13 August 2022

Niagahoster bekerja sama dengan berbagai institusi pendidikan lewat program pengembangan skill Development Program.(Sumber:Niagahoster)

SinarHarapan.id– Pemerintah terus berkomitmen mendukung para generasi muda untuk mengembangkan diri melalui berbagai program keterampilan digital. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, berharap universitas dapat meningkatkan peran sebagai tempat pembelajaran yang juga menjadi bekal mahasiswa untuk berwirausaha.

Dilansir dari siaran pers Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Menteri Airlangga berharap para mahasiswa dapat memadukan ilmu dan kemampuan untuk membaca kesempatan. Sehingga, jumlah wirausaha yang lahir dari perguruan tinggi semakin meningkat.

“Momentum ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk membuka peluang besar bagi ekonomi Indonesia. Talenta digital sangat diperlukan untuk mengakselerasi jumlah wirausaha di Indonesia,” ujar Menko Airlangga.

Berbagai kegiatan pengembangan talenta digital dilakukan pemerintah untuk mendukung penduduk usia produktif yang mencapai lebih dari 191 juta orang, yang mayoritas merupakan Gen Z dan Milenial. Mereka diharapkan dapat mengoptimalkan berbagai peluang digitalisasi di berbagai sektor.

Pengembangan keterampilan digital diperkirakan akan memberikan kontribusi senilai Rp4.434 triliun kepada PDB tahun 2030.

Relevansi Ilmu dengan Kebutuhan di Lapangan

Komitmen pemerintah untuk mendukung para generasi muda mengembangkan diri melalui berbagai program keterampilan diwujudkan dengan beragam kegiatan dari level basic hingga advance yang diadakan. Seperti gerakan Nasional Literasi Digital, Digital Talent Scholarship, Digital Leadership Academy, dan Sea Labs Academy.

Selain memanfaatkan program pemerintah, kebutuhan pengembangan talenta digital yang selaras dengan yang dibutuhkan di lapangan juga menuntut para sivitas akademika perguruan tinggi untuk berkolaborasi dengan berbagai praktisi di bidang yang bersangkutan.

Salah satunya adalah yang dilakukan oleh Niagahoster bekerja sama dengan berbagai institusi pendidikan lewat program pengembangan skill Development Program. Hal tersebut dilakukan karena sejalan dengan misi Niagahoster yang ingin membantu jutaan orang memanfaatkan potensi internet untuk membangun kesuksesan online.

“Pendekatan pada komunitas akademik merupakan kunci terbentuknya talenta-talenta digital di Indonesia. Lewat kolaborasi-kolaborasi tersebut, Development Program Niagahoster bisa terus secara aktif mengakselerasi pengembangan talenta digital di Indonesia,” ujar Linggar Dwi Addieningtyas, Community Program Specialist Niagahoster.

Berbagai Event di Platform yang Mudah Diakses

Tidak hanya sebagai perusahaan penyedia layanan web hosting, Niagahoster juga ingin mewujudkan misi dengan menyediakan alat bagi semua orang untuk belajar dan berkembang memanfaatkan teknologi digital.

Selain Development Program yang dilaksanakan sebagai wadah pembelajaran secara terstruktur mengenai mindset dasar pentingnya go-online dan website, serta memberi bekal skill digital terutama bagi mahasiswa, Niagahoster juga secara rutin mengadakan event-event seputar dunia digital.

“Niagahoster secara rutin mengadakan event-event dengan topik seputar dunia digital yang bisa diakses dengan mudah dan gratis lewat berbagai platform. Dari mulai Zoom meeting, Telegram, hingga Instagram Live,” ujar Ayunda Zikrina, Head of Brand and Communication Team Niagahoster.

Hal tersebut memberikan pemahaman bahwa ilmu dan skill tentang dunia digital tidaklah eksklusif untuk kalangan tertentu saja. Literasi digital bagi masyarakat, lanjut Ayunda, amat penting demi menyukseskan banyak inisiatif dan program pemerintah terkait digitalisasi.(Iwan)