BAZNAS Tampilkan Pemberdayaan Batik Tuban di Ajang Puteri Kartini 2019

In Sosial
SinarHarapan.id- Kain Batik karya mustahik pemberdayaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dari Tuban, Jawa Timur ikut dipamerkan dalam ajang perlombaan Puteri Kartini 2019 yang diselenggarakan di  Hall Auditorium Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat. Sabtu, (19/4).
Kerajinan kain batik ini merupakan hasil produksi para mustahik yang didukung melalui program pemberdayaan Zakat Community Development (ZCD) BAZNAS.
Kepala Divisi Pendayagunaan BAZNAS, Randi Swandaru mengatakan, dengan ikut berpartisipasinya kain batik Tuban dalam kegiatan seperti ini BAZNAS berharap, para mustahik bisa semakin semangat dalam memproduksi dan bangga karena telah ikut melestarikan budaya.
“Kain Batik Tuban ini beberapa kali pernah dipamerkan pada kesempatan dari skala nasional hingga bertaraf internasional. Pada kesempatan kali ini, batik hasil karya mustahik binaan BAZNAS ikut serta dalam ajang Puteri Kartini 2019,” katanya.
Ia menambahkan, masih banyak pengrajin batik yang tidak sejahtera dan masih berada pada garis kemiskinan. Untuk itu, BAZNAS mengembangkan program ZCD dengan memanfaatkan segala sumber daya dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan mustahik.
“Kain batik karya mustahik ini menerapkan konsep ramah lingkungan, produknya menggunakan pewarna alam dan ecofashion,” kata Randi.
Kain Batik dan Tenun dari Tuban, Jawa Timur hasil karya mustahik binaan BAZNAS ditampilkan dan dipakai oleh 10 finalis pada acara puncak ajang pemilihan Puteri Kartini 2019.
Pada akhir 2018 lalu, kain batik ini juga dipamerkan oleh model-model pada kegiatan Eco Fashion Week Indonesia yang diselenggarakan di Gedung Kebangkitan Nasional, Jakarta Pusat.  (SH/AJ)

You may also read!

Bantu Warga Depok Cegah Virus Corona, Novi Anggriani Tegaskan Tidak ada Kaitan Pilkada Depok

SinarHarapan.id - Pandemi virus Corona atau COVID-19 yang dialami Indonesia, membuat Pemerintah telah menetapkan COVID-19 sebagai jenis penyakit dengan faktor

Read More...

Daimler Commercial Vehicles Indonesia Tetap Membuka Jaringan Layanan Servis untuk Pelanggan

SinarHarapan.id-PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) dan PT Daimler Commercial Vehicles Manufacturing Indonesia (DCVMI) berkomitmen untuk selalu menjaga bisnis

Read More...

April ini DFSK Tawarkan Cashback Menarik Hingga Bunga 0%

SinarHarapan.id-Di tengah kondisi yang sedang sulit karena penyebaran virus corona, DFSK memberikan berbagai kemudahan bagi konsumennya untuk tetap dapat

Read More...

Mobile Sliding Menu