Jokowi Menang di 20 Provinsi, Prabowo 14 Provinsi

In Politik

SinarHarapan.id – Jokowi-Ma’ruf menang di 20 provinsi, sedangkan Prabowo-Sandiaga di 14 provinsi. Inilah salah satu kesimpulan hitung cepat Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA.

LSI juga sudah terlebih dahulu menyimpulkan pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin memenangi Pilpres 2019 dengan perolehan suara 55,44%, sedangkan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meraih 44,56%.

Berdasarkan data tertulis yang diperoleh, Rabu (17/4/2019) sore disebutkan, tingkat partisipasi pemilih mencapai 80,73%, dengan data sampel yang masuk 95,55%, dengan sampling error 1%.

“Teknik pengambilan sampel melalui multistage random sampling dengan jumlah sampel 2.000 TPS,” demikian data yang dirilis LSI Denny JA.

Disebutkan, sampel TPS tersebar secara proporsional berdasarkan provinsi di Indonesia. Dari data itu terungkap, Jokowi-Ma’ruf menang di 20 provinsi, sedangkan Prabowo-Sandiaga di 14 provinsi.

Sebanyak 20 provinsi kemenangan Jokowi-Ma’ruf itu Bali, NTT, Papua, Sulut, Jateng, Kalimantan Utara, Sulbar, Papua Barat, DIY, Jatim, Kalbar, Bangka Belitung, Kalteng, Lampung, Maluku, Kaltim, Gorontalo, DKI Jakarta, Sumut, dan Bengkulu.

Sementara itu, 14 provinsi kemenangan Prabowo-Sandi adalah di Sumbar, Aceh, Sultra, Kalsel, Riau, NTB, Maluku Utara, Jabar, Sumsel, Banten, Sulsel, Jambi, Sulteng, dan Kepulauan Riau.

Lima provinsi kemenangan dengan persentase tertinggi Jokowi-Ma’ruf terjadi di Bali sebesar 93,9%, NTT 89,5%, Papua 86%, Sulawesi Utara 79,1%, dan Jawa Tengah sebesar 77,1%. Sedangkan lima provinsi tertinggi kemenangan Prabowo-Sandiaga adalah Sumatera Barat sebesar 85,2%, Aceh 84,6%, Sulawesi Tengah 68,8%, Kalimantan Selatan 67%, dan Riau sebesar 66,6%.

LSI Denny JA merinci lebih lanjut, jika dilihat dari lima provinsi besar di Indonesia, Jokowi-Ma’ruf sebagian besar unggul. Lima provinsi besar itu yakni Jawa Barat di mana Jokowi 40,3%, Prabowo 59,7%, lalu Jawa Tengah Jokowi-Ma’ruf 77,1% dan Prabowo-Sandi sebesar 22,9%.

Kemudian Jawa Timur di mana Jokowi-Ma’ruf meraih 65,4%, sedangkan Prabowo-Sandi 34,6%, lalu Banten di mana Jokowi-Ma’ruf kalah karena meraih 41%, sedangkan Prabowo-Sandi 59%, dan di DKI Jakarta Jokowi-Ma’ruf 53% dan Prabowo-Sandi sebesar 47%.

You may also read!

Indonesia Terpilih Lagi Jadi Komite Pemberantasan Perdagangan Ilegal Satwa Liar Dunia

SinarHarapan.id - Indonesia mendapatkan apresiasi dari berbagai negara atas pencapaian dan prestasi dalam mengatasi perdagangan satwa liar illegal pada sidang

Read More...

KBRI Budapest Rayakan HUT ke-74 RI dengan Pakaian Daerah

SinarHarapan.id - Kedutaan Besar RI (KBRI) di Budapest dipenuhi dengan berbagai pakaian daerah dari seluruh Indonesia yang dikenakan oleh masyarakat

Read More...

Lebih dari 1.500 WNI Hadiri Pesta Rakyat di KBRI Bangkok

SinarHarapan.id -  Lebih dari 1.500 warga Indonesia, para duta besar negara ASEAN dan jajaran korps diplomatik serta warga Thailand

Read More...

Mobile Sliding Menu