Dubes RI Promosi Indo-Pacific dalam ASEAN Day 2019 di Swedia

In Internasional

SinarHarapan.id – ASEAN Committee in Stockholm/Komite ASEAN di Stockholm (ACS), mengadakan peringatan ASEAN Day 2019 di Kedutaan Besar Malaysia di Stockholm, Kamis (8/8). Lebih dari 50 tamu undangan dari kantor Pemerintahan Swedia dan Korps Diplomatik menghadiri kegiatan tersebut.

Bertindak sebagai Tamu Kehormatan adalah Menteri Negara pada Kantor Perdana Menteri, Karin Wallensteen.

Dalam sambutannya, Wallensteen menyampaikan bahwa Uni Eropa adalah salah satu mitra ASEAN yang paling lama.

Perdagangan dan investasi merupakan tonggak utama hubungan Uni Eropa dan ASEAN. Swedia dan Uni Eropa adalah pendukung utama perdagangan bebas dan adil yang berbasiskan kesinambungan, ramah lingkungan, HAM, dan juga penegakan hukum.

Adapun Duta Besar RI untuk Swedia Bagas Hapsoro dalam sambutannya menyoroti mengenai pandangan pertama ASEAN akan konsep Indo-Pacific.

“Untuk merealisasikan elemen-elemen kunci dalam konsep Indo-Pacific, ASEAN akan melakukan kerja sama dalam beberapa area besar, termasuk diantaranya adalah kerja sama kemaritiman, konektivitas, dan Sustainable Development Goals 2030,” kata Dubes RI.

Dubes RI juga memberikan perhatian khusus tentang peresmian gedung Sekretariat ASEAN yang baru di Jakarta. Gedung baru tersebut diresmikan pada Kamis, 8 Agustus 2019 oleh Presiden Joko Widodo.

“Gedung Sekretariat ASEAN yang baru ini akan menjadi tempat bagi negara-negara anggota dan mitra ASEAN untuk saling bertukar pemikiran, sebuah landmark akan keberlangsungan kerjasama negara-negara ASEAN,” kata Dubes RI.

Di akhir kegiatan tersebut, seluruh tamu undangan disajikan makanan kecil tradisional khas negara-negara ASEAN. Indonesia menyajikan dadar gulung dan pastel ayam.

(Sumber: KBRI Stockholm)

You may also read!

Hijab Anti Bakteri, Inovasi Terbaru Daliatex

SinarHarapan.id - Perusahaan kain asal Bandung, Daliatex membuat inovasi terbaru yaitu teknologi bahan hijab anti bakteri. Sebelumnya, Daliatex juga telah memiliki

Read More...

HOMARA Restaurant Bersama Grand Inna Samudra Beach Hotel Hadirkan “Indonesian Fusion Food”

SinarHarapan.id-Sebagai pionir, Grand Inna Samudra Beach Hotel yang dibangun pada 1962 oleh Presiden Soekarno, merupakan hotel terbesar pertama di

Read More...

Lazada 12.12 Grand Year End Sale Hadirkan 3 Hari Diskon, Voucher Total 12 Miliar dan reward Sensasional

SinarHarapan.id -Lazada, perusahaan eCommerce terbesar di Asia Tenggara dan salah satu pelopor Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional, yang juga

Read More...

Mobile Sliding Menu