Jejak Pertemuan JK-Prabowo untuk Redakan Tensi Politik

In Eksposisi

SinarHarapan.id – Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla yang hadir pada acara Halalbihalal Kebangsaan Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) yang bertajuk “Rekonsiliasi untuk Bangsa” di Jakarta Selatan, Jumat (5/7/2019), mengungkap pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Menurutnya, tujuan politik Prabowo sama, yakni memajukan bangsa, baik di sektor ekonomi maupun sosial secara adil. Jusuf Kalla menyatakan bahwa Prabowo pun memiliki tujuan yang sama, yaitu demi tercapainya persatuan.

“Saya ketemu Pak Prabowo bulan lalu, saya tanya ke beliau. tujuan bapak apa? Tujuannya adalah memajukan bangsa ini, ekonominya, sosialnya secara adil. Kalau begitu kita jabat tangan karena itu tujuan kita semua,” kata Jusuf Kalla.

“Maka dalam kesempatan yang baik ini, marilah kita sama-sama memanjatkan doa dan berusaha, untuk bagaimana memajukan bangsa ini, apakah sosial, ekonominya baik dan adil. Dengan rasa adil itu maka akan tercipta persatuan, karena itulah rasa adil, itu tanggung jawab bersama,” kata Wapres Jusuf Kalla.

Presiden Jokowi memang pernah “membocorkan” bahwa Wakil Presiden Jusuf Kalla telah bertemu Prabowo Subianto. Namun Jokowi tidak membeberkan apa saja pertemuan yang dibicarakan JK dan Prabowo.

“Ya kemarin sudah ketemu (JK dengan Prabowo). Kemarin Pak Wapres pak JK sudah ketemu (Pak Prabowo),” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat, 24 Mei 2019.

AP Photo

Seperti dikutip dari Liputan6, JK memang sempat bertemu calon presiden Prabowo Subianto di Jakarta. Dalam pertemuan tersebut Prabowo mengutarakan akan menjalankan proses konstitusional di Mahkamah Konstitusi.

“Dalam pertemuan itu Prabowo tentu ingin menjalankan proses konstitusional,” kata JK di rumah dinasnya, Jalan Dipenogoro, Jakarta Pusat, Selasa (4/6/2019).

“Karena itu, waktu saya ketemu, beliau di depan saya menelepon semua orang-orangnya untuk menghentikan semua aksi massa. Dia perintahkan untuk menghentikan semua aksi massa. Dan akan menjalani proses konstitusi yang baik,” kata JK.

Penghentian massa ini terkait peristiwa demonstrasi di depan Bawaslu Jakarta pada 22-23 Mei 2019.

Jejak pertemuan Prabowo dan JK pun terekam lewat berita Tribunnews. JK dikabarkan bertemu dengan Prabowo Subianto pada Kamis (23/5/2019).

Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra Maher Algadri membenarkan kabar pertemuan tersebut. Maher Algadri mengatakan, pertemuan antara Jusuf Kalla dan Prabowo ini hanya berisi soal saling tukar pikiran biasa untuk membicarakan kondisi bangsa Indonesia saat ini.

“Benar (bertemu),ya biasa komunikasi, tukar pikiran. Kan semua orang dalam keadaan kayak begini risau,” ujar Maher yang ditemui di kediaman Prabowo, Kamis, (23/5/2019) tengah malam.

You may also read!

Hari Keamanan Pangan Sedunia: Setiap Orang Harus Pastikan Ketersediaan Makanan yang Aman

SinarHarapan.id - Hari ini, Minggu (7/6), dunia memperingati Hari Keamanan Pangan Sedunia bersamaan dengan pandemi COVID-19 saat orang harus

Read More...

Lakukan CSR Peduli COVID-19, 100 Perusahaan Raih Indonesia Top Corporate Social Responsibility Of The Year 2020

SinarHarapan.id - Bencana wabah virus Corona (COVID-19) yang terjadi di Indonesia berdampak pada masyarakat luas. Dampaknya pun telah dirasakan

Read More...

Pelanggan XL HOME Bisa Main Gim di TV Cukup Pakai Smartphone

SinarHarapan.id - Untuk terus memberikan layanan home entertainment yang terbaik dan lengkap bagi pelanggan XL HOME, PT

Read More...

Mobile Sliding Menu