HUT KemenBUMN Dituduh Kampanye Terselubung, Rini: Enggak, Kita Cuma Mau “Seneng-seneng”

In Eksposisi

SinarHarapan.id – Media sosial ramai soal Isu pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diminta ikut kampanye Jokowi. Terkait hal ini, Menteri BUMN Rini Soemarno hingga Forum Humas BUMN pun angkat suara.

Awal mula isu ini diangkat oleh twitter Said Didu. Mantan Sekretaris Kementerian BUMN ini menganggap acara peringatan HUT BUMN selalu digelar meriah di beberapa daerah.

Melalui akun twitter @saiddidu, Said Didu menulis

“BUMN dan @KemenBUMN akan adakan acara besar2an pada

1) 7 April di Sidoarjo (ulang tahun bersama walau lahirnya beda2)

2) 10 April berupa BUMN goes to Campus di slrh Indonesia (sesuai data bhw biasanya berisi

kampanye teselubung).

Silakan publik menilai apa yg terjadi di BUMN”

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno membantah jika perayaan HUT ke-21 Kementerian BUMN dikait-kaitkan dengan kampanye calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo.

“Enggak ada. Kita seperti gini, maaf ya, sorry ini enggak kampanye terselubung. Apa pun BUMN bisa mencapai sekarang tidak terlepas karena kepemimpinan Presiden Joko Widodo,’ kata Menteri Rini usai meresmikan Rumah Kreatif BUMN di Karawang, Jawa Barat, Selasa, seperti dikutip Antaranews.

Rini menjelaskan bahwa selama kepemimpinannya, Presiden Joko Widodo mendorong agar seluruh BUMN di Tanah Air dapat menjalankan bisnis secara profesional, transparan dan lincah.

la juga menepis tudingan Said Didu. “Pak Said Didu dulunya orang BUMN. Jadi saya enggak ngerti kenapa. Semua orang mengatakan kenapa acara BUMN meriah betul, ya memang kenapa? Karena kita menekankan betul sinergi BUMN,’ kata Rini.

Menurut Rini, peringatan HUT Kementerian BUMN ini harus dirasakan oleh seluruh perusahaan apalagi BUMN berhasil mencetak keuntungan lebih dari Rp200 triliun pada 2018, melebihi angka yang ditargetkan sebesar Rp180 triliun.

Ada pun perayaan HUT BUMN di berbagai daerah dilakukan untuk menjalin sinergi BUMN di wilayah operasi tertentu, misalnya saat perayaan HUT bersamaan dengan peresmian jalan tol Sei Rampah-Tebingtinggi di Medan bersama Jasa Marga, Inalum, PTPN IlI dan PTPN III.

“Keuntungan kita tadinya target akhir 2018 itu Rp180 triliun, akhir 2018 sekarang setelah ada audit BPK di atas Rp200 triliun. Jadi tentunya enggak fair dong kita udah kerja keras jadi boleh seneng-seneng,” ungkap Rini.

Ketua Forum Humas BUMN Rohan Hafas juga menanggapi santai tuduhan adanya pengerahan massa pada acara perayaan ulang tahun BUMN yang direncanakan pada 13 April 2019 untuk kampanye politik.

Menurutnya, isu itu sepertinya dimunculkan oleh pihak-pihak yang panik lantaran Pemilu akan berlangsung sebentar lagi.

“Isu tersebut terlalu mengada-ada. Sebab, pada 13 April memang hari tanggal berulang tahunnya Kementerian BUMN dan kami ingin menggembirakan pegawai-pegawai BUMN yang atas kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlasnya telah membawa BUMN berkembang dan bersinergi sangat baik sehingga mampu mencatatkan laba hingga ratusan triliun, jauh lebih baik dibanding tahun 2014 sewaktu awal ditangani Bu Rini,” kata Rohan dalam keterangan tertulis, Selasa (9/4/2019).

“Karyawan BUMN itu ada 1 juta dari 143 perusahaan, untuk tempat yang paling cocok ya di Monas atau GBK. Jadi kalau dengan keluarga bisa 3 juta mungkin membuat panik di saat-saat masa kampanye ya. Padahal kita merayakannya hanya internal. Mau kampanye apa kalau hanya internal,” tambah Rohan.

“Jadi intinya, kami itu cuma ingin berulang tahun, tapi kayanya ada orang bekas petinggi BUMN yang sakit hati karena baru dicopot dari jabatannya secara mendadak. Kami tidak mau mengomentari isu-isu kosong yang dilontarkannya,” ujar Rohan.

Diundur

Dalam surat tertanggal 5 April yang ditandatangani oleh Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro tersebut, pengerahan karyawan dilakukan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kementerian BUMN ke-21.

Selain dari surat tersebut, informasi pengerahan karyawan BUMN juga berasal dari surat PT Jasa Marga (Persero) dan Bank Tabungan Negara.

Untuk Jasa Marga, dalam surat tertanggal 5 April yang ditandatangani oleh Corporate Secretary M. Agus Setiawan, BUMN konstruksi tersebut diminta untuk menghadirkan 1.500 karyawan beserta keluarganya untuk mengikuti HUT Kementerian BUMN ke-21 di Monas.

Sementara itu, untuk Bank Tabungan Negara, mereka diminta untuk menghadirkan 5.000 karyawan di acara tersebut. Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi Kementerian BUMN Wahyu Kuncoro mengatakan benar kementeriannya akan menggelar acara perayaan ulang tahun tersebut.

Tapi acara tersebut menurutnya, rutin dilakukan setiap tahun. “Semula kami adakan di Monas 13 April, tapi karena bersamaan dengan kampanye di Gelora Bung Karno, kami undur jadi 20 April,” katanya ketika dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Selasa (9/4).

Mengutip laman resmi Kementerian BUMN, Selasa (9/4/2019), seperti penelusuran detikcom,Menteri BUMN Rini Soemarno tahun lalu membuka HUT ke-20 Kementerian BUMN pada tanggal 13 April 2018.

Artinya, memang setiap tanggal 13 April dirayakan sebagai HUT Kementerian BUMN.

Tahun lalu, acara dihadiri oleh sejumlah mantan Menteri BUMN, seperti Menteri BUMN Pertama Tanri Abeng dan Menteri BUMN periode tahun 2009-2011 Mustafa Abubakar.

Hadir juga saat itu para pejabat Kementerian BUMN, Direktur Utama BUMN, serta para karyawan dan purnabakti Kementerian BUMN.

 

You may also read!

Indonesia Raih Penghargaan dalam Festival Bunga Kimilsungia di Korea Utara

SinarHarapan.id - Untuk kelima kalinya, Indonesia meraih penghargaan dalam Festival Bunga Kimilsungia di Korea Utara. “Puji syukur Indonesia telah berpartisipasi dengan

Read More...

Jokowi-Ma’ruf Menang 76 Persen di Jerman

SinarHarapan.id -  Pasangan calon presiden dan wakil presiden  Ir. H. Joko Widodo dan Dr. KH Ma'ruf Amin memperoleh 76,34

Read More...

Jokowi-Ma’ruf Menang Telak di Pemilu LN Swedia dan Latvia

SinarHarapan.id- Pasangan calon presiden-wakil presiden Ir. H. Joko Widodo dan Dr. KH Ma'ruf Amin menang telak dari pesaingnya Prabowo

Read More...

Mobile Sliding Menu