Presiden Jokowi: Jangan Sampai Pembatasan Ganggu Independesi KPK

In Politik

SinarHarapan.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru menerima Daftar Isian Masalah (DIM) Revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ia berjanji akan mempelajarinya lebih dulu sebelum menyampaikan keputusan pemerintah.

“Kita baru lihat DIM-nya dulu. Nanti kalau Surpres (Surat Presiden) kita kirim (ke DPR, red), besok saya sampaikan,” kata Presiden Jokowi menjawab wartawan usai menghadiri Pembukaan The 37th Conference ASEAN Federation of Engineering Organizations (CAFEO37), di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (11/9) pagi, seperti diberitakan Setkab.

Intinya, tegas Presiden, jangan sampai ada pembatasan-pembatasan yang tidak perlu sehingga independensi KPK jadi terganggu. Karena itu, Presiden berjanji akan mempelajari DIM Revisi UU KPK itu satu per satu.

“Nanti baru disampaikan kenapa ini ‘ya’ kenapa ini ‘tidak’, karena tentu ada yang setuju dan ada yang tidak setuju,” kata Presiden.

Mengenai apakah dirinya minta pendapat pihak lain dalam membahas draf Revisi UU KPK, Presiden Jokowi mengatakan, sudah mulai hari Senin (9/9) dirinya secara maraton meminta pendapat dari para pakar dan kementerian. Karena itu, begitu DIM nanti dilihat, menurut Presiden, dirinya sudah punya gambaran.

Saat ditanya apakah pembahasan Revisi UU KPK itu bisa diselesaikan oleh DPR RI yang akan berakhir masa tugasnya 30 September ini, Presiden Jokowi menyerahkannya kepada DPR. “Itu urusan DPR,” pungkas Presiden Jokowi. (RAH/ES)

You may also read!

Omron Luncurkan Pengecek Tekanan Darah Digital

SinarHarapan.id - Omron Healthcare Indonesia ambil bagian dalam 14th Scientific Meeting of Indonesian Society of Hypertension 2020, dengan memamerkan

Read More...

Memahami Kinerja Perusahaan Asuransi dan Ekonomi Makro Bersama Prudential Indonesia

SinarHarapan.id-Memasuki usianya yang ke-25 tahun, Prudential Indonesia terus berupaya memberikan layanan terdepan bagi nasabah dan masyarakat umumnya, sekaligus juga

Read More...

MLM Dorong Perekonomian, AP2LI Gelar Award untuk Gairahkan Semangat Usaha

SinarHarapan.id - Bisnis penjualan langsung atau direct selling (multilevel marketing/MLM) dalam negeri diyakini memiliki prospek yang cukup cerah dan

Read More...

Mobile Sliding Menu