Presiden Jokowi Kunjungi IFEX 2019 Kemayoran

In Gaya Hidup

SinarHarapan.id -Penyelenggaraan Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2019 di Jakarta International Expo, Kemayoran, pada hari ketiga semakin meriah dengan adanya kunjungan dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Kehadiran Jokowi, yang didampingi Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, dan Ketua Umum Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), Soenoto, menarik perhatian visitors dan buyers IFEX 2019. Hal ini merupakan bukti dari dukungan pemerintah terhadap industri furnitur.

“Saya melihat ada peningkatan, terutama di sisi desain. Saya kira ini sebuah peningkatan yang harus kita apresiasi. Selain peningkatan desain, juga perlu ditingkatkan lagi teknologi produksinya” ujar Presiden Jokowi ketika bertemu wartawan saat meninjau IFEX 2019.

Jokowi terlihat mengunjungi semua hall yang ada serta menyempatkan berbincang dengan beberapa exhibitor, buyers mancanegara dan berfoto bersama pengunjung IFEX 2019. Buyers dan exhibitors yang berkesempatan bertemu Presiden menyambut baik kehadiran Presiden Jokowi yang menjadi tanda dukungan pemerintah bagi industri furnitur dan kerajinan tanah air. Pada kesempatan ini Jokowi menyadari peningkatan yang ditampilkan IFEX 2019 dari sisi desain dan kualitas produk. Ia berharap industri ini bisa meningkatkan penjualan hingga dua digit pada tahun ini.

Kehadiran Jokowi juga menjadi promosi tersendiri bagi penyelenggaraan IFEX. Selama ini panitia gencar melakukan berbagai promosi baik di dalam maupun di luar negeri. Gencarnya promosi Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2019 membuat para buyers dan pengunjung pameran penasaran untuk hadir. Selain itu, produk-produk furnitur dan kerajinan yang dihadirkan di IFEX 2019 merupakan produk-produk baru dengan desain yang menarik. Bertambahnya exhibitor baru menjadi salah satu bukti daya tarik IFEX 2019 yang semakin meningkat. Perbaikan dari segi penyelenggaraan juga mendapat pengakuan dari exhibitor.

Sebagian besar exhibitor IFEX 2019 sudah mengikuti IFEX sejak penyelenggaraan pertama. Mereka sangat mendukung pelaksanaan IFEX sebagai ajang promosi dan penjualan produk mereka dan yakin bahwa keikutsertaan mereka akan memberi dampak pada peningkatan angka penjualan. Kehadiran buyers baru setiap tahunnya menjadi salah satu faktor pendukung meningkatnya nilai penjualan para peserta.

Tidak sedikit buyers pada IFEX kali ini yang merupakan buyers loyal yang selalu hadir setiap tahun. IFEX terus mengukir prestasi sebagai salah satu pameran furnitur dan kerajinan terbaik di dunia. Dukungan para buyers, baik lokal maupun internasional, sangat penting dalam mendukung kesuksesan IFEX. Secara tidak langsung para buyers ini ikut mendorong pertumbuhan industri furnitur dan kerajinan Indonesia melalui kekuatan word-of-mouth. Di sisi lain, HIMKI mendorong para anggotanya untuk aktif mengikuti setiap pameran, termasuk pameran di luar negeri.

Manfaat Dukungan Teknologi

Kesuksesan penyelenggaraan IFEX juga didukung oleh penggunaan teknologi, salah satunya melalui aplikasi IFEX Mobile App. Sejak diperkenalkan pada tahun lalu, aplikasi ini terbukti berguna bagi pengunjung dan buyers dalam mendapatkan informasi lengkap mengenai kegiatan IFEX 2019. Berbagai fitur dalam aplikasi ini memudahkan pengunjung dalam mendapatkan apa yang mereka cari pada gelaran IFEX.

Pentingnya pemanfaatan teknologi juga diangkat oleh pembicara di sesi seminar yang digelar pada IFEX kali ini. Hal ini misalnya terlihat dari sesi seminar bertema “Digital Marketing in Advance: Furniture and Craft on Digital Marketing” yang menghadirkan pembicara Pikukuh Tutuko, (Pakar Digital Marketing), Andreas (Merchant Sales Channel Manager) dan Deni Elfando (Opportunity Network). Para pembicara tersebut mendorong para pebisnis furnitur dan kerajinan untuk mulai segera beralih ke penjualan online. Keuntungan yang didapat dari penjualan online, menurut mereka, lebih potensial karena didukung oleh kecepatan dan kemudahan.

Selain mengenai teknologi, HIMKI juga menggelar seminar mengenai pemasaran ke pasar internasional. Seminar bertema “Ticket to Enter SU & USA Market for SME – Understand the Requirement” ini membahas tips dan trik pemasaran untuk pasar Eropa dan Amerika bagi pelaku industri furnitur kelas UKM yang banyak terdapat di Indonesia.

Para pembicara juga menjelaskan mengenai penciptaan branding bagi produk yang akan dijual sebagai langkah awal dari penjualan online. Penggunaan media sosial  harus dimaksimalkan sebagai fasilitas untuk memperluas pasar. Selain branding, tampilan produk harus dikemas secara menarik. Pada prinsipnya, ketiga pembicara menyatakan bahwa seluruh saluran marketing digital wajib dimanfaatkan supaya branding dan produk mereka lebih dikenal. HIMKI terus mendorong pebisnis furnitur dan kerajinan Indonesia untuk menggunakan penjualan secara online. Bahkan, HIMKI telah menjalin kerjasama dengan Blibli.com untuk membantu penjualan dan pelatihan bagi 3000 anggota HIMKI supaya beralih ke penjualan online.

You may also read!

Bom Sasar Bus Wisata Mesir Tak Ada Korban WNI

SinarHarapan.id - Duta Besar Indonesia untuk Mesir, Helmy Fauzi, memastikan tidak ada WNI menjadi korban serangan teror bom terhadap

Read More...

Indonesia di Mata Warga Taiwan, Negeri Pelangi di Khatulistiwa

SinarHarapan.id - Tommy Lee, mantan Direktur Informasi Pers Kantor Perwakilan Ekonomi dan Perdagangan Taipei (TETO) di Jakarta meluncurkan buku tentang

Read More...

Nikmatnya Berbuka dengan Kolak, Martabak dan Bubur Sumsum di London

SinarHarapan.id -  Setelah berpuasa selama kurang lebih 18 jam, masyarakat Indonesia yang tinggal di London dan sekitarnya, melaksanakan acara buka

Read More...

Mobile Sliding Menu