15 August 2022

BMW Indonesia dan BMW Eurokars hadirkan mobil di segmen Sports Activity Vehicle (SAV) dan Sports Activity Coupé (SAC) ukuran menengah: New BMW X3 M dan BMW X4 M.(Sumber:BMW Group)

SinarHarapan.id-BMW Indonesia dan BMW Eurokars hadirkan penyegaran model untuk kendaraan performa tinggi di segmen Sports Activity Vehicle (SAV) dan Sports Activity Coupé (SAC) ukuran menengah: New BMW X3 M dan BMW X4 M. Kedua kendaraan ini sejak diluncurkan pada tahun 2020 telah tetapkan tolak ukur untuk kedinamisan berkendara, kelincahan, dan presisi di kelasnya masing-masing.

Untuk versi terbarunya, varian yang hadir tetap pasangan varian Competition: BMW X3 Competition dan BMW X4 M Competition – yang pastinya penuhi imajinasi para pelanggan dengan performa mesin luar biasa dan fitur yang melimpah. Peluncuran kedua kendaraan ini dilakukan di BMW Eurokars yang telah menjadi BMW M-Town dan penuh dengan desain untuk sambut 50 Years of BMW M.

“Untuk ketiga kalinya secara berturut-turut, BMW M GmbH pada tahun 2021 keluar sebagai pemimpin pasar global di segmen kendaraan performa tinggi. BMW M  bukukan rekor penjualan tertinggi pada tahun 2021. Sebanyak 163.542 kendaraan BMW M dikirim ke pelanggan di seluruh dunia tahun lalu, meningkat 13 persen dibandingkan tahun 2020. Pertumbuhan ini terbagi rata di antara BMW M dan BMW M Performance.

Di Indonesia, BMW M juga raih peningkatan penjualan yang sangat luar biasa. Pada tahun 2021, total penjualan BMW M mengalami peningkatan lebih dari dua kali lipat hingga 150% dibandingkan tahun sebelumnya.

Keberhasilan ini adalah awal yang sempurna untuk perayaan 50 tahun BMW M yang jatuh pada tahun ini, dimana BMW M rayakan lima dekade sejarah yang ikonik dengan komunitas yang hebat. Kami mendedikasikan perayaan ini tidak hanya untuk rayakan kesuksesan dan pencapaian BMW M, tetapi di atas semua itu untuk adalah untuk para penggemar BMW M yang antusias, pengguna, dan semua komunitas BMW M. Hari ini BMW Indonesia mengawali perayaan 50 tahun BMW M dengan menghadirkan dua kendaraan terbarunya, New BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition,” jelas Jodie O’tania, Director of Communications, BMW Group Indonesia dalam acara peluncuran The Rebels.(7/7/2022)

Sivakumar Krishnan, General Manager BMW Eurokars, juga tunjukkan antusiasmenya, “BMW Eurokars sangat senang dapat kembali menghadirkan kendaraan performa tinggi BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition. Penyegaran yang hadir luar biasa tetapkan tolak ukur untuk keunggulan dinamis, kelincahan, serta desain yang ekspresif di kelas masing-masing. Kedua kendaraan ini hadir dengan penambahan torsi hingga 650 Nm dan untuk capai 0 ke 100 km/jam kini dapat diraih hanya dalam 3,7detik – menjadikan kedua kendaraan ini masuk di segmen sports car dibawah 4 detik.

BMW Eurokars, sebagai satu-satunya diler resmi BMW M di Indonesia, terus hadirkan inovasi untuk kenyamanan para pelanggan kami. Selama pandemi, kami berinovasi dan hadirkan mobile application BMW Eurokars yang dapat dengan mudah diunduh para pelanggan kami untuk mengetahui model BMW M terbaru, mengatur sesi test drive, ataupun untuk layanan purna jual”.

Mesin putaran tinggi dengan keunggulan di sirkuit.

Mesin 6 silinder in-line di BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition kini dilengkapi dengan crankshaft ringan yang ditempa dari model BMW M3 dan M4. Desainnya yang sangat tahan torsi memungkinkan transmisi torsi yang sangat tinggi, sementara bobotnya yang rendah dan massa putar yang berkurang juga menguntungkan tenaga putaran mesin. Sistem pendingin mesin 6 silinder in-line yang telah terbukti, dirancang untuk menghasilkan tingkat output yang sangat tinggi dan mencakup dua radiator yang diposisikan secara lateral selain radiator tengah. Ada juga pendingin oli mesin tambahan dan pendingin oli transmisi terpisah. Keahlian balap BMW M GmbH juga terlihat dalam desain sistem pasokan oli, yang diarahkan untuk pengoperasian trek balap yang dinamis. Wadah oli engine yang dioptimalkan untuk bobot memiliki dua ruang terpisah dan saluran serap terintegrasi. Tahap serap tambahan memungkinkan pompa oli yang dikendalikan peta untuk mengalirkan pelumas dari wadah oli yang lebih kecil, yang berfungsi sebagai penyangga volume. Dengan cara ini, pasokan oli yang andal dijamin setiap saat, bahkan selama akselerasi longitudinal dan lateral yang ekstrem.

BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition catatkan output sebesar 510 hp. Mesin enam silinder in-line yang baru tingkatkan torsi puncak BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition yang semula 600Nm menjadi 650 Nm.Kedua model Competition ini dapat melesat dari 0-100 km/jam lebih cepat lagi menjadi hanya 3,7 detik dari 4 detik di model sebelumnya. Dengan ini kemampuan mesin BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition telah setara dengan sports car.

Kecepatan puncak kedua model adalah 250 km/jam yang diatur secara elektronik.

Ketersediaan dan Harga.

BMW X3 M Competition akan ditawarkan dengan harga Rp. 2.117.000.000,- off-the-road dan BMW X4 M Competition akan ditawarkan dengan harga 2.167.000.000,- off-the-road. Kedua kendaraan ini hadir dengan jumlah terbatas dan akan tersedia di BMW Eurokars mulai hari ini.

Kendaraan ini hadir dengan BMW Service Inclusive, sebuah program yang membebaskan semua biaya perawatan kendaraan untuk pelanggan selama 5 tahun atau 60.000 km, mana saja yang lebih dulu, dan juga mencakup garansi 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh. Ban kendaraan ini juga dilindungi oleh BMW Group Tire Coverage selama 2 tahun, yang mencakup 100% biaya penggantian hingga 4 ban per tahun. Ini termasuk biaya ban dan tenaga kerja, selain mencakup kerusakan yang disebabkan oleh tusukan, penggembungan, ban pecah dan ban robek, serta kerusakan yang diakibatkan oleh kendaraan yang terus melaju dengan ban kempes. Setiap ban yang rusak akan diganti dengan yang asli, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.(Iwan)