Capaian Positif BMW Indonesia Sepanjang Tahun 2019

In Otomotif

SinarHarapan.id-BMW Group Indonesia sukses catat pertumbuhan penjualan kendaraan baru sebesar 11pada tahun 2019. Dengan total transaksi 3,675 unit kendaraan BMW dan MINI, terdiri dari 2,943 unit BMW dan 732 unit MINI, termaksud di dalamnya BMW Certified Used Car dan MINI Certified Used Car.

Secara global, BMW Group laporkan rekor penjualan ke-sembilan yang diraih secara berturut-turut pada tahun 2019, dengan total penjualan 2,520,307 unit kendaraan BMW, MINI dan Rolls-Royce telah dikirimkan ke pelanggan di seluruh dunia, naik 1.2% dibandingkan tahun sebelumnya. Brand BMW, Rolls-Royce, dan BMW Motorrad juga berhasil bukukan rekor penjualan tertinggi sepanjang masa pada tahun 2019.

Penjualan kendaraan listrik BMW dan MINI juga meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Pada akhir 2019, terdapat 500,000 kendaraan listrik dari BMW Group digunakan di seluruh dunia. Dengan ini, BMW Group mengukuhkan posisinya sebagai perusahaan mobil premium terkemuka dunia selama 16 tahun berturut-turut.

Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia, sangat antusias tentang keberhasilan tahun lalu dan prospek menarik untuk tahun 2020, “BMW Group Indonesia mengalami pertumbuhan sekali lagi pada tahun 2019. Ini berarti bahwa BMW Indonesia telah memilih strategi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya meskipun ada sejumlah halangan.

Ini termasuk penurunan volume industri otomotif secara keseluruhan, perubahan peraturan, dan ketidakpastian yang disebabkan oleh pemilu. Rangkaian kendaraan BMW, seperti BMW X5 – dan First-Ever BMW X7 telah buktikan kepemimpinan BMW di segmen premium Sports Activity Vehicle (SAV) karena BMW terus penuhi kebutuhan pelanggan di Indonesia dengan rangkaian kendaraan berteknologi inovatif. Terlebih lagi, peluncuran New BMW X3 sDrive20i dan New BMW X1 sDrive18i xLine dengan jelas tunjukkan bahwa BMW mendengarkan apa yang diinginkan pelanggan dari segi harga dan spesifikasi.

Selanjutnya, peluncuran serangkaian model MINI edisi khusus, seperti MINI Ice Blue Edition dan MINI 60th Years Edition, dukung kesuksesan MINI dalam mengembangkan pasar di Indonesia, sebagaimana dirangkum oleh pertumbuhan penjualan sebesar 34,6% dibandingkan tahun 2018”. Keberhasilan BMW Group Indonesia berkorelasi erat dengan rangkaian kendaraan dengan desainmenarik dan teknologi inovatif, serta kekuatan brand premium terkemuka dan strategi efektif untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

“BMW Group Indonesia mengucapkan terima kasih kepada pelanggan kami di Indonesia, seluruh mitra jaringan diler resmi BMW dan MINI yang berkomitmen, dan seluruh individu karyawan berbakat dan profesional di BMW Group Indonesia atas dukungan besarnya. Mereka semua berkontribusi besar pada hasil positif BMW dan MINI. Terlepas dari berbagai tantangan di Indonesia, BMW Group Indonesia memiliki target untuk terus perkuat posisinya di Indonesia dan menjadikan tahun 2020 sebagai tahun yang penuh kesuksesan. BMW Group Indonesia akan perkenalkan lebih banyak rangkaian kendaraan BMW terbaru tahun ini, dan 2020 akan menjadi tahun pertama dimana rangkaian kendaraan yang diluncurkan 2019 dijual secara penuh. Sedangkan untuk rangkaian kendaraan dengan performa tinggi, BMW M8 Gran Coupé, yang tawarkan perpaduan sempurna antara desain sporty dan elegan, akan diperkenalkan kepada konsumen di Indonesia. Untuk para fansnya, MINI akan hadirkan New MINI Clubman bersama dengan edisi khusus MINI lainnya,” tambah Ramesh.

Jaringan diler resmi BMW dan MINI di Indonesia.

Untuk memberikan akses mudah, dan lebih dekat dengan pelanggannya BMW Indonesia akan tingkatkan variasi juga kualitas customer touch point di tahun 2020, serta tambahkan satu lokasi baru dari 18 lokasi yang ada saat ini. Mitra dealer BMW Indonesia telah menunjukkan kepercayaan mereka pada brand BMW, dan terus berinvestasi dalam meningkatkan fasilitas dan memperluas jaringan diler untuk memanfaatkan potensi pertumbuhan di masa depan.

