Lenggang Bocah Berbusana Khas Indonesia Bikin Gemas Warga Inggris

In Budaya

SinarHarapan.id – Pergelaran busana daerah yang dibawakan oleh anak-anak Indonesia yang tinggal di Inggris memikat perhatian warga Wales, Sabtu (15/6). Gaya anak-anak memamerkan keindahan pakaian tradisional dari berbagai provinsi di Indonesia membuat penonton gemas. Mereka berjalan dengan luwes dan sumringah seiring irama lagu daerah yang dibawakan secara medley.

Penampilan anak-anak yang dinamis dan atraktif menjadi primadona acara di di Gendros Community Centre, Swansea, Wales sore itu.

Sedikitnya 200 warga Inggris tampak menikmati berbagai sajian seni, budaya dan kuliner Indonesia yang digelar dalam acara Indo Wales Festival 2019. Acara tersebut digelar oleh warga Indonesia (WNI) yang tergabung dalam The Association of Indonesian Women in Wales bekerjasama dengan KBRI London.

Indo Wales Festival 2019 bertujuan sebagai ajang untuk mempromosikan seni dan budaya Indonesia kepada masyarakat Inggris yang tinggal di Wales dan sekitarnya.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Inggris merangkap Irlandia dan International Maritime Organization (IMO), Dr. Rizal Sukma mengawali acara dengan memotong tumpeng dan diserahkan kepada Ketua Asosiasi Wanita Indonesia di Wales, Siska Dunworth.

Didampingi istrinya, Hana A. Satriyo, Minister Counsellor Media dan Sosial Budaya Thomas Siregar dan Sekretaris Pertama Pensosbud KBRI London Okky Palma, Dubes RI mengapresiasi inisiatif para ibu yang tergabung dalam Asosiasi Wanita Indonesia di Wales, Inggris tersebut.

Dubes Sukma menyatakan rasa bahagia melihat antusiasme WNI di Wales dalam menampilkan berbagai penampilan budaya dan kuliner Indonesia pada publik Inggris di Wales dan sekitarnya.

Siska Dunworth, yang telah 20 tahun lebih bermukim di Inggris, menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dan kehadiran Dubes RI beserta jajaran KBRI London dalam acara tersebut.

Peter Jones, yang datang dari Pembroke, yang berjarak sekitar satu jam tempat berlangsungnya festival, merasa sangat beruntung dapat melihat penampilan seni dan budaya serta merasakan berbagai kuliner Indonesia. Dia bersama istrinya tampak terkesima melihat berbagai jenis tumpeng yang disajikan di meja. “Apakah sedang ada festival kuliner?” tanya Peter kepada panitia.

Selain pergelaran busana daerah oleh anak-anak Indonesia di Inggris, acara dibuka dengan lantunan lagu “Indonesia Tanah Pusaka” yang dibawakan Iyan Hutapea. Lirik lagu tersebut seolah mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk selalu menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan sebagai bangsa Indonesia dan mencintai seni dan budayanya.

Penampilan medley lagu-lagu daerah seperti Yamko Rambe Yamko, Soleram, Injit-injit Semut, yang semakin menghanyutkan rasa rindu Tanah Air bagi para WNI yang tinggal di Wales.

KBRI London sangat mendukung kegiatan promosi seni dan budaya yang dilakukan olehberbagai komunitas Indonesia di Inggris dan Irlandia. Diharapkan kegiatan-kegiatan tersebutdapat lebih membuka wawasan masyarakat Inggris akan keindahan alam dan budayaIndonesia sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisata orang Inggris keIndonesia pada waktu mendatang.KBRI London, 15 Juni 2019

(Sumber: KBRI London)

You may also read!

Kelelahan, Masalah Utama Jemaah Haji Lanjut Usia

SinarHarapan.id -  Jemaah haji dari seluruh penjuru dunia mulai berdatangan ke tanah suci, baik di Madinah maupun langsung ke

Read More...

Tokoh Pemuda Ethiopia Ramaikan Perayaan HUT RI 2019 di KBRI Addis Ababa

SinarHarapan.id - Sejumlah tokoh dan pimpinan organisasi pemuda Ethiopia ikut merayakan kegiatan peringatan Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia di Kedutaan Besar

Read More...

Pertama dalam Sejarah, Putra Raja Salman Sambut Jemaah Haji Indonesia di Madinah

SinarHarapan.id -  Putra Raja Salman, Pangeran Faisal bin Salman bin Abdulaziz Al Saud menyambut kedatangan kloter jamaah haji Indonesia dari

Read More...

Mobile Sliding Menu