Permainan Tradisional Meriahkan HUT RI ke-74 di KBRI Bangkok

In Berita Kini

SinarHarapan.id – Suasana pedesaan sangat terasa dalam kemeriahan menjelang HUT Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia di Bangkok, Senin (12/8).  Anak-anak Indonesia di Bangkok larut dalam kegembiraan lomba tradisional di KBRI Bangkok.

Hampir 150 anak dari Sekolah Indonesia Bangkok dan warga Indonesia sekitar sangat antusias mengikuti pertandingan permainan tradisional khas Indonesia. Seperti balap karung, makan kerupuk, lomba kekompakan tim, ambil koin dan bendera yang diikuti  anak-anak dari usia 5 sampai 17 tahun.

Meskipun terkesan sederhana, perlombaan ini memiliki makna yang dalam untuk memperkenalkan budaya Indonesia, menggalang kebersamaan serta menumbuhkan rasa nasionalisme cinta tanah air kepada anak-anak Indonesia.

Di tengah serbuan permainan gawai modern saat ini, permainan tradisional yang mengandalkan aktivitas fisik dan kerja sama tim ini juga melatih anak-anak untuk mengatur strategi dan kekompakan.

Beberapa anak Indonesia yang baru sekali ini ikut pertandingan terlihat sangat antusias dan bersemangat. Meskipun cuaca cukup panas, mereka terlihat gembira dan tidak kenal lelah berlarian mengikuti seluruh pertandingan yang dilombakan.

Para orangtua juga tampak antusias memberikan dukungan dan semangat kepada putra-putrinya yang sedang berlomba. Anak-anak yang menang ataupun yang kalah tampak bersukacita menikmati kemeriahan peringatan HUT Kemerdekaan RI di KBRI Bangkok.

Dafi Andra, anak Indonesia yang tinggal di Pattaya, sekitar 150 km dari Bangkok mengaku gembira dapat mengikuti lomba tradisional ini. Meskipun tidak menang, menurut Dafi, pertandingan balap karung yang diikutinya sangat seru dan menyenangkan.

Pertandingan dilaksanakan bertepatan dengan hari libur nasional Thailand, Mother’s Day sehingga banyak orang tua dan mahasiswa warga Indonesia menyaksikan dan meramaikan acara bersama Duta Besar RI untuk Thailand, Ahmad Rusdi.

Mereka juga dilibatkan dalam lomba masak untuk para pria dan merangkai bunga untuk para wanita.

Warga Indonesia tidak mau melewatkan kesempatan berharga ini untuk mengenang kembali kenangan masa lalu dalam merayakan HUT Kemerdekaan RI di kampung halaman.

“Inilah tujuan KBRI Bangkok dalam melaksanakan serangkaian kegiatan untuk menumbuhkan cinta tanah air dan arti kemerdekaan kepada Warga Indonesia di Thailand,” ungkap KBRI Bangkok lewat rilis yang diterima Sinar Harapan.id.

Acara ditutup dengan pemberian hadiah dan makan siang bersama.

(Sumber KBRI Bangkok).

You may also read!

Tidak ada WNI Terjangkit Virus Corona di Wuhan, China

SinarHarapan.id - Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Wuhan, China memastikan tidak ada warga Indonesia (WNI) maupun mahasiswa Indonesia yang

Read More...

Awal Tahun Baru, The Promotor Band Merilis Single Terbaru “Merindukan Kamu”

SinarHarapan.id -  The Promotor itulah nama band yang baru di deklarasikan di ke publik di awal tahun 2020 ini dan

Read More...

Pelajar Yogyakarta Menang Logo Peringatan 70 Tahun Hubungan Diplomatik RI-Thailand

SinarHarapan.id - Menandai awal tahun 2020, KBRI Bangkok dan Kementerian Luar Negeri Thailand secara bersama meluncurkan logo Peringatan 70 Tahun

Read More...

Mobile Sliding Menu