Atasi Covid-19, Jawa Barat Siapkan Rp 16 Triliun

In Sosial

SinarHarapan.id – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyiapkan anggaran sebesar Rp16 triliun untuk memerangi pandemi Covid-19 di Jawa Barat. Hal ini seperti disampaikan kepada Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Gubernur Jabar memfokuskan anggaran untuk bantuan sosial dan realisasi proyek padat karya usai pandemi Covid-19 berakhir.

Jumlah tersebut terdiri dari Rp 3,2 triliun anggaran tunai dan pangan yang akan dibagikan kepada masyarakat terdampak, serta Rp 13 triliun untuk proyek-proyek padat karya.

“Total anggaran dari Jawa Barat untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19 ini Rp 16 triliun,” ujar Ridwan saat melakukan telekonferensi dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Jumat (3/4/2020).

“Terdiri dari Rp 3,2 triliun anggaran tunai dan pangan yang akan dibagikan secepatnya minggu depan jika lancar dan Rp 13 triliun untuk proyek-proyek padat karya,” kata Kang Emil.

Ridwan Kamil memastikan bahwa total anggaran Rp16 triliun tersebut telah disepakati dengan DPRD Provinsi Jawa Barat.

“Jadi total dari Jawa Barat, saya melaporkan Rp16 triliun sudah disepakati dengan DPRD. Saya berhentikan proyek-proyek, perjalanan dinas, gaji gubernur juga dipotong, kemudian tunjangan ASN, kita juga akan minta sumbangan dan ada pemotongan,” paparnya.

Terkait anggaran untuk bantuan sosial langsung kepada masyarakat miskin yang terdampak pandemi Covid-19, Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa 25% masyarakat terbawah akan ditanggung oleh Pemerintah Pusat melalui program Kartu Sembako dan Kartu PKH, sedangkan Pemprov Jawa Barat akan menanggung sisanya hingga maksimal 40 persen.

You may also read!

Genap 30 Tahun, HDCI Donasikan Bantuan Covid-19 kepada Pemprov DKI Jakarta

SinarHarapan.id-Pandemi Corona yang telah menghingapi tanah air sejak bulan Maret 2020 lalu terus menjadi perhatian berbagai pihak untuk bersama-sama

Read More...

Pro kontra “New Normal” Dari Aspek Pemuda dan Pergerakan Menghadapi Momentum Hari Lahir Pancasila

SinarHarapan.id - Hingga saat ini skenario “New normal” atau bisa dikatakan sebagai pola hidup baru sebagai bentuk adaptasi

Read More...

Penjualan Suzuki Naik di Tengah Pandemi Corona

SinarHarapan.id-Di tengah lesunya pasar otomotif akibat pandemi Covid-19, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) berhasil mencatatkan peningkatan penjualan Suzuki APV.

Read More...

Mobile Sliding Menu