Raih Predikat Terbaik, Presiden Botswana Sambangi Paviliun Indonesia

In Internasional

SinarHarapan.id –  Kemeriahan dan desain yang menarik mengantarkan Paviliun Indonesia sebagai  paviliun negara terbaik atau “Best Country Pavilion” pada Pameran Global Expo Botswana  yang berlangsung 6-9 Agustus 2019 di Gaborone, Botswana.

Paviliun Indonesia yang terletak strategis di sekitar pintu gerbang utama selalu mendapat kunjungan melimpah dari pengunjung yang tidak putus bertanya mengenai produk-produk yang dipamerkan. Penyelenggara acara, Botswana Investment and Trade Centre pun mendapuk paviliun Indonesia sebagai paviliun terbaik yang mewakili negara.

Sebagai paviliun terbaik,  Duta Besar RI di Pretoria yang terakreditasi untuk Botswana, Salman Al Farisi,  mendapat kehormatan untuk disambangi Presiden Botswana,  Mokgweetsi Masisi, di Paviliun Indonesia pada saat pembukaan Pameran Global Expo Botswana di Gaborone, Botswana, Senin (6/8).

Kepada Presiden Masisi, Dubes RI menjelaskan secara singkat produk-produk industri strategis buatan Indonesia.

“Kami melakukan pemasaran segala lini dalam upaya meningkatkan hubungan ekonomi antara Indonesia dan negara-negara Afrika. Trade show seperti Global Expo Botswana memberikan kesempatan kepada Indonesia untuk promosi door to door dan mengeksplorasi berbagai peluang bisnis,” kata Dubes RI saat membuka secara resmi Paviliun Indonesia.

“Kami sadar citra produk Indonesia di Botswana masih terbatas. Partisipasi ini adalah bagian dari upaya nation branding, termasuk kepada pengunjung non-komersial seperti mahasiswa serta masyarakat umum sebagai bagian upaya promosi yang pro-aktif,” kata Dubes yang pernah ditugaskan sebagai Dubes RI untuk Uni Emirat Arab tersebut.

Dubes RI juga mengungkapkan bahwa  potensi Botswana  masih belum sepenuhnya tergali. Berbagai peluang kerja sama RI-Botswana masih terbuka di sektor pertambangan dan energi, infrastruktur, pariwisata, pertanian dan transportasi publik.

Dalam rangkaian kegiatan di Botswana, 5-9 Agustus 2019, rombongan dari PT INKA dan PT Audie Building Industry terbang langsung dari Indonesia untuk melakukan penjajakan bisnis dengan calon mitra kerja di Botswana.

Selain membuka Paviliun Indonesia, Dubes RI bertemu dengan otoritas terkait di Botswana, menyerahkan surat-surat resmi penugasan Konsul Kehormatan RI yang baru di Gaborone, hingga bertemu dengan para pengusaha setempat.

Selain dengan Kementerian Infrastruktur dan Pembangunan Perumahan, KBRI Pretoria memfasilitasi rombongan Delegasi dari PT INKA dan PT Audie Building Industry bertemu dengan Kementerian Transportasi dan Komunikasi, Botswana Housing Corporation, Botswana National Olympic Committe, Botswana Investment and Trade Centre dan Botswana Railway.

Dalam partisipasi keempat kalinya di pameran Global Expo Botswana, KBRI Pretoria dan ITPC Johannesburg memamerkan berbagai produk unggulan dalam negeri.

Mulai dari produk makanan dan minuman, batik, hingga produk-produk industri strategis Indonesia seperti gerbong kereta api dari PT. INKA, tank dari PT. Pindad dan pesawat dari PT. Dirgantara Indonesia.

Pameran Botswana Global Expo adalah trade show tahunan terbesar di Botswana yang diselenggarakan di ibukota Gaborone pada 6-9 Agustus 2019.

Pameran ini setiap tahunnya diikuti oleh berbagai negara dan institusi swasta. Keikutsertaan KBRI Pretoria dan ITPC Johannesburg dalam pameran ini bertujuan untuk memperkenalkan perusahaan dan komoditas utama Indonesia yang memiliki kapasitas ekspor dan kemampuan untuk berinvestasi di luar negeri.

Dalam kesempatan yang sama, KBRI Pretoria dan ITPC Johannesburg juga menyampaikan berbagai informasi terkait Indonesia-Africa Infrastructure Dialogue (IAID) dan Trade Expo Indonesia (TEI) 2019.

(Sumber: KBRI Pretoria)

You may also read!

Diplomat dan Pemuka Agama Perlu Padukan Langkah buat Perdamaian Dunia

SinarHarapan.id  - Para pemuka agama dari 125 negara di dunia menyerukan perlunya kerja sama dengan para diplomat untuk memajukan perdamaian

Read More...

Ngampooz, Satu Aplikasi untuk Beragam Masalah Warga Kampus

SinarHarapan.id - Telah hadir aplikasi yang dapat membantu berbagai macam kebutuhan akademik mulai dari elemen mahasiswa, dosen, hingga kampus

Read More...

Pemuda Ethiopia Siap Kobarkan Semangat Bandung 1955 di Afrika

SinarHarapan.id - Indonesia dan Afrika memiliki hubungan yang dekat dan sangat penting, dimulai sejak Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung

Read More...

Mobile Sliding Menu