Naik Pesawat Demi Mengikuti Detik-Detik Proklamasi di KBRI Bangkok

In Internasional

SinarHarapan.id – Cuaca cerah di pagi hari semakin menambah khidmat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, yang dilaksanakan di lapangan sepak bola KBRI Bangkok pada Sabtu (17/8). Di antara warga Indonesia yang hadir, ada yang rela naik pesawat dari Phuket menuju Bangkok demi mengikuti acara tersebut.

“Bisa mengikuti upacara dan menyanyikan lagu Indonesia Raya merupakan kebanggaan tersendiri,“  kata Muhammad Firstyan, WNI yang tinggal di Phuket yang berjarak 850 km dari Bangkok.

Firstyan bersama dua orang rekannya menempuh perjalanan dengan pesawat terbang untuk dapat mengikuti detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di KBRI Bangkok.

Tepat pada pukul 09.40 upacara dimulai dengan Duta Besar RI untuk Thailand, Ahmad Rusdi sebagai Inspektur Upacara dan Mayor Arm Debi Irawan sebagai Komandan Upacara.

Upacara diikuti lebih dari 600 warga  Indonesia.  Antara lain staf KBRI Bangkok, Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Bangkok, siswa dan guru Sekolah Indonesia Bangkok (SIB), masyarakat Indonesia di Bangkok dan sekitarnya, Persatuan Mahasiswa Indonesia di Thailand (Permitha).

Hadir pula Armida S. Alisjahbana, Executive Secretary UN ESCAP dan para anggota TNI yang tengah menempuh pendidikan di Thailand.

Rangkaian tata cara upacara, antara lain  penaikan Bendera Merah Putih oleh 25 anggota Paskibra yang merupakan siswa siswi SIB, Peringatan Detik-Detik Proklamasi yang ditandai dengan sirine dan pemukulan gong, Pembacaan Teks Proklamasi, serta paduan suara oleh para siswa SIB, berlangsung dengan tertib dan khidmat.

Upacara ini juga diliput oleh beberapa media lokal seperti ABTV, Nation TV, dan Thai PBS.

Khidmatnya pelaksanaan upacara menggambarkan tingginya semangat nasionalisme dan cinta tanah air warga Indonesia, meskipun berada jauh dari Tanah air.

Tampak juga warga Indonesia yang sedang berlibur di Bangkok yang dengan antusias menyempatkan diri untuk mengikuti Upacara di KBRI Bangkok. Dari pukul 8.00 pagi, warga Indonesia sudah berdatangan ke KBRI Bangkok, yang telah dimeriahkan oleh dekorasi merah putih sejak seminggu yang lalu.

Antusiasme warga Indonesia di Bangkok dan sekitar dalam mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi patut mendapatkan apresiasi yang tinggi.

Semangat ini harus selalu dipupuk, khususnya di kalangan generasi muda Indonesia sebagai kewajiban kita bersama untuk membina dan meningkatkan rasa cinta tanah air kepada generasi penerus bangsa.

(Sumber: KBRI Bangkok).

You may also read!

Pasar Malam Indonesia di Malmo-Swedia

SinarHarapan.id -  Beragam budaya Indonesia digelar dalam Pasar Malam Malmö 2019 Indonesisk Kvällsmarknad  di Limhamn Folkets Hus, Malmö, Swedia,

Read More...

Film “Boccia” Besutan Sutradara WNI Diputar di Thailand

SinarHarapan.id -  Lebih dari 200 penonton  di SF Cinema Bangkok  tersentuh menyaksikan film “Boccia”, sebuah film dokumenter non komersial tentang

Read More...

ILUNI UI Peduli Bencana Kabut Asap

SinarHarapan.id - Kadri Mohamad Komunitas Biduan (kiri), Endang Mariani Koordinator ILUNI UI Peduli (dua kiri), Andre Rahadian Ketua Umum ILUNI

Read More...

Mobile Sliding Menu