Ada Presiden Soekarno di Perpustakaan Dr. Sun Yat-Sen, Jakarta

In Berita Khas

SinarHarapan.id- Bermula dari undangan mantan Direktur Informasi Kantor Dagang dan Ekonomi Taiwan di Jakarta Tommy Lee, yang meluncurkan buku foto tentang Indonesia.

Tommy, yang sudah pensiun dan kini menetap di Taiwan, membukukan kenangan dan perjalanannya di seluruh pelosok Indonesia.

Buku berjudul “Melihat Indonesia: Negara Pelangi Di Khatulistiwa” tersebut sebelumnya telah diluncurkan di Taipei. Di Jakarta, buku berisi jepretan kamera dan kesan Tommy selama lima setengah tahun bertugas di Indonesia itu diperkenalkan di Perpustakaan Dr. Sun Yat-Sen, Jakarta Barat, Minggu (19/5).

Perpustakaan itu terletak di Pekojan, Jakarta Barat. Sopir ojek online menyebut kawasan itu sebagai tempat pejagalan kambing.

Saya sempat berputar-putar di sekitar lokasi lantaran tak banyak yang tahu mengenai keberadaan perpustakaan tersebut. Sampai akhirnya tiba di bangunan yang tampak baru direnovasi dengan cat berwarna cokelat muda.

Dr. Sun Yat-Sen dikenal sebagai tokoh nasionalis China, presiden pertama Republik China, dan kerap disebut sebagai Bapak Modern China.

Di sebelah kiri pintu masuknya, tertulis jadwal buka perpustakaan, yakni Senin, Rabu, Jumat dan Minggu pukul 8 pagi hingga dua siang. Di dalam perpustakaan, dipajang foto-foto tua yang menggambarkan aktivitas pemimpin Partai Nasionalis China atau Kuomintang tersebut.

Salah satunya, kutipan pidato Presiden RI Pertama Ir. Soekarno, yang menyebut dirinya terinspirasi oleh Dr. Sun Yat Sen. Kutipan itu ditulis dalam dua bahasa, diapit foto kedua tokoh.

Koleksi bukunya cukup banyak. Hampir semuanya berbahasa Mandarin, kecuali sejumlah majalah dan koran terbitan Indonesia, seperti Majalah Tempo.

You may also read!

Dubes RI: ASEAN Tolak Proteksionisme dalam Perdagangan Minyak Sawit

SinarHarapan.id -  Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) menolak kebijakan proteksionisme dalam perdagangan minyak kelapa sawit. Pernyataan tersebut disampaikan Duta Besar

Read More...

TVRI Memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK atas Laporan Keuangan LPP TVRI tahun 2018

SinarHarapan.id - Setelah tiga tahun berturut-turut mendapat opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP), Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI meraih opini

Read More...

Halal bi Halal DPP PKB

SinarHarapan.id - Ketum PBNU Said Aqil Siradj (tengah), bersama Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar (dua kiri), Menteri Riset, Teknologi,

Read More...

Mobile Sliding Menu