Tahun ini, MINI akan menjangkau fans di Bandung dengan membangun showroom MINI yang menterjemahkan filosofi dan nilai dari brand MINI. MINI Showroom ini akan tampilkan desain yang ekspresif, suasana premium dan fun khas MINI.

BMW membukukan hasil positif.

Penjualan kendaraan baru BMW naik 6% pada 2019 menjadi 2,500 unit (dibandingkan dengan 2,360 tahun sebelumnya). Permintaan yang kuat untuk rangkaian kendaraan BMW Sports Activity Vehicle berkontribusi terhadap pertumbuhan volume penjualan ini. BMW X3 terbaru mencatat pertumbuhan tertinggi dari semua model dengan peningkatan 119%, dengan penjualan 265 unit, diikuti oleh BMW X5 terbaru yang terus perkuat posisinya dengan pertumbuhan hingga 114%, dengan total penjualan 327 unit. Tiga model terlaris BMW pada 2019 adalah BMW X1 dengan kontribusi 26% dari total penjualan, diikuti oleh BMW Seri 3 (24%) dan BMW Seri 5 (17%).

Dari sub-brand BMW i, BMW i3 mencatatkan tahun 2019 sebagai titik penting dalam perkembangan kendaraan listrik di Indonesia. Peluncuran BMW i3 yang dioperasikan dengan baterai listrik di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019 tandai babak baru bagi BMW Indonesia. “BMW Indonesia adalah satu-satunya merek yang secara konsisten dan efektif berkomunikasi tentang kendaraan listrik sejak 2014 dan terus menjadi pelopor dalam bidang ini.

Terdapat kampanye komunikasi yang terdokumentasi di media cetak dan elektronik tentang tahap bagaimana BMW i diperkenalkan di Indonesia dan, sampai sekarang, BMW Indonesia masih dianggap sebagai pelopor dalam perkembangan teknologi kendaraan listrik di Indonesia. Terlebih lagi, BMW adalah satu-satunya brand premium di Indonesia yang secara resmi menjual kendaraan listrik sepenuhnya – lengkap dengan infrastruktur pendukung,” tambah Ramesh.

MINI mencetak rekor baru pada tahun 2019.

Penjualan MINI melonjak ke rekor 700 unit pada 2019 (lompatan 34.6% dari angka tahun sebelumnya 520). Penjualan MINI Countryman meningkat tajam dengan pengiriman 273 unit (naik 46.8% dari 186 unit tahun sebelumnya), sementara penjualan MINI 3-Door juga naik menjadi 260 unit (naik 32% dari angka tahun sebelumnya 197).

“Tahun ini akan menjadi tahun yang menantang namun sangat menarik bagi BMW dan MINI. Dengan jajaran model inovatif dan rencana strategis yang baik untuk menangkan segmen pasar target baru, BMW Group Indonesia yakin akan hadapi tantangan tahun ini dan mencapai pertumbuhan yang kuat di Indonesia. Indonesia memiliki basis konsumsi domestik yang besar dan kelas menengah ke atas yang terus tumbuh, dan BMW Group Indonesia percaya akan terus tumbuh secara substansial. Dengan peningkatan tersebut dan tumbuhnya brand awareness BMW dan MINI di Indonesia, BMW Group Indonesia yakin dapat terus tumbuh dan memenuhi kebutuhan pelanggan di Indonesia yang terus berkembang,” kata Ramesh dalam kesimpulan.

You may also read!

Sakatonik ABC Ajak Anak Indonesia Lakukan #GerakanTanganABC

SinarHarapan.id-Menjalani masa transisi new normal saat ini bagi anak-anak Indonesia bukanlah hal yang mudah. Apalagi data resmi IDAI pada anak 0-17

Read More...

Bosch Percaya Konektivitas Adalah Masa Depan Pabrik

SinarHarapan.id-Krisis memperlihatkan kelemahan. Pandemi virus korona menunjukkan pentingnya manufaktur dan logistik yang terhubung. Internet of Things (IoT) membantu pelaku

Read More...

Chilibeli Gelar Chil1vesary dan Berikan Puluhan Hadiah

SinarHarapan.id-Tepat setahun yang lalu pada bulan Juli, Chilibeli, startup aplikasi perniagaan sosial cerdas terbaru dengan visi untuk menghadirkan bahan

Read More...

Mobile Sliding Menu