Ribuan WNI Rayakan Idul Adha 1440 H di Bangkok

In Berita Kini

SinarHarapan.id – Lebih dari 1.100 warga Indonesia (WNI) berbondong-bondong menuju dan memadati Gedung Olah Raga (Sport Hall) KBRI Bangkok guna menunaikan salat Idul Adha 1440 H pada Minggu (11/8).

Hari Raya Idul Adha yang bertepatan dengan hari libur ini meningkatkan antusiasme WNI.  Baik yang tinggal di Bangkok dan sekitarnya, maupun yang sedang berkunjung dari Tanah Air.  Mereka  merayakan hari kemenangan ini, bersama-sama dengan seluruh umat Islam di seluruh penjuru dunia.

Bertindak sebagai imam pada salat Id di KBRI Bangkok adalah Ustaz Romli bin Abdulwahid dari Masjid Darul Aman Bangkok.  Adapun Prof. Dr. Mustari, M.Pd, Atase Pendidikan dan Kebudayaan, KBRI Bangkok bertindak sebagai khatib.

Dalam khotbahnya, khatib menggarisbawahi mengenai ibadah haji yang merupakan ibadah lengkap bagi Umat Islam. Ibadah haji merupakan bentuk perjalananan atau gambaran kecil perjalanan hidup manusia. Sedangkan kurban merupakan simbol pengorbanan seorang hamba terhadap Allah SWT yang telah memberikan berbagai macam kenikmatan.

Khatib juga menekankan pentingnya ketakwaan, keikhlasan, ketundukan, kesabaran dalam melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-larangan-Nya.

Usai melaksanakan salat, Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand, Ahmad Rusdi, melakukan kegiatan ramah tamah dengan masyarakat Indonesia yang hadir.

Warga  Indonesia menikmati sajian kuliner nasi kebuli, sayur capcay, ayam goreng dan kari kambing yang menjadi obat kangen bagi mereka yang rindu Tanah Air.

Antrean warga  Indonesia tampak mengular memadati lapangan KBRI Bangkok untuk mencicipi kelezatan hidangan yang disajikan.

Selain menikmati kuliner tanah air, kesempatan ini juga dimanfaatkan WNI untuk bersilaturahmi dengan sesama warga Indonesia di perantauan.

Marina Nofeline, mahasiswi Indonesia di Universitas Rajamanggala Bangkok mengatakan nuansa Lebaran seperti di Indonesia menjadi daya tarik utama baginya untuk beribadah salat Idul Adha di KBRI Bangkok.  Marina juga mengajak temannya, muslim warga Thailand, untuk ikut menikmati suasana Lebaran ala Indonesia.

Pada 2019 ini,  20 WNI  yang tinggal di Bangkok  menunaikan ibadah haji dari Thailand.

(Sumber: KBRI Bangkok)

You may also read!

KBRI Muscat Repatriasi 180 WNI dari Oman

SinarHarapan.id - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Muscat memfasilitasi pemulangan 180 warga Indonesia (WNI) dan seorang warga negara asing

Read More...

Psikotes Calon Siswa Baru Terapkan Protokol Kesehatan

SinarHarapan.id - Sejumlah peserta mengikuti psikotes calon siswa jelang tahun ajaran baru di tengah pandemi di SD Islam Al-Hidayah,

Read More...

UTBK Diputuskan Tetap Digelar, Penyelenggara dan Peserta Diminta Patuhi Protokol Kesehatan

SinarHarapan.id - Peserta dengan melakukan standar protokol kesehatan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang pertama di Kampus Fakultas

Read More...

Mobile Sliding Menu