Sistem Satu Arah Bikin Arus Mudik Lancar, Akan Diterapkan di Arus Balik

In Nusantara

SinarHarapan.id – Sistem satu arah (one way) saat arus mudik Idul Fitri 1440 H mampu menekan angka kecelakaan lalu lintas dan membuat arus mudik relatif lancar.

“Ini merupakan sebuah langkah sukses. Yang kita lakukan selama melaksanakan Operasi Ketupat tahun 2019 mulai 29 Mei dan akan berakhir 10 Juni nanti,” kata Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Refdi Andri kepada wartawan, saat melakukan peninjauan langsung di Pospam GT Palimanan Tol Cipali, Kamis (6/6/2019).

Refdi Andri memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada H+2 sampai H+4 lebaran atau pada 7 Juni hingga 10 Juni 2019.

“Untuk puncak arus balik prediksinya—kami berharap tidak ada puncak-puncakan, tetapi tanggal 7, 8, 9 , bahkan 10 akan menjadi perhatian kita,” katanya.

“Sekarang sudah masuk hari ke-9. Apa yang kita lakukan? Saya kira bisa dilihat sendiri oleh masyarakat kita, oleh media siapapun masyarakat kita yang mudik, kita dengan semua mitra terkait dari kepolisian, Kementerian Perhubungan, Jasa Marga, pengatur jalan tol dan semua mitra usaha pengatur jalan tol sudah bekerja dengan optimal,” tuturnya.

Dia menjelaskan, sistem satu arah atau one way di jalur bebas hambatan terbukti bisa memperlancar arus mudik. One way mulai diterapkan dari KM 70 Cikampek Utama hingga KM 263 Brebes Barat, selama 12 jam mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB.

“Rekayasa lalu lintas yang kita lakukan khususnya selama lima hari sebelum Hari Raya, saya kira sudah menjawab apa yang menjadi harapan masyarakat. Yang kita lakukan mulai 30, 31 Mei, kemudian 1, 2 Juni bahkan kita perpanjang di tanggal 3 Juni,” terangnya.

“Hari ini pun sebagaimana kebutuhan masyarakat di hari kedua Hari Raya, kita juga melalukan rekayasa lalu lintas pada ruas tertentu utamanya beberapa ruas dan titik pada Tol Cikampek, kita juga melaksanakan one way pada pukul 11.00 WIB.

“Karena ini memang kebutuhan kita laksanakan one way di KM 73 – KM 188 Palimanan. Dengan harapan, rekayasa lalu lintas itu masyarakat bisa melaksanakan perjalanan mereka dengan tertib, nyaman, dan mudah-mudahan tepat waktu sampai tujuan,” katanya.

Pihaknya memperkirakan mulai 7 Juni hingga tanggal 10 Juni 2019, sistem one way akan diberlakukan dengan jam-jam yang sudah disepakati.

“Titik pangkal pergerakan saat one way mulai dari KM 414 Kalikangkung. Kemudian titik akhir pergerakan di Jakarta adalah KM 70 Cikampek utama,” ucap dia.

You may also read!

Dubes RI: ASEAN Tolak Proteksionisme dalam Perdagangan Minyak Sawit

SinarHarapan.id -  Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) menolak kebijakan proteksionisme dalam perdagangan minyak kelapa sawit. Pernyataan tersebut disampaikan Duta Besar

Read More...

TVRI Memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK atas Laporan Keuangan LPP TVRI tahun 2018

SinarHarapan.id - Setelah tiga tahun berturut-turut mendapat opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP), Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI meraih opini

Read More...

Halal bi Halal DPP PKB

SinarHarapan.id - Ketum PBNU Said Aqil Siradj (tengah), bersama Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar (dua kiri), Menteri Riset, Teknologi,

Read More...

Mobile Sliding Menu