15 August 2022

Elisa, Manager Live Streaming Jet Commerce Indonesia(Kiri) dan Direktur Marketing Jet Commerce Indonesia, Agustina Putri Wijaya(Kanan) pada peresmian pusat live streaming, Lumbalumba, Jet Commerce Indonesia di Jakarta.(19/7/2022)

SinarHarapan.id-Untuk menyediakan layanan live commerce untuk mitra brandnya, Perusahaan e-commerce enabler Jet Commerce Indonesia meresmikan sebuah pusat live streaming.

Upaya ini juga ingin meningkatkan kemampuan layanan live commerce-nya dengan fasilitas lengkap dan desain studio yang dapat dikustomisasi sesuai kategori produk mitra brandnya.

Live Stream Center yang memiliki luas sebesar 515 meter persegi ini berisikan 14 studio live stream dengan fasilitas lengkap termasuk desain studio.

Di dalam setiap studio yang masing – masing memiliki luas berkisar antara 6 hingga 22 meter persegi ini, terdapat berbagai fasilitas penunjang live streaming seperti perangkat OBS (Open Broadcaster Software) untuk meningkatkan kualitas video, lighting set yang lengkap, serta berbagai peralatan syuting lainnya.

Direktur Marketing Jet Commerce Indonesia Agustina Putri Wijaya menyampaikan, “Sebagai perusahaan jasa, Jet Commerce berkomitmen dengan berinovasi melalui peluncuran layanan live commerce yang sejalan dengan tren live shopping yang tengah berkembang pesat, serta mendirikan fasilitas Live Stream Center ini untuk mendukung pertumbuhan dan kualitas dari layanan baru kami”.(19/7/2022)

Live commerce sendiri merupakan aktivitas perdagangan yang menyiarkan produknya secara digital melalui video dan terhubung langsung dengan konsumen secara daring, yang dinilai telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir ini.

Dalam laporan terbaru Statista, tercatat terjadi peningkatan rata – rata pembelian melalui live streaming sebesar 76% di seluruh dunia, sejak awal pandemi hingga saat ini.

Melihat pesatnya perkembangan live commerce serta besarnya potensi dari kanal penjualan baru ini, Jet Commerce Indonesia pun meluncurkan unit bisnis terbarunya bernama Lumbalumba pada kuartal kedua tahun lalu.

Lumbalumba menyediakan layanan live commerce secara menyeluruh untuk mitra brand Jet Commerce Indonesia, mulai dari live streaming, talent management termasuk menyediakan kreator konten atau influencer ternama, TikTok Shop Management, hingga content marketing.

“Kami melihat peluncuran Lumbalumba sebagai unit bisnis terbaru kami yang menyediakan layanan live commerce ini, akan semakin memperkuat ekosistem e-commerce yang Jet Commerce miliki, di mana akan melengkapi solusi e-commerce end-to-end kami yang sebelumnya terdiri dari e-commerce operations, warehousing & fulfillment service, dan omnichannel system,” lanjut Agustina.

Elisa, Manager Live Streaming Jet Commerce Indonesia mengatakan tren live shopping digemari karena mampu menawarkan pengalaman belanja online yang menyenangkan melalui interaksi langsung dan nyata antara penjual dengan konsumen, serta membawa hiburan dan kesenangan bagi konsumen dari kesempatannya berinteraksi dengan influencer favoritnya.

“Namun, melakukan live streaming yang berkualitas, serta menciptakan konten – konten pemasaran yang menarik, tidaklah mudah. Diperlukan strategi, kreativitas, hingga keahlian teknis agar dapat mengoptimasi kanal penjualan live commerce ini. Di Lumbalumba, kami memiliki lebih dari 40 live streaming experts yang berpengalaman dalam melakukan planning menyeluruh untuk setiap sesi live streaming yang akan kami lakukan, mulai dari analisis produk, pemilihan host, pembuatan naskah, dekorasi studio, hingga merancang mekanisme live streaming dan pengelolaan teknisnya,” lanjut Elisa.

Semenjak diluncurkan pada tahun lalu, unit bisnis live commerce ini telah mengalami peningkatan pendapatan hingga lima kali lipat, dan berhasil menarik perhatian berbagai brand ternama seperti OPPO, realme, Gaabor, Senka, hingga Unicharm untuk menjadi mitra brandnya.

Bahkan pada kuartal IV – 2021, Lumbalumba dinobatkan oleh TikTok sebagai TikTok Shop Partner terbaik karena telah berhasil mencatatkan performa penjualan yang tinggi selama tiga bulan berturut – turut di platform TikTok Shop.

Untuk jasa yang ditawarkan, Elisa mengungkapkan dimulai di harga Rp. 40 Juta per 20 streaming.

Kami juga menargetkan hingga akhir tahun ini bisa mendapatkan hingga 20 brand sebagai mitra kami, pungkas Elisa.(Iwan)