FISIP Universitas Airlangga Berkunjung ke Ethiopia

In Sosial

SinarHarapan.id –  Ethiopia adalah salah satu negara Afrika yang berhasil dengan baik meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menjaga stabilitas politik, dan memperkuat pembangunan sumber daya manusia.

Padahal pada 1984-1985, Ethiopia dikenal sebagai negara dengan angka kemiskinan dan kelaparan yang tinggi.

Karena itu, Universitas Airlangga (Unair) sengaja memilih Ethiopia sebagai negara tujuan utama di Afrika untuk memperdalam studi dan penelitian dibidang politik, ekonomi, sosial dan budaya Afrika.

Hal itu dikatakan Dr. Falih Suaedi, M.Si, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pengetahuan (FISIP) Unair Surabaya, ketika diterima Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika di KBRI Addis Ababa, Al Busyra Basnur,, Senin (7/10).

Falih memimpin delegasi Unair dengan anggota Dr. Pinky Saptandari E. P., M.A. Direktur Pusat Studi Afrika (PUSAF) FISIP Unair serta dua peneliti PUSAF masing-masing Dr. Phil. Siti Rokhmawati Susanto, S.IP, M.IR dan Linggar Rama Dian Putra, S.Ant., MA.

“Kunjungan di Ethiopai juga dimaksudkan untuk menjalin kemitraan antar perguruan tinggi dan memperluas jejaring kerja dalam rangka mempererat hubungan dan kerjasama Indonesia dengan Ethiopia,” kata Falih yang berada di Ethiopia sejak 1 hingga 7 Oktober 2019.

“Kami merupakan tim atau delegasi pertama dari Universitas Airlangga yang menginjakkan kaki di bumi Afrika. Dari kunjungan ini kami mendapat banyak sekali masukan dan pandangan tentang Afrika, khususnya Ethiopia,” tambah Falih.

Duta Besar Al Busyra Basnur mengatakan bahwa keputusan FISIP Unair memilih Ethiopia sebagai negara Afrika pertama yang dikunjungi sangat tepat, khususnya untuk kepentingan pengembangan Pusat Studi Afrika Unair yang didirikan tahun lalu.

“Selama di Ethiopia, delegasi Unair mengadakan pertemuan antara lain dengan Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan Tinggi, Universitas Addis Ababa, Uni Afrika, para Duta Besar negara sahabat, pimpinan organisasi dan tokoh pemuda seperti Safe Light dan lain-lain,” kata Duta Besar Al Busyra.

Selama di Ethiopia, delegasi Unair menghadiri resepsi diplomatik dalam rangka HUT ke-74 kemerdekaan Indonesia yang diselenggarakan di Taman Indonesia, KBRI Addis Ababa pada 3 Oktober 2019.

Dalam  resepsi yang dihadiri sekitar 500 orang tamu itu, delegasi Unair juga bertemu dengan banyak tokoh penting pemerintah dan non-pemerintah Ethiopia.

You may also read!

Lakukan CSR Peduli COVID-19, 100 Perusahaan Raih Indonesia Top Corporate Social Responsibility Of The Year 2020

SinarHarapan.id - Bencana wabah virus Corona (COVID-19) yang terjadi di Indonesia berdampak pada masyarakat luas. Dampaknya pun telah dirasakan

Read More...

Pelanggan XL HOME Bisa Main Gim di TV Cukup Pakai Smartphone

SinarHarapan.id - Untuk terus memberikan layanan home entertainment yang terbaik dan lengkap bagi pelanggan XL HOME, PT

Read More...

Radityo Brand Manager Kopi Torabika: New Normal Lahirkan Kebiasaan Baru

SinarHarapan.id - Indonesia sedang mempersiapkan untuk memasuki fase New Normal. tahapan New Normal ini mulai 1 Juni

Read More...

Mobile Sliding Menu