13 August 2022

Upacara Praspa TNI-Polri Tahun 2022, Kamis (14/07/2022), di Halaman Istana Merdeka, Jakarta. (Foto: Humas Setkab/Rahmat)

SinarHarapan.id – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik dan mengambil sumpah 754 orang calon perwira remaja (capaja) Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Pelantikan dilakukan pada upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri Tahun 2022, Kamis (14/07/2022), di Halaman Istana Merdeka, Jakarta.

Pelantikan para perwira dari Akademi TNI itu didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 44/TNI Tahun 2022. Sementara itu, para perwira yang berasal dari Akademi Kepolisian dilantik berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 45/Polri Tahun 2022.

Para perwira yang dilantik terdiri atas 292 perwira dari Akademi Militer (Akmil), 107 perwira dari Akademi Angkatan Laut (AAL), 109 perwira dari Akademi Angkatan Udara (AAU), dan 246 perwira dari Akademi Kepolisian (Akpol).

Pada pelantikan tersebut para capaja mengucapkan sumpah perwira.

“Bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-baiknya terhadap bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945,” ujar Presiden mendiktekan sumpah perwira TNI dan Polri.

Dalam acara tersebut, Sekretaris Militer Presiden Marsda Tonny Harjono turut membacakan peraih Adhi Makayasa (lulusan terbaik) dari masing-masing akademi, yakni Letda Infanteri Rafi Naufal Afriansyah (Akmil), Letda Laut Elang Tri Esthi Fitrananda (AAL), Letda Penerbang Jeremia Zophie Pramudya (AAU), dan Ipda Adira Rizky Nugroho (Akpol).

Turut mendampingi Presiden di antaranya Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (FID/UN/Setkab)