Tokoh Pemuda Ethiopia Ramaikan Perayaan HUT RI 2019 di KBRI Addis Ababa

In Internasional

SinarHarapan.id – Sejumlah tokoh dan pimpinan organisasi pemuda Ethiopia ikut merayakan kegiatan peringatan Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia di Kedutaan Besar RI (KBRI) Addis Ababa, Minggu 14/7).

Organisasi pemuda Ethiopia tersebut diantaranya Youth 2 Youth, Safe Life dan Trash to Cash.

Para tokoh pemuda Ethiopia tersebut bertanding melawan tim Indonesia dalam pertandingan persahabatan bola volley, memasukan pensil ke dalam botol, pacu membawa kelereng, jalan balon, dan makan kerupuk.

Sebelum pertandingan, puluhan pemuda Ethiopia ikut senam bersama dengan masyarakat Indonesia, menari Maumere dan Poco-poco.

“Kami senang sekali dilibatkan dalam kegiatan HUT RI karena melalui pertandingan persahabatan ini kami bisa berkenalan dengan pejabat, staf dan masyarakat Indonesia di Ethiopia. Kami juga tidak mengira Indonesia merayakan ulang tahun kemerdekaan dengan acara yang ramai dan meriah ini. Kecuali olah raga bola volley, semua cabang pertandingan dan perlombaan yang diselenggarakan, baru bagi kami semua. Kami belum pernah mengenalnya,” kata Sileshi, CEO Safe Light.

Adapun Betelhem, pimpinan Trash to Cash mengatakan bahagia sekali mengikuti kegiatan HUT RI di KBRI Addis Ababa. Kesempatan ini merupakan yang kedua kalinya bagi Betelhem berada di KBRI Addis Ababa.

Betelhem adalah salah seorang dari 90 inovator muda Ethiopia yang “mondok” di KBRI Addis Ababa selama 14 jam guna mengikuti kompetisi Ignite Africa Challenge pada 29 Juni 2019 yang memang diselenggarakan di KBRI Addis Ababa.

Betelhem dan timnya yang terdiri atas tiga orang, meraih juara satu dalam ajang adu ide dan gagasan mengatasi masalah ekonomi, sosial dan pendidikan di Afrika, khususnya Ethiopia.

Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika,
Al Busyra Basnur mengatakan bahwa KBRI Addis Ababa sengaja mengundang dan melibatkan sebanyak mungkin tokoh pemuda Ethiopia dalam berbagai kegiatan tertentu di KBRI Addis Ababa, karena ini merupakan bagian dari diplomasi publik dan upaya meningkatkan people to people contact antara Indonesia dan Ethiopia.

“Potensi pemuda Ethiopia ternyata cukup besar. Mereka sangat aktif, kreatif dan memiliki jaringan kerjasama internasional yang luas. Organisasi pemuda yang peduli masalah-masalah sosial dan ekonomi masyarakat sangat banyak. Pergerakan mereka dari satu negara ke negara lain juga cukup intens yang menunjukkan bahwa mereka well connected dengan dunia global,” kata Dubes RI.

“Karena itu, bersamaan dengan penyelenggaraan 1st Indonesia-Ethiopia Young Entrepreneurs pada tanggal 11 Juni 2019 lalu di KBRI Addis Ababa, diluncurkan pula Asosiasi Persahabatan Pemuda Indonesia-Ethiopia yang bertujuan ikut membantu meningkatkan hubungan dan kerja sama serta program-program pemerintah Indonesia-Ethiopia,” tambah mantan Konsul Jenderal RI Houston, Amerika Serikat tersebut.

Ada tiga pemuda Indonesia yang menjadi pembicara pada forum pertama pemuda wirausaha tersebut, yaitu Fathie, Kevin dan Bryan. Mereka juga pendiri Asosiasi Persahabatan Indonesia-Ethiopia bersama Markos Lemma dan Kalewongel Tesfaye dari Ethiopia.

Pada Sabtu, 6 Juli 2019, sejumlah pendiri dan pimpinan Asosiasi Persahabatan Indonesia-Ethiopia tersebut diundang oleh Duta Besar Ethiopia di Jakarta, Prof Admasu Tsegaye untuk membahas berbagai hal dan kegiatan-kegiatan kedepan yang melibatkan Asosiasi Persahabatan Indonesia-Ethiopia

You may also read!

Diplomat dan Pemuka Agama Perlu Padukan Langkah buat Perdamaian Dunia

SinarHarapan.id  - Para pemuka agama dari 125 negara di dunia menyerukan perlunya kerja sama dengan para diplomat untuk memajukan perdamaian

Read More...

Ngampooz, Satu Aplikasi untuk Beragam Masalah Warga Kampus

SinarHarapan.id - Telah hadir aplikasi yang dapat membantu berbagai macam kebutuhan akademik mulai dari elemen mahasiswa, dosen, hingga kampus

Read More...

Pemuda Ethiopia Siap Kobarkan Semangat Bandung 1955 di Afrika

SinarHarapan.id - Indonesia dan Afrika memiliki hubungan yang dekat dan sangat penting, dimulai sejak Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung

Read More...

Mobile Sliding Menu