Cara Perkuat Bisnis Perusahaan lewat Digital Marketing

In Teknologi

SinarHarapan.id – Cara orang atau organisasi untuk berkembang telah mengalami pergeseran dari traditional marketing promotion menjadi media digital promotion untuk lebih diprioritaskan.

Accesstrade Indonesia berkolaborasi dengan SYNERGY dan AcaraBaru menghadirkan sebuah panel discussion bertajuk “Growth Hacking Through Digital Marketing to Empower Your Business” di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Panel Discussion ini menghadirkan narasumber Yudhistira Ditya Pratama, Digital Marketing Manager Bukalapak; Usman Raezra, Business Director Digenesia; dan Bambang Triharto Head of Ecommerce Kalbestore; yang membahas tentang efek dari perubahan dan pertumbuhan digital marketing serta bagaimana strategi untuk melewatinya juga panduan dalam memilih media promosi atau channel yang tepat untuk meningkatkan ROI.

Prayudho Rahardjo, CEO Accesstrade Indonesia, mengatakan dewasa ini transisi periklanan dan juga marketing kian pesat. Para pebisnis pun mengubah strategi untuk meraih tujuan utama bisnis serta faktor pendukung terpenting.

“Saat ini penting untuk memilih strategi dalam memilih media promosi atau channel yang tepat untuk meningkatkan Return of investment (ROI),” kata Prayudho Rahardjo dalam rilis yang diterima media Minggu (18/8/2019).

Sementara itu, Yudhistira Ditya Pratama, Digital Marketing Manager Bukalapak menjelaskan tren penggunanaan digital marketing akan terus populer di Indonesia. Hal ini mengingat perusahaan yang biasa menjual secara offline kini mulai menggunakan platform digital.

“Adopsi pemasaran secara digital akan terus meningkat. Pemasangan iklan di berbagai platform juga demikian,” kata Yudhistra.

Selain menggunakan pemasangan iklan dari Facebook dan juga Google, Bukalapak ternyata juga menggunakan Affiliate marketing. Salah satunya Accesstrade Indonesia yang sudah digunakan sejak tahun lalu.

Affiliate marketing bermanfaat bila kita ingin mengejar performa sales yang baik. Kita juga memasarkan secara efisien dengan affiliate,” tambahnya.

Yudhis menambahkan saat ini Bukalapak tak hanya mengejar awareness. Tapi juga jumlah transaksi, jumlah user dan juga nilai penjualan barang tersebut.

“Intinya lewat digital marketing kita dapat sesuaikan target market dengan produk yang ditawarkan,” katanya.

Bambang Triharto menjelaskan, awal mula Kalbe membuka penjualan digital lewat Kalbestore sejak 2018 lalu. Saat itu Kalbe hanya mengejar awareness dan tidak menetapkan target penjualan khusus. Hanya saja dalam satu tahun total penjualan via Kalbestore telah mencapai Rp 35 miliar.

“Tentu tahun ini kami tak hanya mengejar jumlah user aktif tapi juga tentu ingin meningkatkan penjualan menggunakan digital marketing,” kata Bambang.

Catatan saja, Affiliate marketing hadir dengan menyediakan sistem CPA (Cost per Action), yang berarti Advertiser akan mengeluarkan biaya saat action/transaksi sudah terjadi dan disetujui. Action ini dapat disesuaikan bentuknya sesuai dengan kebutuhan para pengiklan.

Untuk advertiser yang menjual produknya secara online, action dapat berupa sales atau penjualan. Bagi advertiser yang membutuhkan data action, maka action akan berupa registrasi, begitu pula dengan advertiser yang mempunyai aplikasi, action yang dapat dilakukan berbentuk instalasi Apps.

Hal ini tentu akan lebih menguntungkan dari segi biaya karena selama belum terjadi Action, maka iklan dan traffic yang datang kepada mereka akan didapatkan secara gratis pada media Publisher. Sistem CPA yang digunakan juga akan membuat promosi lebih efektif dalam mencapai target yang diharapkan.

Selain dengan menggunakan CPA Model, Affiliate marketing juga hadir untuk mempertemukan para pengiklan atau Advertiser dan para pemasang iklan atau yang kita sebut dengan Publisher.

Sehingga Affiliate marketing menjadi portal untuk memudahkan para Advertiser mendapatkan network media promosi online yang saat ini semakin berkembang, serta memudahkan para Publisher untuk menemukan para Advertiser yang sedang mencari penyedia promosi online.

You may also read!

Pasar Malam Indonesia di Malmo-Swedia

SinarHarapan.id -  Beragam budaya Indonesia digelar dalam Pasar Malam Malmö 2019 Indonesisk Kvällsmarknad  di Limhamn Folkets Hus, Malmö, Swedia,

Read More...

Film “Boccia” Besutan Sutradara WNI Diputar di Thailand

SinarHarapan.id -  Lebih dari 200 penonton  di SF Cinema Bangkok  tersentuh menyaksikan film “Boccia”, sebuah film dokumenter non komersial tentang

Read More...

ILUNI UI Peduli Bencana Kabut Asap

SinarHarapan.id - Kadri Mohamad Komunitas Biduan (kiri), Endang Mariani Koordinator ILUNI UI Peduli (dua kiri), Andre Rahadian Ketua Umum ILUNI

Read More...

Mobile Sliding Menu