13 August 2022

SinarHarapan.id-Terus berkomitmen untuk memberikan solusi finansial untuk individual hingga korporasi dan menjadi partner yang setia sebagai “Bank Pilihan Anda”, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon” dan “Bank”) merayakan ulang tahun yang ke-66.

Pencapaian ini ditujukan dengan  mengusung tema “Bersama Bersinergi” di mana Danamon menjadikan karyawan, nasabah dan komunitas sebagai fokus utama.

Tahun 2022 terbukti menjadi sebuah titik balik bagi perekonomian nasional dan juga kualitas kehidupan secara keseluruhan untuk menjadi lebih baik.

Danamon selalu memberikan produk dan layanan terbaik selama masa pandemi kepada para nasabah dan komunitas sesuai dengan nilai-nilai yang dimiliki oleh Danamon, yaitu Berkolaborasi, Integritas, Sigap Melayani dan Adaptif (BISA).

“Selama 66 tahun ini, semua elemen di dalam Danamon telah bekerja dan berkolaborasi untuk selalu memberikan pelayanan keuangan dan perbankan terbaik kepada para nasabah setia kami, sehingga menjadikan Danamon sebagai salah satu institusi keuangan terkemuka di Indonesia selama ini,” ujar Yasushi Itagaki, Direktur Utama PT Bank Danamon Indonesia Tbk.(14/7/2022)

Danamon adalah bagian dari perusahaan induk MUFG yang merupakan salah satu institusi keuangan terbesar di Jepang, menerapkan berbagai strategi bisnis secara lebih efektif, termasuk berbagai investasi di Saluran Digital, IT, Branding, dan Sumber Daya Manusia.

Di tahun 2021, misalnya, Danamon meluncurkan aplikasi mobile banking yaitu D-Bank PRO. Aplikasi ini memberikan sebuah pengalaman omni-channel kepada para nasabah dengan berbagai kemudahan untuk melakukan begitu banyak transaksi keuangan, mulai dari pembelian paket data internet, pembelian token PLN dan pembayaran listrik, pembayaran zakat, belanja online (e-commerce), QRIS hingga penukaran valuta asing dan remittance.

Danamon juga terus melanjutkan kolaborasi kuat dengan anak perusahaan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance).

Selama bertahun-tahun, kolaborasi keduanya telah memperkuat ekosistem pembiayaan otomotif di Indonesia melalui berbagai inovasi produk pembiayaan dan pemasaran otomotif.

Hal ini salah satunya ditunjukkan melalui keikutsertaan Danamon dalam mendukung Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 yang berlangsung beberapa waktu yang lalu di Jakarta, di mana  Danamon bersama Adira Finance, dengan dukungan dari MUFG, mendapat respon positif dari industri maupun pasar otomotif nasional. Melalui perhelatan ini, Danamon dan grup mencatat pencapaian memuaskan berupa penyaluran kredit kepemilikan kendaraan bermotor (KPM Prima) sebanyak 2.000 unit dengan total nilai Rp300 miliar.

Dengan sinergi yang apik dan kuat, tantangan pandemi terbukti tidak menyurutkan kinerja baik Danamon di industri keuangan Indonesia. Berdasarkan Laporan Keuangan Kuartal I Tahun Fiskal 2022, yang diumumkan pada bulan April lalu, Danamon mencatatkan kinerja positif di kuartal I 2022. Fokus Danamon pada pertumbuhan granular funding berhasil meningkatkan Giro dan Tabungan (CASA) sebesar 12% dengan rasio CASA mencapai 60,5%, naik dari 54,7% yang tercatat pada periode yang sama tahun lalu.

Kualitas aset Danamon juga terus menunjukkan peningkatan. Rasio Non-Performing Loan (NPL) coverage mencapai 209% pada kuartal I 2022, dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat sebesar 177%. Di kuartal I 2022, rasio NPL gross juga membaik 50 bps menjadi 2,8% sementara persentase Loan at Risk (LAR), yang mencakup COVID restructured loans under forbearance sebesar 15,4%, membaik 60bps dibandingkan tahun sebelumnya. Indikator keuangan ini berkontribusi pada profitabilitas Danamon yang ditandai dengan tren quarterly yang stabil dari Net Interest Margin (NIM) sebesar 7,9% sementara laba operasional tumbuh 49% year-on-year.

