Lebih dari 1.500 WNI Hadiri Pesta Rakyat di KBRI Bangkok

In Internasional

SinarHarapan.id –  Lebih dari 1.500 warga Indonesia, para duta besar negara ASEAN dan jajaran korps diplomatik serta warga Thailand menghadiri Pesta Rakyat yang digelar Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bangkok, Minggu (18/8).

Kemeriahan HUT Kemerdekaan RI ke-74 di Bangkok mencapai puncaknya dengan penyelenggaraan pesta rakyat berupa acara syukuran dan bazaar di lapangan sepak bola KBRI Bangkok tersebut.

Kegiatan tersebut  menghadirkan panggung gembira dan 25 stand makanan dan minuman khas Indonesia dan Thailand.

Acara panggung gembira diisi dengan penampilan seni tari, musik, dan drama dan dibuka oleh sambutan Duta Besar RI untuk Thailand.

Dalam sambutannya, Duta Besar RI untuk Thailand, Ahmad Rusdi menegaskan mengenai makna Pesta Rakyat sebagai wujud syukur atas Kemerdekaan Indonesia.

“Sejak merdeka 74 tahun yang lalu, Indonesia berhasil menjadi negara besar yang disegani di dunia internasional. Keberhasilan ini tidak lepas dari kerja keras serta persatuan dan kesatuan seluruh rakyat Indonesia,”  kata Dubes RI.

Dubes RI menggarisbawahi peranan penting WNI di Thailand  yang telah berkontribusi nyata terhadap pembangunan Indonesia saat ini.

“Sebagai SDM Unggul Indonesia, kiprah aktif WNI di Thailand sangat dinantikan oleh seluruh bangsa Indonesia,” kata Dubes Rusdi.

Masyarakat Indonesia  larut dalam kegembiraan dan suka cita menyaksikan penampilan para pengisi acara.

Gantar Gita Khatulistiwa, kelompok tari dari Jakarta pimpinan Edwin ‘Leo’ Mokodompit,  membawa 42 penari dan menampilkan lima tarian.

Anak-anak Sekolah Indonesia Bangkok juga tidak mau ketinggalan mempertunjukan kebolehan mereka dalam atraksi gerak dan lagu.

Band setempat menyemarakkan panggung dengan 20 lagu upbeat, termasuk Poco-poco dan Maumere yang semakin menghangatkan suasana dan menggoyang para penonton menjelang larut malam.

Bazaar makanan dan kerajinan khas Indonesia tidak luput dari serbuan para pengunjung. Masyarakat rela antre dan merogoh koceknya untuk menikmati makanan khas Indonesia yang disajikan oleh masyarakat Indonesia dan Dharma Wanita Persatuan dengan harga relatif murah.

Barisan stand makanan seperti bakso, ayam betutu, martabak, mie ayam, nasi uduk, dan lain-lain tampak dipadati oleh para pengunjung.

Bagi warga Indonesia di Thailand, acara syukuran dan bazaar ini merupakan acara yang dinantikan setiap tahunnya karena keramaian dan kemeriahannya menggugah nostalgia terhadap Tanah Air.

Putranda Boharami warga Indonesia yang tinggal di Bangkok, mengakui bahwa acara tersebut obat penawar rindu terhadap Tanah Air.

“Pesta Rakyat ini menjadi obat kangen terhadap Indonesia, “ ujar Putranda yang baru sekali ini menghadiri Pesta Rakyat. Menurutnya Pesta Rakyat ini digelar secara menarik dan menampilkan acara yang tidak biasa. Dia mengharapkan KBRI Bangkok dapat terus melanjutkan acara seperti ini di masa mendatan

Menurut Nur Rokhmah Hidayah, Pelaksana Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya, kegiatan tersebut  juga merupakan wujud nyata kepedulian KBRI Bangkok terhadap WNI  di Thailand.

“Melalui acara ini, Masyarakat Indonesia dapat mengikuti perkembangan situasi di tanah air dan sekaligus menjadi ajang silaturahmi antar warga masyarakat Indonesia di Thailand,” kata Nur Rokhmah.

(Sumber: KBRI Bangkok)

You may also read!

Pasar Malam Indonesia di Malmo-Swedia

SinarHarapan.id -  Beragam budaya Indonesia digelar dalam Pasar Malam Malmö 2019 Indonesisk Kvällsmarknad  di Limhamn Folkets Hus, Malmö, Swedia,

Read More...

Film “Boccia” Besutan Sutradara WNI Diputar di Thailand

SinarHarapan.id -  Lebih dari 200 penonton  di SF Cinema Bangkok  tersentuh menyaksikan film “Boccia”, sebuah film dokumenter non komersial tentang

Read More...

ILUNI UI Peduli Bencana Kabut Asap

SinarHarapan.id - Kadri Mohamad Komunitas Biduan (kiri), Endang Mariani Koordinator ILUNI UI Peduli (dua kiri), Andre Rahadian Ketua Umum ILUNI

Read More...

Mobile Sliding Menu