13 August 2022

Wuling Air ev memiliki dimensi panjang 2.974 mm, lebar 1.505 mm, dan tinggi 1.631.(Sumber:SH.id/Iw)

SinarHarapan.id-Wuling baru saja merilis mobil listriknya, Air ev dan siap dipasarkan di tanah air.

Mobil mungil listrik Wuling Air EV memiliki dimensi panjang 2.974 mm, lebar 1.505 mm, dan tinggi 1.631 mm.

Walau berpenampilan mungil, mobil ini mampu menampung hingga 4 orang. 2 orang bagian depan dan 2 orang di bagian belakang.

Selanjutnya ada beberapa bagian yang layak dikupas lebih dalam.

Ketika memasuki mobil ini, Anda akan disuguhkan dua layar yang cukup eye-catching, berukuran masing-masing 10,25 inci pada bagian dashboard. Posisi layar terletak di bagian tengah dashboard, memanjang ke kanan, tepat di depan setir.

Layar sebelah kiri berisi tentang fitur-fitur hiburan serta beberapa pengaturan seperti mengoperasikan AC, navigasi, dan lain sebagainya. Pengoperasian dapat dilakukan dengan sentuhan jari dengan layar yang cukup responsif. Layar ini sudah mendukung mirroring dengan smartphone, baik melalui kabel maupun tanpa kabel, juga sudah mendukung Internet of Vehicle (IoV).

Selanjutnya akan terlihat di tengah bangku, antara kursi pengemudi dan penumpang, terdapat tombol pengoperasian kendaraan dengan sistem rotary yang menggantikan tuas transmisi pada mobil konvensional. Caranya cukup mudah, hanya dengan memutar tombol tersebut, mobil dapat diperintahkan untuk maju, mundur, netral, maupun dalam posisi parkir.

Bagian terpenting dari tenaga penggerak mobil ini adalah Batere. Ada hal yang perlu diperhatikan mengenai trik pengecasannya.

Menurut Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors Indonesia, secara umum mobil ini tidak bisa sembarang dicas di rumah. Ia menjelaskan mobil hanya bisa dicas pada daya listrik rumah lebih dari 2.200 VA.

Danang melanjutkan baterai mobil listrik ini akan terisi penuh 100 persen dari 20 persen dengan waktu sekitar 8,5 jam hingga 11 jam. Sementara jika kekuatan daya listrik lebih besar atau 6.600 VA ke atas, durasi pengecasan bisa lebih singkat, atau empat jam.

Sedangkan untuk garansinya, Garansi penggunaan baterai Wuling Air EV selama delapan tahun. Namun, usai delapan tahun pemakaian, bukan berarti baterai akan rusak atau tidak lagi bisa dipakai, ungkap Danang.

Baterai mobil ini pasca delapan tahun penggunaan dapat mencapai 70-80 persen.

“Jadi misal mau dipakai lebih dari 8 tahun bisa,” pungkas Danang.

Wuling Air EV, mobil listrik berukuran ringkas tersedia dalam dua pilihan yaitu standard range dan long range di Indonesia.

Wuling Air EV dijual mulai harga Rp. 250 Juta dan dirakit secara lokal, di Cikarang, Bekasi.(Iwan)