Pada akhir kuartal I 2022, Laba Bersih Setelah Pajak (NPAT) Danamon mencapai Rp860 miliar, meningkat sebesar 65% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Kredit di segmen Enterprise Banking, yang terdiri dari Perbankan Korporasi dan Komersial serta Lembaga Keuangan, naik 10% mencapai Rp61 triliun dibandingkan tahun sebelumnya. Pertumbuhan ini didukung oleh kolaborasi Danamon dengan jaringan MUFG dan fokusnya pada nasabah blue-chip dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pada periode yang sama dan seiring dengan pulihnya sektor pembiayaan kendaraan bermotor, Adira Finance, mengalami peningkatan pada pembiayaan baru sebesar 33% dibandingkan kuartal pertama tahun lalu.

Kualitas sumber daya manusia yang tinggi menjadi salah satu strategi kunci dari Danamon untuk dapat terus memberikan yang terbaik kepada para nasabah. Kehadiran Wakil Direktur Utama yang baru, Hafid Hadeli, yang telah diangkat secara resmi pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan di bulan Maret yang lalu, akan menambah kekuatan tim Danamon untuk semakin berkembang dan maju.

“Saya yakin dengan semangat #BersamaBersinergi, Danamon akan menjadi semakin kuat dan berkembang. Perayaan ulang tahun yang ke-66 ini menjadi bukti kuatnya komitmen dan dedikasi Danamon untuk terus memberikan yang terbaik bagi nasabah, sesuai dengan brand promise Danamon yaitu memberikan solusi keuangan terbaik agar nasabah dapat memegang kendali atas kebutuhan dan tujuan keuangan mereka,” ujar Wakil Direktur Utama Danamon, Hafid Hadeli.

Danamon mengajak nasabah dan karyawan, atau Danamoners, untuk ikut serta dalam perayaan ulang tahun ke-66 dan menawarkan berbagai promo menarik. Bagi nasabah, Danamon akan menghadirkan program promo Banjir Kejutan Promo 66, yang akan berlangsung pada tanggal 16 hingga 31 Juli 2022. Bagi Danamoners, ada banyak kejutan menarik berupa berbagai kegiatan seru untuk  menyambut perayaan ulang tahun ke-66 dan meningkatkan engagement, dan untuk komunitas, Danamon mengadakan beberapa kegiatan sosial untuk membantu masyarakat mencapai kesejahteraan melalui program Danamon Peduli.Adapun tiga promo jagoan dari Banjir Kejutan Promo 66 yang tidak boleh dilewatkan, yaitu:
Diskon 66% untuk pembelian tiket bioskop XXI khusus pada tanggal 16 Juli 2022.

Suku bunga tetap mulai dari 1,66% di tahun pertama untuk KPR Danamon untuk pengajuan selama periode 6 – 31 Juli 2022, dengan hadiah robot vacuum cleaner untuk 66 pendaftar pertama dan biaya administrasi hemat sebesar Rp660.000.
Bunga spesial mulai dari 1,66% per tahun untuk KPM Prima dan KPM Prima Syariah selama periode 6 – 31 Juli 2022. Nasabah juga akan mendapatkan cashback Rp660.000 untuk pengajuan melalui D-Bank PRO, diskon biaya administrasi hingga 66%, dan bebas biaya provisi.

Selain ketiga promo andalan di atas, Danamon juga telah menyiapkan program-program promo lainnya, yang mencakup berbagai segmen seperti Retail, SME dan Corporate, di mana Danamon menyediakan produk finansial baik konvensional maupun Syariah.

Program tersebut mencakup:
Diskon sebesar 66% atau Rp66.000 dengan bertransaksi menggunakan kartu debit, kartu kredit, direct debit, maupun QRIS Danamon di mitra merchant tertentu selama periode 16 – 31 Juli 2022;

Promo khusus melalui Danamon Syariah berupa Program Pendaftaran Haji, Paket Umrah dan Tabungan yaitu:
Program Daftar Haji yang berlaku untuk 66 orang pertama yang melakukan pendaftaran di rekanan terpilih Danamon Syariah, dengan periode program 18 – 20 Juli 2022;

Diskon Rp1.000.000 untuk Paket Umrah bagi 66 orang pertama yang melakukan pendaftaran di rekanan terpilih Danamon Syariah, dengan periode program 18 – 20 Juli 2022;

Cashback Rp66.000,- untuk pembukaan Pembukaan Tabungan Danamon Syariah dengan menggunakan kode referral HUT66 selama 16 – 31 Juli 2022; dan Special rate dan hadiah khusus bagi nasabah produk segmen lain seperti pembiayaan Big Bill, Danamon Cash Connect, Wealth Management, Tabungan Danamon Lebih, KPR Danamon dan KPM Prima.(Iwan)