“Black Box” Sriwijaya Air SJ182 Ditemukan, Diserahkan ke KNKT

In Megapolitan

SinarHarapan.id – Tim SAR Gabungan berhasil menemukan black box atau kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di Kepulauan Seribu, Jakarta Utara. Black box ini berisi data penerbangan yang sangat penting untuk mengungkap penyebab jatuhnya pesawat tersebut.

Kotak hitam atau black box ditemukan di antara Pulau Laki dan Lancang, Kepulauan Seribu, Jakarta. Kotak hitam ini kemudian dibawa oleh kapal sea rider milik Kopaskal menuju KRI Rigel. Kemudian dari KRI Rigel diserahkan ke Posko JICT, Tanjung Priok.

Penyerahan black box dari Basarnas kepada pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) disaksikan langsung olehMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat konferensi pers di Jakarta International Container Terminal (JICT) 2 Tanjung Priok.

Black box atau kotak hitam adalah istilah umum yang digunakan dalam industri penerbangan untuk merekam data selama pesawat diterbangkan. Black box sendiri tidak berwarna hitam namun oranye agar mudah teridentifikasi dalam operasi pencarian.

Black box terdiri dari dua kombinasi perangkat yaitu CVR (Cockpit Voice Recorder) atau percakapan dalam kokpit pesawat dan FDR (Flight Data Recorder) atau rekaman data penerbangan.

Dengan penemuan black box Sriwijaya Air SJ 182 ini diharapkan penyebab kecelakaan pesawat nahas tersebut segara terungkap.

You may also read!

Daihatsu Raih Ranking 2 Penjualan Ritel Selama 12 Tahun Berturut

Sinarharapan.id-Mengawali awal tahun 2021, Daihatsu merilis hasil penjualan sepanjang 2020 dengan capaian positif. Capaian ini menjadi catatan penting bagi

Read More...

Yusril: Putusan Bawaslu Lampung dan KPU Bandar Lampung Sudah Berkekuatan Hukum

SinarHarapan.id - Menyikapi hasil putusan Majelis Pemeriksa Bawaslu Provinsi Lampung, oleh KPU Kota Lampung, maka pembatalan Pasangan Calon Nomor Urut

Read More...

Pramugari Korban Pesawat Sriwijaya Air 182 Dimakamkan

SinarHarapan.id - Keluarga dari almarhum  Isti Yudha Prastika, korban Sriwijaya Air saat dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Pondok Petir,

Read More...

Mobile Sliding Menu