15 August 2022

SinarHarapan.id-Cermat mengatur dan mengelola terutama pada faktor penyimpanan menjadi ilmu penting yang harus diperhatikan dengan teliti.

Demi mempersiapkan kebutuhan bahan makanan agar tetap segar dan terjaga dengan baik, Shopee bersama dengan para narasumber, Devina Hermawan selaku Celebrity Chef, dan Melly Oliviani sebagai Owner of Nyakrek Baso Aci menghadirkan BincangShopee 8.8 Pesta Diskon Supermarket: “Bahan Makanan Tetap Segar, Solusi Penyimpanan Pintar”.

“Bahan makanan merupakan investasi besar dalam dapur, maka perlu diketahui apa saja yang benar-benar dibutuhkan saat berbelanja. Shopee memandang pentingnya mengetahui cara menyimpan dan mengelola bahan makanan yang pintar, demi menjaga nilai gizi, rasa, kualitas, kesegaran dan masa umur pada bahan tersebut.” Jelas Putri Lukman, Head of Electronics & FMCG Shopee Indonesia.(26/7/2022)

Dibalik kebutuhan bahan makanan yang banyak dan bervariasi, Devina Hermawan sebagai Celebrity Chef mengungkapkan, “Manajemen penyimpanan selalu menjadi tantangan tersendiri yang seringkali dihadapi. Tentunya berbagai cara dan faktor perlu diperhatikan dengan cermat demi menjaga kualitas kesegaran bahan dan meminimalisir kerugian belanja.”

Berikut tips dan trik dalam sesi diskusi BincangShopee kali ini yang dapat menjadi solusi dan inspirasi penyimpanan pintar untuk menjaga kesegaran makanan;

Membuat Rencana Belanja Mingguan atau Bulanan Secara Baik dan Bijak

Pengelolaan kebutuhan bahan baku perlu diimbangi dengan proses belanja yang cermat.

Pertama-tama buat daftar skala prioritas, rencanakan kebutuhan utama apa saja yang diperlukan, produk apa saja yang dapat di beli di bulan berikutnya, dan mengkombinasikan jenis bahan makanan segar dengan jenis bahan makanan jangka panjang sebagai cadangan.

Jadi, jika sewaktu-waktu kehabisan bahan makanan segar, selalu terdapat persediaan cadangan sebagai solusi efektif.

Memaksimalkan beragam keuntungan melalui promo – promo menarik yang tersedia. Seperti memanfaatkan kampanye Shopee 8.8 Pesta Diskon Supermarket, mulai dari Gratis Ongkir Semua Toko, Beli 2 Pasti Diskon 50%, hingga Tebus Murah 5 Ribu yang mana rangkaian promo belanja ini dapat dinikmati hingga 8 Agustus 2022 mendatang.

Trik berikutnya, pisahkan bahan makanan yang memiliki aroma khusus dengan yang lainnya.

Biasakan melakukan pencatatan saat barang hendak disimpan dan perhatikan tanggal kadaluarsa pada makanan kaleng maupun siap saji.

Tips terakhir yang tak kalah penting, selalu memastikan dan menjaga kebersihan dapur, lemari penyimpanan, dan kulkas dengan secara rutin, termasuk memantau kebersihan wadah penyimpanan.