Hangatnya Suasana Lebaran 1440 H di Tengah Musim Dingin di Canberra

In Berita Kini

SinarHarapan.id – Suasana Lebaran serasa menghangatkan musim dingin di Canberra, Australia. KBRI Canberra bekerja sama dengan AIMF-ACT (Australia Indonesia Muslim Foundation-ACT) menggelar kegiatan Salat Idulfitri 1440 H bersama dengan masyarakat Indonesia di Canberra dan sekitarnya.

Bertempat di Balai Kartini, KBRI Canberra, Salat Id dilaksanakan pukul 8 pagi, Rabu (5/6), dengan Imam Ustaz Nabil Makarim dan dilanjutkan khotbah oleh Ustaz Abdul Rahman Shaleh dengan tema “Merajut Ukhuwah dengan Silaturahmi.”

Acara dilanjutkan dengan ramah-tamah, saling bersalaman, meminta maaf antar jemaah beserta Duta Besar RI Yohanes Kristiarto Legowo bersama Caecilia Legowo, serta Wakil Kepala Perwakilan M.I. Derry Aman bersama Penny D. Herasati serta tokoh masyarakat lainnya.

Pada siang hariya, Dubes Legowo menggelar acara Open House di kediaman resmi Wisma Indonesia. Lebih dari 500 warga Indonesia terdiri atas tokoh masyarakat, diplomat, kalangan profesional, dosen, mahasiswa, pelajar, ibu rumah tangga, yang bermukim di kota Canberra dan sekitarnya memadati ikut menyemarakkan acara.

Sejumlah duta besar dari negara-negara sahabat, seperti dari ASEAN, serta jajaran diplomat dari negara-negara sahabat lainnya, seperti Korea dan Timur Tengah serta pejabat Pemerintah Australia hadir dalam acara tersebut.

Dubes RI menyampaikan bahwa kegiatan ini bukan hanya tradisi semata, namun juga menjadi ajang silaturahmi di antara masyarakat Indonesia di Canberra.

“Tradisi Open House memang menjadi momentum spesial bagi masyarakat Indonesia yang jauh dari Tanah Air. Momentum halalbihalal menjadi tempat untuk saling bertemu dan melepas rasa rindu akan kampung halaman. Wisma Indonesia menjadi hangat dengan kehadiran masyarakat serta indahnya kasih sayang dan silaturahmi di antara kita,” kata mantan juru bicara Kementerian Luar Negeri dan Dubes RI untuk Fillipina tersebut.

Rindu akan Tanah Air, warga Indonesia yang hadir tampak antusias untuk menikmati sajian masakan Nusantara yang telah disiapkan.

Makanan khas Lebaran seperti opor ayam, sambal goreng, dan rendang tidak luput dari serbuan para tamu yang hadir.


Selain itu juga disajikan berbagai masakan khas lainnya seperti sate ayam, sayur krecek, bakso malang, siomay dan wedang jahe. Berbagai hidangan khas Indonesia tersebut menjadi pelipur rindu akan kampung halaman.

Para tamu yang hadir menikmati sajian tersebut sambil mengobrol, baik di dalam maupun di halaman belakang Wisma Indonesia.

Fika Ihsan misalnya, mahasiswi tingkat pertama Fakultas Kedokteran Australian National University (ANU) ini mengaku sangat senang dengan dengan suasana Open House hari ini.

Tak hanya umat Muslim saja yang hadir, tetapi juga berbagai perwakilan dari umat Kristen Protestan, Katolik, Hindu, dan Buddha, maupun diaspora, Indonesianis serta Friends of Indonesia yang ingin ikut merasakan suasana Lebaran.

Berkumpulnya dan membaurnya masyarakat Indonesia dan para tamu lain yang hadir membuat suasana Hari Raya Idul Fitri 1440H menjadi hangat di tengah musim dingin di Canberra.

(Sumber: KBRI Canberra)

You may also read!

Pasar Malam Indonesia di Malmo-Swedia

SinarHarapan.id -  Beragam budaya Indonesia digelar dalam Pasar Malam Malmö 2019 Indonesisk Kvällsmarknad  di Limhamn Folkets Hus, Malmö, Swedia,

Read More...

Film “Boccia” Besutan Sutradara WNI Diputar di Thailand

SinarHarapan.id -  Lebih dari 200 penonton  di SF Cinema Bangkok  tersentuh menyaksikan film “Boccia”, sebuah film dokumenter non komersial tentang

Read More...

ILUNI UI Peduli Bencana Kabut Asap

SinarHarapan.id - Kadri Mohamad Komunitas Biduan (kiri), Endang Mariani Koordinator ILUNI UI Peduli (dua kiri), Andre Rahadian Ketua Umum ILUNI

Read More...

Mobile Sliding Menu