13 August 2022

Marco Noto La Diega, PT Piaggio Indonesia meluncurkan Aprilia SR-GT 200 di Jakarta.(Sumber: Istimewa)

SinarHarapan.id-Aprilia SR-GT akhirnya resmi memasuki pasar Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pelanggan atas kendaraan roda dua yang memberikan performa lebih, berkemampuan unggul, nyaman, dan lincah dikendarai, namun tetap memberi tampil stylish sekaligus sporty di jalanan.

Skuter premium sporty ini didesain untuk menghadirkan rangkaian teknologi terdepan yang memberikan keseruan dan kenyamanan dalam berkendara di berbagai medan jalan, mulai dari permukaan aspal, beton, jalan berbatu, hingga jalur tanah.

Keunggulan tersebut merupakan buah dari desain yang terinspirasi oleh Enduro World.

Secara garis besar, lanjut Marco Noto La Diega, PT Piaggio Indonesia membawa empat brand luar biasa dari Piaggio Group, yang mana masing-masing mewakili karakternya.(16/7/2022)

Aprilia RS dan Aprilia Tuono di Indonesia, Aprilia telah menjadi game changer di segmen motor sport kelas menengah.

PT Piaggio Indonesia akhirnya mengkonfirmasi awal dari tren baru skuter premium sporty di Indonesia, dengan menghadirkan Aprilia SR-GT 200.

“Aprilia SR-GT 200 sebagai produk terbaru dan paling luar biasa dari keluarga Aprilia yang tetap setia pada esensi brand Aprilia yaitu ‘designed for racers, built for riders’, namun tetap relevan untuk berkendara sehari-hari, sehingga dapat menjawab kebutuhan akan skuter matik premium yang unique, stylish, serta sporty,” tegas Marco.

Stang lebar berdesain terbuka pada Aprilia SR-GT menawarkan kontrol tertinggi, yang didukung oleh suspensi perjalanan panjang dan ground clearance yang ditingkatkan untuk memastikan segala rintangan dengan mudah diatasi saat berkendara di jalanan kota.

Begitupun pada ban, dengan penampang melintang yang luas dan desain tapak “tangguh”, memungkinkan pengendara untuk bertualang di berbagai permukaan jalan, mulai dari aspal hingga bebatuan dan jalan tanah.

Semua ini dipadukan dengan desain sporty khas Aprilia, mesin i-get terbaru lengkap dengan sistem Start & Stop untuk kinerja premium, serta kelengkapan berkendara yang mumpuni mencakup lampu LED penuh, dan instrumentasi LCD.

Dari samping, Aprilia SR-GT terlihat langsing dan ramping, dengan overhang yang dikurangi dan garis-garis dinamis tegas yang menekankan karakter sporty-nya. Selain untuk menampung tangki, kolom tengah juga berfungsi untuk menghubungkan bagian depan dan belakang, memberikan SR-GT tampilan sepeda motor yang gesit.

Selain itu, dengan fokus menghadirkan pengalaman berkendara yang menyenangkan, jok pengendara Aprilia SR-GT sedikit ditarik mundur, sehingga memberikan kesan ‘active and ready” dibandingkan skuter pada umumnya.

Berlanjut pada bagian depan yang menonjol adalah klaster tiga lampu full LED, yang merupakan ciri khas dari motor-motor sport dari brand Aprilia, serta fairing ganda yang muncul di sisi pelindung.

Ada pula penambahan kaca penahan angin dan stang lebar terbuka yang berkontribusi pada kemampuan kontrol total, terutama saat bermanuver dengan kecepatan rendah di lalu lintas kota.

Dengan sasisnya yang canggih, bobotnya hanya 148-kilogram saat tangki penuh serta pelek alloy ringan -berukuran 14 inci di depan dan 13 inci di belakang- dengan ban penampang lebar (110/ 80 dan 130/70), Aprilia SR-GT menawarkan lebih dari kelincahan dan kendali yang sangat baik saat berlalu lintas, tetapi juga stabil pada kecepatan yang lebih secara berkelanjutan.

Sistem pengereman menggunakan cakram depan petal 260 mm, yang terasa lebih ringan dan lebih mampu membuang panas, sehingga menjadikan performa lebih baik. Sementara bagian belakang dilengkapi cakram 220 mm (berbentuk kelopak untuk versi Sport).

Aprilia SR-GT juga tampil menonjol dengan ground clearance minimal 175 mm, pencapaian nilai yang belum pernah ada sebelumnya untuk segmen skuter premium. Hal ini memungkinkan pengendara dengan mudah mengatasi setiap gundukan di jalan dan turunan apapun.

Berada dalam keluarga besar mesin i-get, dengan injeksi elektronik, empat katup dan pendingin cair, ini adalah produk terdepan dari pusat litbang Piaggio Group untuk mesin skuter.

Bersama dengan silinder tunggal 174cc i-get, Aprilia SR-GT 200 menawarkan 13 Tenaga kW pada 8.500 rpm dan torsi 16,5 Nm pada 7000 rpm.

Sementara itu, semua model di jajaran Aprilia SR-GT dilengkapi dengan sistem Start & Stop yang dikenal dengan RISS (Regulator Inverter Start & Stop System). Sistem ini menghilangkan starter tradisional, yang diganti dengan perangkat listrik tanpa sikat yang dipasang langsung di poros engkol.  Ini juga secara otomatis mematikan mesin 1 sampai 5 detik setelah skuter berhenti (tergantung pada apakah mesin telah mencapai suhu operasi yang benar atau tidak).

Aprilia SR-GT tersedia dalam tiga warna, Aprilia Black, Street Grey, dan Infinity Blue, masing-masing dipasangkan dengan foot peg, side, dan pegangan tangan penumpang berwarna abu-abu keperakan. Roda dan sadelnya tampil dalam balutan warna hitam dengan jahitan abu-abu.

Sementara untuk versi Sport, hadir lebih dekat dengan corak khas motor sport Aprilia SR-GT ditawarkan dalam skema warna matte Street Gold, Iridium Grey dan Red Raceway.(Iwan)