Hingga Akhir 2019, PT SMI Berikan Komitmen Pinjaman Daerah Rp4,6 Triliun

In Ekonomi

SinarHarapan.id – Sejalan dengan agenda prioritas (Nawacita) Presiden Republik Indonesia, Menteri
Keuangan memberikan penugasan kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (PT SMI) untuk menyediakan pembiayaan bagi pembangunan infrastruktur daerah melalui Pinjaman Daerah.

Pemberian Pinjaman Daerah tersebut bertujuan untuk mendukung Pemerintah Daerah terkait percepatan penyediaan dan peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat, pencapaian target program pembangunan daerah, serta pertumbuhan ekonomi daerah.

Selain itu, Pinjaman Daerah juga menjadi alternatif pembiayaan bagi daerah selain APBD atau transfer dari Pemerintah Pusat.

PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (“PT SMI”) telah menyalurkan pinjaman untuk pembangunan infrastruktur kepada Pemerintah Daerah sejak akhir tahun 2015.

Hingga akhir 2019, total komitmen Pinjaman Daerah yang dibuat PT SMI mencapai Rp4,6 triliun dengan 24 Pemerintah Daerah yang menciptakan:

1. Pembangunan RSUD dengan total kapasitas 219 tempat tidur;
2. Peningkatan Jalan sepanjang 523 Kilometer;
3. Pembangunan Jembatan sepanjang 983 meter;

Dalam kurun waktu tersebut hingga akhir 2019, PT SMI telah mengeluarkan 73 Surat Penawaran Pinjaman (offering letter) kepada 54 Pemda senilai kurang lebih Rp12 triliun. Tapi dari jumlah tersebut baru 24 pemda yang menyambut baik tawaran PT SMI mencapai Rp4,6 triliun.

Rendahnya minat pemda atas tawaran PT SMI tersebut diduga akibat masih kurangnya pemahaman para kepala daerah tentang manfaat yang ditawarkan PT SMI dan ‘ketakutan’ pemda untuk berhutang.

PT SMI telah menerapkan tata kelola yang baik (good governance) dalam penyaluran Pinjaman Daerah.

Pada saat inisiasi pinjaman, PT SMI melakukan verifikasi terhadap dokumen perencanaan yang disampaikan.

Perjanjian Pembiayaan antara PT SMI dengan Pemerintah Daerah telah mengakomodir ketentuan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, regulasi perencanaan dan/atau konstruksi dari Kementerian terkait, kualifikasi calon konsultan/kontraktor, serta mitigasi risiko atas dampak sosial dan/atau dampak lingkungan calon lokasi proyek infrastruktur.

Selanjutnya, PT SMI juga melakukan monitoring atas progres pelaksanaan proyek/konstruksi dan ketersediaan anggaran pada APBD setiap tahunnya atas pemenuhan kewajiban pinjaman.

Upaya akselerasi penyaluran Pinjaman Daerah juga terus dilakukan, terutama melalui sinergi dengan stakeholder terkait.

Pada 28 Desember 2017, telah dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Percepatan Pinjaman Daerah untuk Pembangunan Infrastruktur di Daerah antara Kemenko Perekonomian, Kemendagri dan Kemenkeu (DJPPR, DJPK), dan PT SMI (SOP Links) yang berisi sinkronisasi alur, pedoman dan norma waktu proses Pinjaman Daerah.

PT SMI juga secara aktif melakukan sosialisasi dan capacity building kepada Pemerintah Daerah untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian terkait Pinjaman Daerah.

Ke depannya, inovasi pembiayaan infrastruktur melalui pinjaman daerah diharapkan dapat menjadi salah satu instrumen percepatan pembangunan selain APBN dalam penyediaan dan peningkatan sarana layanan publik.

Dalam rangka mendukung pembangunan infrastruktur daerah, PT SMI juga mendukung Pemerintah Daerah dalam penyaluran fasilitas Project Development Facility (PDF).

Fasilitas ini diberikan berupa studi kelayakan, detail engineering design, dan/atau kajian lingkungan.

You may also read!

Pohon Beringin Besar di Kawasan Monas Tumbang

SinarHarapan.id - Petugas dari Pemprov DKI Jakarta membersihkan pohon beringin besar yang tumbang di kawasan Monas jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, 

Read More...

Diskusi PKS: ‘Omnibus Law RUU Tentang Cipta Kerja Untuk Siapa?’

SinarHarapan.id -  Pengamat Hukum, Said Salahuddin, Pengamat Politik, Rocky Gerung, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Ansory Siregar, dan Pengamat

Read More...

Gedung DPR Kebakaran, Banyak Karyawan Terjebak Kepulan Asap

SinarHarapan.id - Karyawan berjalan keluar ruangan saat terjadi kepulan asap putih di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin

Read More...

Mobile Sliding Menu