanggan

SinarHarapan.id-PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) dan PT Daimler Commercial Vehicles Manufacturing Indonesia (DCVMI) berkomitmen untuk selalu menjaga bisnis

Read More...

April ini DFSK Tawarkan Cashback Menarik Hingga Bunga 0%

SinarHarapan.id-Di tengah kondisi yang sedang sulit karena penyebaran virus corona, DFSK memberikan berbagai kemudahan bagi konsumennya untuk tetap dapat

Read More...

Mobile Sliding Menu