Parlemen Thailand Dukung Penguatan Kerja Sama Ekonomi dengan Indonesia

In Internasional

SinarHarapan.id –  Dukungan Parlemen Thailand terhadap industri strategis Indonesia khususnya keberlanjutan penjualan pesawat PT Dirgantara Indonesia (PT DI) sangat diperlukan.

Hal ini disampaikan oleh Duta Besar RI Bangkok Ahmad Rusdi ketika melakukan kunjungan kehormatan kepada Chuan Leekpai, Ketua Parlemen Thailand di Bangkok pada 20 Januari 2020.

Dalam pertemuan yang terjalin dengan penuh keakraban ini, Dubes RI didampingi oleh Koordinator Fungsi Ekonomi, Sekretaris I Ekonomi dan Sekretaris III Politik.

Dubes Rusdi lebih lanjut menyampaikan harapan agar Thailand terus membeli produk Indonesia utamanya hasil industri strategis guna mendukung perluasan bisnis mereka di Thailand. Thailand telah membeli 10 pesawat buatan PT DI dengan delivery terakhir 2 pesawat pada November 2019.

Pada akhir Januari 2020, akan dimulai delivery 33 garbarata dalam satu tahun dan pemeliharaan untuk bandara Don Muang, Bangkok.

Menurut Dubes Rusdi, hubungan bilateral yang solid dan kuat yang terjalin sejak tahun 1950 menjadi landasan untuk peningkatan kerja sama khususnya di bidang ekonomi, perdagangan dan investasi kedua negara.

Ketua Parlemen Thailand menyambut positif permintaan dukungan tersebut dan menggarisbawahi kerja sama erat kedua negara.

Hubungan Indonesia dan Thailand dalam mekanisme kerja sama di Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) diharapkan juga dapat terus ditingkatkan.

Ketua Parlemen Chuan Leekpai secara khusus juga menyinggung kekagumannya akan batik Jawa yang dinilai sebagai batik terbaik di dunia.

Ketua Parlemen juga memberikan dukungan kepada Pemerintah Indonesia terkait rencana pemindahan Ibu Kota Indonesia ke Kalimantan Timur.

Keputusan ini dinilai sangat tepat karena Jakarta memiliki kondisi yang sama seperti Bangkok dalam menghadapi isu lingkungan dan perlu untuk diatasi segera.

Menutup pertemuan, baik Dubes Rusdi maupun Ketua Parlemen sepakat bahwa peningkatan kerja sama bilateral kedua negara di segala bidang sangat diperlukan demi tercapainya tujuan bersama.

Tahun 2020 menjadi momentum yang sangat tepat dalam hubungan diplomatik kedua negara mengingat tahun ini menandai 70 tahun hubungan bilateral Indonesia-Thailand.

Serangkaian kegiatan baik di bidang ekonomi, perdagangan, investasi, pariwisata dan budaya akan digelar sepanjang tahun 2020 dan dukungan Parlemen Thailand serta seluruh stakeholders tekait lainnya akan memastikan kelancaran dan kesuksesan perayaan tersebut.

Kegiatan yang dilaksanakan tidak lepas dari upaya untuk mewujudkan impian bersama dalam meningkatkan persaudaraan, kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat kedua negara.

(Sumber KBRI Bangkok).

 

 

You may also read!

Pohon Beringin Besar di Kawasan Monas Tumbang

SinarHarapan.id - Petugas dari Pemprov DKI Jakarta membersihkan pohon beringin besar yang tumbang di kawasan Monas jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, 

Read More...

Diskusi PKS: ‘Omnibus Law RUU Tentang Cipta Kerja Untuk Siapa?’

SinarHarapan.id -  Pengamat Hukum, Said Salahuddin, Pengamat Politik, Rocky Gerung, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Ansory Siregar, dan Pengamat

Read More...

Gedung DPR Kebakaran, Banyak Karyawan Terjebak Kepulan Asap

SinarHarapan.id - Karyawan berjalan keluar ruangan saat terjadi kepulan asap putih di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin

Read More...

Mobile Sliding Menu