13 August 2022

Wendy Clark dan Fred Levron di Cannes Lions, The International Festival of Creativity, 20 Juni 2022

SinarHarapan.id – dentsu International menciptakan jaringan kreatif global teranyar dengan menyatukan agensi kreatif dan memperluas kemampuan Entertainment, Earned Attention and Experience. Nama jaringan ini adalah Dentsu Creative.

Peluncuran Dentsu Creative ini merupakan bagian dari strategi yang lebih luas untuk menyederhanakan keterlibatan klien dan menyuntikkan kreativitas dalam segala hal yang dilakukan dentsu International.

Dentsu Creative siap membantu para brand dan bisnis bertransformasi melalui lensa kreativitas modern, yang berupaya menyampaikan ide-ide yang menciptakan budaya, mengubah masyarakat, dan menciptakan masa depan.  

Dipimpin oleh Fred Levron, yang bergabung dengan dentsu International sebagai Chief Creative Officer pada November 2021, , Dentsu Creative akan terdiri dari 9.000 pakar kreatif di 46 pasar yang terhubung dengan 37.000 pakar media dan CXM di seluruh Dentsu International dan berkolaborasi erat dengan tim kreatif dentsu di Jepang.

“Jika Anda memiliki kesempatan untuk membangun jaringan kreatif global baru yang dirancang untuk dunia modern, seperti apa bentuknya? Itulah yang kami jawab dengan peluncuran Dentsu Creative,” kata Fred Levron, Chief Creative Officer, Dentsu International.

“Klien, talenta, dan industri pada umumnya mendambakan perubahan: dalam cara kami membangun brand, berkolaborasi, dan dalam peran yang kami berikan pada kreativitas. Jika para pemain di industri saat ini telah menetapkan aturan abad sebelumnya, kami memiliki ambisi untuk menetapkan aturan untuk beberapa dekade mendatang,” katanya.

Sementara itu, Wendy Clark, CEO Global, Dentsu International mengatakan,“Di dentsu, kami membangun jaringan agensi modern yang didorong oleh kreativitas horizontal – kreativitas yang dirancang untuk menyatukan internali, kemampuan mereka, dan penyampaian kami kepada klien.”

“Kami beruntung dapat mengambil dari warisan Jepang yang telah dimiliki, berfokus pada kerajinan, inovasi, dan kreativitas. Warisan ini menginspirasi visi kami untuk kreativitas modern yang lahir di Jepang dan dibesarkan di dunia yang serba terhubung,” katanya.

Dentsu Creative menawarkan proposisi kreatif modern yang disederhanakan yang menjawab kebutuhan klien, serta mendobrak silo agensi dan inefisiensi juga menghubungkan bakat kami secara mulus di sekitar peluang klien yang tepat.”

Di Indonesia, Dentsu Creative akan dipimpin oleh Wisnu Satya Putra, Creative CEO di dentsu International Indonesia. Agensi kreatif terkait, termasuk dentsu mcgarrybowen, dentsu MainAd dan Isobar, akan memulai proses integrasi dan transisi ke Dentsu Creative pada 1 Januari 2023.

Wisnu Satya Putra, CEO, Creative, dentsu Indonesia

Sehubungan dengan DwiSapta, bisnis DwiSapta memiliki warisan dan reputasi yang sangat kuat di Indonesia, khususnya dengan klien lokal. Karena itu, merek DwiSapta akan tetap dipertahankan.

Dentsu Creative Business dan DwiSapta akan terus berkolaborasi, berbagi ide dan bekerja sama seperti biasa dalam semangat gotong royong.

Wisnu Satya Putra, CEO, Creative, dentsu Indonesia mengatakan, “Integrasi ini terbentuk demi memberikan servis terbaik kepada klien, serta membuat pola kerja yang lebih efisien di kemudian hari.”

“Saat ini, Dentsu Creative merupakan jaringan yang paling terintegrasi di Indonesia. Terlebih kreativitas modern menjadi visi bersama dalam cara kami bekerja, juga membuka peluang untuk kreativitas dan pertumbuhan tidak terbatas,” ujarnya.

Baru-baru ini, pada bulan April 2022, dentsu International Indonesia telah meningkatkan kepemimpinan kreatifnya dengan mengangkat Andreas, Chief Creative Officer.

Andreas, yang melapor kepada Fred Levron, menghadiri Festival Kreativitas Internasional Cannes Lions 2022 di selatan Prancis untuk mengamati peluncuran Dentsu Creative.

Andreas, Chief Creative Officer, dentsu Indonesia

Andreas, Chief Creative Officer, dentsu Indonesia mengatakan, “Ini adalah momen yang sangat menyenangkan bagi para insan kreatif kami di dentsu Indonesia, wadah bagi mereka untuk menampilkan bakat unik, keaslian, dan kreativitas yang kini bahkan lebih besar dari sebelumnya. Saatnya untuk berinovasi di masa depan.”

Dentsu Creative memadukan DNA unik dentsu dari warisan dan kerajinan Jepang berusia 120 tahun dengan pengalamannya yang kaya dalam membangun brand di lanskap media modern.

Menggunakan kecerdasan pelanggan (customer intelligence) untuk menyampaikan ide yang cukup besar dan adaptif, cukup berani untuk memetakan wilayah eksekusi baru, dan cukup besar untuk terhubung secara pribadi dengan jutaan orang.

Identitas visual yang mencolok telah dibuat sebagai ekspresi kreatif dari pertemuan Timur dengan Barat, sinyal dari dedikasi untuk kerajinan dan kekuatan transformatif kreativitas dalam upaya membantu Dentsu Creative menarik dan mempertahankan bakat kreatif terbaik.  

Sebagai tambahan informasi, peluncuran pertama di industri ini mengikuti pengumuman Dentsu Group pada Februari 2022 tentang dana investasi akuisisi senilai JPY 250 hingga 300 miliar untuk 2022-2024.