Daya Tampung 24.000 Orang, Presiden Cek Kesiapan Wisma Atlet Hadapi Covid-19

In Sosial

SinarHarapan.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecek kesiapan Wisma Atlet, Kemayoran, Provinsi DKI Jakarta, Senin (23/3), yang rencana akan digunakan untuk persiapan penanganan Virus Korona (Covid-19).

”Perlu saya sampaikan bahwa Wisma Atlet ini memiliki kapasitas 24.000 orang. Yang saat ini yang telah disiapkan adalah untuk 3.000 pasien dengan wilayah ruang yang telah ditata dengan sebuah manajemen yang baik, baik itu untuk pasien, untuk dokter, untuk paramedis, semuanya ditempatkan dengan manajemen ruang yang berbeda,” tutur Presiden Jokowi saat menyampaikan keterangannya.

Lebih lanjut, Presiden juga melihat sarana prasarana telah siap, baik untuk ruang penanganan pasien, baik ventilator, semuanya sudah siap, termasuk alat pelindung diri (APD) juga siap.

”Sehingga kita harapkan nanti sore rumah sakit darurat untuk Korona ini telah bisa dipakai, tetapi saya berharap Rumah Sakit Darurat Korona ini tidak digunakan,” kata Presiden.

Menurut Presiden, rumah sakit yang ada yang telah disiapkan jauh hari sebelumnya telah bisa melaksanakan penanganan Virus Korona ini. Ia menambahkan bahwa memang masih banyak keluhan mengenai yang berkaitan dengan kelangkaan APD.

“Perlu saya sampaikan bahwa sekarang ini 180 negara kurang lebih, semuanya berebutan untuk mendapatkan baik itu APD, baik itu masker, baik itu sanitizer, semuanya, semua negara. Dan kita alhamdulillah pada Hari Sabtu kemarin kita telah siap lagi 105 ribu APD, yang ini pada hari ini akan didistribusikan ke seluruh rumah sakit yang ada di tanah air,” tuturnya.

Sebanyak 44.000 unit, menurut Presiden, akan didistribusikan di DKI, di Bogor, dan di Provinsi Banten. Kemudian 40.000 unit akan didistribusikan untuk Jabar, Jateng, Jatim, DIY, Bali.

”Dan 10.000 akan didistribusikan ke seluruh provinsi yang ada di luar Jawa serta 10.000 sebagai cadangan,” katanya. (HIM/UN/EN/Setkab)

You may also read!

Puluhan Anggota Toyota Sienta Community Indonesia ( TOSCA ) Donor Darah untuk PMI

SinarHarapan.id-Jumlah donor mandiri yang datang ke PMI untuk menyumbangkan darahnya berkurang sejak diberlakukannya jarak sosial (social distancing) untuk mencegah

Read More...

BMW M5 Special Edition Hadir di Indonesia Dalam Jumlah Terbatas

SinarHarapan.id-BMW Indonesia dan BMW Eurokars luncurkan BMW M5 Edition 35 Years secara virtual menggunakan aplikasi video conference dan akan

Read More...

19 Tempo Scan Group Peduli, Donasikan Rp. 10 M Kepada BNPB

SinarHarapan.id-Tempo Scan Group (“TSG”) telah merealisasikan penyerahan bantuan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (“BNPB”) sejumlah Rp 10.000.000.000 (sepuluh miliar

Read More...

Mobile Sliding Menu