FMB 9: Pemerintah Siap Mengantisipasi Kenaikan Harga Pangan

In Ekonomi
SinarHarapan.id –  Pemerintah menyatakan kesiapan mereka dalam mengantisipasi kenaikan harga pangan dalam Bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri kali ini.
                                                                “Kita sudah melakukan koordinasi dengan sejumlah kementerian dan lembaga lainnya melalui Ditjen terkait seperti Kementan dan Kemendag. Memantau persediaan komoditas pangan seperti beras yang biasanya menjadi pemicu inflasi bulanan,” ujar Deputi II Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian Kemenko Perekonomian, Musdhalifah Machmud.
Demikian diutarakan oleh Musdhalifah Machmud dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Senin (13/5/2019).
Satu hal, pihak Kemenko Perekonomian sudah mulai mengendalikan harga pangan pokok sejak 4-6 bulan sebelumnya dengan meminta Kementan agar memerhatikan produksi komoditas pangan agar jumlahnya maksimal menjelang bulan Hari Raya.
“Biasanya jelang Hari Raya ada peningkatan konsumsi 10%-20% khususnya telur, cabai, daging dan beberapa komoditas pangan lainnya seperti bawang merah dan bawang putih,” jelasnya.
Satu hal, menurut Musdhalifah juga mengharapkan agar Bulog menjaga ketersedian stok dan stabilisasi beberapa harga pangan seperti beras, minyak goreng, daging, gula dan bawang merah, bawang putih, serta cabai merah.
“Bulog juga diharapkan mengambil peran dalam menstabilkan harga, namun dengan tetap memperhatikan kepentingan dua sisi baik produsen maupun konsumen,” jelas Deputi Kemenko Perekonomian.
Selain itu, Menko Perekonomian mengingatkan, bahwa Bulog juga perlu memperhatikan pembangunan gudang-gudang di daerah yang surplus seperti beras, demikian pula untuk daerah-daerah yang defisit sehingga harga bisa dikendalikan di tingkat konsumen tanpa mengorbankan harga di tingkat produsen.
“Distribusi juga perlu diawasi. Surplus produksi pertanian hanya 6-7 provinsi maka perlu disalurkan ke beberapa daerah yang kekurangan stok pangan,” jelas Musdhalifah.
Hadir sebagai narasumber antara lain Sekjen Departemen Perdagangan Karyanto Suprih, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Agung Hendriadi, dan Direktur Pengadaan Perum Bulog Bachtiar. (SH/AJ)

You may also read!

Indonesia Terpilih Lagi Jadi Komite Pemberantasan Perdagangan Ilegal Satwa Liar Dunia

SinarHarapan.id - Indonesia mendapatkan apresiasi dari berbagai negara atas pencapaian dan prestasi dalam mengatasi perdagangan satwa liar illegal pada sidang

Read More...

KBRI Budapest Rayakan HUT ke-74 RI dengan Pakaian Daerah

SinarHarapan.id - Kedutaan Besar RI (KBRI) di Budapest dipenuhi dengan berbagai pakaian daerah dari seluruh Indonesia yang dikenakan oleh masyarakat

Read More...

Lebih dari 1.500 WNI Hadiri Pesta Rakyat di KBRI Bangkok

SinarHarapan.id -  Lebih dari 1.500 warga Indonesia, para duta besar negara ASEAN dan jajaran korps diplomatik serta warga Thailand

Read More...

Mobile Sliding Menu