Upacara Panggih Pengantin Yogyakarta di Thailand

In Budaya

SinarHarapan.id – Kekhidmatan prosesi adat Pengantin Jawa ala Yogyakarta terasa dalam pementasan upacara Panggih Pengantin yang digelar di Wisma Indonesia, Bangkok, Rabu (9/10).

Upacara perkawinan tradisional tersebut merupakan rangkaian dari acara “Getting to Know Indonesia” yang digelar Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Bangkok.

Prosesi “Upacara Panggih Pengantin Jawa – Yogyakarta”  dipersembahkan oleh HARPI (Himpunan Ahli Rias Pengantin) Melati Yogyakarta.

Tidak kurang 200 undangan dari berbagai kalangan  dan komunitas internasional di Thailand hadir dalam acara tersebut.

Antara lain, anggota International Women’s Club (IWC) Thailand, Thai Red Cross, para istri duta besar negara sahabat dan istri pejabat Thailand, jurnalis dan Friends of Indonesia.

Anita Rusdi, istri Duta Besar RI Bangkok, dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui acara “Getting to Know Indonesia” ini, KBRI Bangkok ingin  memperkenalkan keindahan dan keunikan budaya serta keramahtamahan masyarakat Indonesia.

“Dengan lebih mengenal Indonesia, diharapkan para undangan akan tertarik untuk secara langsung menikmati alam, budaya dan kuliner Indonesia,” kata Anita dalam rilis yang diterima SinarHarapan.id.

Selain prosesi upacara perkawinan tradisional Yogyakarta, acara “Getting to Know Indonesia” juga dimeriahkan dengan  peragaan busana batik dan tenun koleksi pribadi para anggota Ladies International Program (LIP) karya beberapa designer terkenal Indonesia seperti Iwan Tirta, Oscar Lawalata, Deni Wirawan dan Danar Hadi.

Para anggota LIP, di bawah pimpinan Yulianti Indra Setyohadi, tersebut selain memperagakan koleksi pribadinya yaitu batik dan tenun, juga memperkenalkan organisasi LIP dan kegiatan-kegiatannya dalam mempromosikan Indonesia di luar negeri.

Tampil pula Tarian Giring-Giring dari Kalimantan yang dibawakan oleh murid-murid Sekolah Indonesia Bangkok (SIB).

Makanan khas Indonesia  seperti pindang patin, sate, nasi goreng, dan bakso, kue srikaya, serta aneka jajan pasar tersaji untuk para tamu undangan.

Presiden International Women’s Club (IWC) Thailand, Rani Narula, dalam sambutannya menyampaikan penghargaan dan terima kasihnya kepada KBRI Bangkok dan DWP KBRI Bangkok, yang telah beberapa kali menyelenggarakan acara budaya dan “educational visits” ke Bali, Solo, dan Yogyakarta serta Sumatra Barat.

Menurut Natula, acara-acara tersebut membuka mata mereka tentang betapa kaya, beragam, dan sekaligus uniknya budaya Indonesia.

Kegiatan promosi budaya diharapkan menjadi sarana efektif untuk lebih memperkenalkan Indonesia di kalangan masyarakat setempat maupun warga lain yang berada di Bangkok.  Juga menjadi salah satu upaya dalam peningkatan people-to-people contact dalam kerangka soft diplomacy.

(Sumber: KBRI Bangkok)

You may also read!

Nagita Slavina Jual Scraft dengan Design Khas Lima Benua

SinarHarapan.id - Nagita Slavina mulai merambah bisnis fashion, khususnya scraft. Bekerjasama dengan sebuah merk fashion Diario, Nagitamembuat desain scraft yang mencirilan lima benua. "Jadi

Read More...

Bukaka Teken Kontrak Senilai US$7,5 Juta di Bangkok

SinarHarapan.id -  PT Bukaka Teknik Utama yang diwakili oleh Direktur Operasional dan Sumber Daya Manusia (SDM), Saptiastuti Hapsari, menandatangani kontrak

Read More...

Dubes RI Resmikan Indonesia-Ethiopia Business Connect di Jakarta

SinarHarapan.id - Indonesia-Ethiopia Business Connect (IEBC), sebuah wadah komunikasi cepat, konektivitas dan eksekusi kerjasama ekonomi melalui aplikasi sosial media, diluncurkan

Read More...

Mobile Sliding Menu