15 August 2022

SinarHarapan.id –  PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) akan membuka lima gerai baru lagi mulai September hingga November tahun 2022 ini.

Gerai-gerai Matahari akan segera dibuka di Gowa (Sulawesi Selatan), Bondowoso (Jawa Timur), Semarang (Jawa Tengah), Kendari (Sulawesi Tenggara) dan Bontang (Kalimantan Timur).

“Kami optimistis dengan prospek ekonomi jangka panjang di Indonesia, dan pembukaan gerai baru ini akan menciptakan ratusan lapangan kerja secara langsung dan juga di area sekitar kami serta berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal,” kata Terry O’Connor, CEO Matahari, seperti dilansir dari siaran pers, Kamis (14/7/2022).

Lebih lanjut, dari total rencana 8 gerai yang dibuka tahun ini, maka gerai-gerai tersebut merupakan gerai yang keempat hingga kedelapan yang dibuka tahun ini, setelah membuka dua gerai baru di Mal Taman Anggrek Jakarta dan Plaza Ambarrukmo Yogyakarta, serta satu gerai baru di Tang City Banten yang akan dibuka pada Agustus mendatang.

Gerai baru di Gowa akan dibuka pada September, Bondowoso dan Semarang pada Oktober, serta Kendari dan Bontang pada November.

Pembukaan tersebut sejalan dengan rencana Matahari untuk mempercepat ekspansi baik di kota-kota besar maupun di kota-kota baru yang sedang berkembang.

Dua pembukaan lebih lanjut juga dijadwalkan untuk tahun ini, tergantung pada kondisi yang berlaku, sehingga jumlah total gerai yang beroperasional secara nasional akan menjadi 148 gerai pada akhir tahun 2022.

Matahari bermaksud untuk membuka 12-15 gerai pada tahun 2023 dan seterusnya.

“Kami sangat antusias untuk segera membuka enam gerai baru di berbagai kota. Ekspansi ini menunjukkan kondisi keuangan yang kuat dan komitmen kami untuk memberikan pengalaman Feel Good kepada para pelanggan setia kami dengan semakin mendekati komunitas kami,” tambah Terry.

Untuk diketahui, Matahari saat ini adalah platform ritel terbesar di Indonesia, dengan 140 gerai di 77 kota di seluruh Indonesia, serta secara online melalui Matahari.com, platform social commerce “Shop & Talk”, dan market place pihak ketiga.

Selama lebih dari 60 tahun, Matahari menyediakan produk pakaian, kecantikan dan sepatu yang berkualitas, fashionable dan terjangkau bagi kalangan menengah Indonesia yang semakin meningkat.

Matahari mempekerjakan lebih dari 30.000 karyawan (termasuk SPG produk konsinyasi) dan bermitra dengan sekitar 600 pemasok lokal serta internasional.

Perseroan menerima beberapa penghargaan dari industri – bertaraf nasional dan internasional – termasuk Best Non-Financial Sector dan Top 10 Mid-Cap Issuers ASEAN Corporate Governance Awards 2022.

Selai itu perseroan juga meraih Top Digital Company & Best Excellent Service Experience Index Award 2022 dari Majalah Marketing. Kemudian, Top 50 Most Valuable Brand Awards 2021 dari Brand Finance Indonesia, Top 500 Retail Asia Pacific dari Retail Asia.

Kemudian, Euromonitor & KPMG; Brand Asia 2018 – Top 3 Most Powerful Retail Brands in Indonesia dari Nikkei BP Consulting, Inc.; dan WoW Brand Award 2019 serta Gold Champion dari MarkPlus Inc.

Di samping itu, Perseroan juga meraih penghargaan Indonesia Netizen’s Brand Choice Award 2018 dari Warta Ekonomi.

Seluruh penghargaan tersebut mendukung dan memperkuat reputasi Perseroan sebagai salah satu perusahaan yang terkemuka, dinamis, dan tepercaya di Indonesia.