Jokowi Minta Tunggu KPU, Prabowo Sujud Syukur Klaim Menang 62%  

In Eksposisi

SinarHarapan.id – Hasil penghitungan cepat (quick count) dari sejumlah lembaga survei memperlihatkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Jokowi-KH Ma’ruf Amin unggul sementara.

Di sisi lain, exit poll internal BPN sekaligus data real count yang mereka percayai memberi keunggulan bagi pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Kedua pasangan capres dan cawapres itu pun memberi respon yang berbeda-beda atas hasil sementara pemilu 2019 itu.

Calon presiden petahana Jokowi misalnya menyampaikan supaya pendukungnya untuk tidak jumawa atas hasil hitung cepat yang telah dirilis sejumlah lembaga survei tersebut.

“Dari indikasi-indikasi exit poll dan quick count, kita harus bersabar menunggu penghitungan KPU secara resmi,” ujarnya didampingi oleh para ketua umum partai pendukung dan pengusung di Djakarta Theater, Jakarta, Rabu (17/4/2019).

Jokowi yang didampingi cawapres Ma’ruf Amin dan elite parpol koalisi juga menyampaikan apresiasi terhadap KPU, Bawaslu dan DKPP. Pemilu serentak 2019 dinilai sudah berjalan dengan jujur dan adil.

“Terima kasih juga kita sampaikan kepada TNI dan Polri yang telah mengamankan keamanan dan ketertiban sehingga semuanya bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

Adapun Prabowo Subianto memilih untuk bersujud syukur setelah mendapati data real count pihaknya yang mengatakan kemenangan 02 sebesar 62 %.

“Berdasarkan hasil real count kita sudah menang 62 persen,” kata Prabowo di kediamannya, Jakarta, Rabu (17/4).

Prabowo juga tak lupa meminta pendukungnya untuk tetap tenang dan tidak melakukan tindakan anarkis meski hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei memenangkan pasangan lawan, Jokowi-Ma’ruf Amin.

Menurut Prabowo, perolehan suara 62 persen itu berdasarkan suara yang diambil dari 320.000 Tempat Pemungutan Suara (TPS) pemilu 2019 atau sekitar 40 persen.

“Saya yakin ini hasil dari ahli statistik dan ini tidak akan berubah banyak,” kata Prabowo seperti dikutip CNN Indonesia.

“Bisa naik 1 persen bisa juga turun 1 persen. Tapi detik ini hari ini kita berada 62 persen,” tambah Prabowo.

Atas dasar itu, Prabowo meminta pendukungnya untuk mengawal suara di TPS, tiap kecamatan dan formulir C1.

“Saya ingin ucapkan terima kasih semua unsur,” kata Prabowo yang dikawal oleh pimpinan parpol pendukung Prabowo-Sandi.

Pada jumpa pers sebelumnya, Prabowo mengklaim banyak kecurangan yang dihadapi pihaknya dalam proses pemungutan suara Pemilu 2019. Bentuk kecurangan itu, sebut Prabowo, antara lain banyaknya TPS yang terlambat memulai proses pemungutan suara, hingga surat suara yang sudah tercoblos pasangan lawan.

“Setelah memantau proses penghitungan suara, terus terang saja saya prihatin banyak kegiatan yan merugikan pendukung 02. Banyak surat suara yang tidak sampai, hingga TPS yang buka pukul 11.00 siang. Banyak hal-hal lain seperti pemilih yang tidak dapat undangan. Dan juga belum lagi diketemukan surat suara yang sudah dicoblos 01,” kata Prabowo.

Meski begitu, Prabowo mengungkapkan, perhitungan exit poll dan hitung cepat yang dilakukan timnya menunjukkan kemenangan bagi Prabowo-Sandi. Hasil exit pollmenunjukkan, dirinya dan Sandi memperoleh 55,4 persen. Adapun untuk hasil hitung cepat mereka juga unggul dengan perolehan 52,2 persen.

“Mohon semua relawan untuk mengawal kemenangan kita,” ujarnya.

You may also read!

Kelelahan, Masalah Utama Jemaah Haji Lanjut Usia

SinarHarapan.id -  Jemaah haji dari seluruh penjuru dunia mulai berdatangan ke tanah suci, baik di Madinah maupun langsung ke

Read More...

Tokoh Pemuda Ethiopia Ramaikan Perayaan HUT RI 2019 di KBRI Addis Ababa

SinarHarapan.id - Sejumlah tokoh dan pimpinan organisasi pemuda Ethiopia ikut merayakan kegiatan peringatan Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia di Kedutaan Besar

Read More...

Pertama dalam Sejarah, Putra Raja Salman Sambut Jemaah Haji Indonesia di Madinah

SinarHarapan.id -  Putra Raja Salman, Pangeran Faisal bin Salman bin Abdulaziz Al Saud menyambut kedatangan kloter jamaah haji Indonesia dari

Read More...

Mobile Sliding Menu