Nikmatnya Berbuka dengan Kolak, Martabak dan Bubur Sumsum di London

In Internasional

SinarHarapan.id –  Setelah berpuasa selama kurang lebih 18 jam, masyarakat Indonesia yang tinggal di London dan sekitarnya, melaksanakan acara buka puasa bersama di KBRI London.

Acara “bukber” yang diselenggarakan oleh Pengajian Masyarakat Indonesia-London tersebut diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, dilanjutkan dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadh Abdul Atiq Syarifuddin yang didatangkan dari Indonesia.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Inggris merangkap Irlandia dan International Maritime Organization (IMO), Dr. Rizal Sukma dan Ibu Hana A. Satriyo tampak hadir bersama kurang lebih 250 warga muslim Indonesia lainnya.

Ustadh Atiq yang merupakan lulusan Universitas Umm Al-Qura Makkah memulai ceramahnya dengan mengajak hadirin untuk mengucap syukur kepada Alloh Swt karena diberikan-Nya kesehatan dan kekuatan untuk menjalani ibadah puasa yang cukup panjang selama 18 jam.

Dalam ceramah menjelang berbuka puasa tersebut, Ustadh Atiq menjelaskan lebih dalam mengenai makna Puasa Ramadhan, yang tujuannya adalah lebih dari sekedar menahan rasa lapar dan dahaga.

Ustadh Atiq menerangkan bahwa Puasa Ramadhan apabila dilaksanakan dengan sungguh-sungguh sesuai yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW akan meningkatkan iman dan akhlak orang yang melaksanakannya.

Untuk itu, Ustadh Atiq menganjurkan agar selama bulan Ramadhan, seorang muslim semakin memperbanyak ibadah sholat (berdzikir), membaca Al-Quran dan menunaikan dzakat (meningkatkan kepekaan sosial).

Dalam hal ini, Ramadhan dapat membawa orang yang melaksanakannya menjadi pribadi yang sholeh secara spiritual dan secara sosial.

Setelah ceramah Ustadh Atiq, acara dilanjutkan dengan buka puasa bersama yang diawali dengan sajian ringan takjil berupa kurma, kolak pisang, martabak telor dan bubur sumsum.

Setelah pelaksanaan sholat Maghrib berjamaah yang dipimpin oleh Ustadh Atiq, seluruh hadirin berkesempatan menyantap makan malam bersama dengan menu khas Indonesia yakni daging empal, bakwan jagung, ikan tongkol, sayur lodeh dan kerupuk.

Selama berada di Inggris, Ustadh Atiq yang didampingi istrinya Ustadzah Amani Syahidah yang juga lulusan Universitas Umm Al-Qura Makkah dijadwalkan akan memberikan ceramah pada berbagai komunitas muslim Indonesia yang ada di beberapa kota diluar London, diantaranya Manchester, Bristol, Leeds, Newcastle dan beberapa kota lainnya.

Koordinator Pengajian Masyarakat Indonesia London, Thomas Siregar, menjelaskan bahwa kegiatan buka puasa bersama dengan menghadirkan penceramah dari Indonesia selama bulan Ramadhan merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap tahun.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan (ukhuwah) sebagai sesama warga Indonesia yang tinggal jauh dari tanah air, disamping sebagai upaya meningkatkan pengetahuan ke-Islamannya.

(Sumber: KBRI London)

You may also read!

Alumni Indonesian Idol Junior Persembahkan Album Perdana “Mimpiku Jadi Nyata” Untuk Indonesia

SinarHarapan.id +  Miliki album musik sendiri merupakan impian semua penyanyi, begitu juga penyanyi idola cilik yang sukses di ajang Indonesian

Read More...

Suzuki Bawa Pulang Empat Penghargaan di Ajang GridOto Award 2019

SinarHarapan.id-PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) terus membuktikan kapabilitasnya sebagai salah satu pemain industri otomotif terpercaya di Indonesia. Performa mobil

Read More...

Kombinasi Fusion Food Khas Indonesia Di “Ngulik Rasa” Bersama Unilever

SinarHarapan.id-Unilever Food Solutions adakan Kompetisi ‘Ngulik Rasa’ untuk membangkitkan kreativitas pebisnis kuliner Indonesia dalam menciptakan kreasi fusion dari makanan

Read More...

Mobile Sliding Menu