15 August 2022

SinarHarapan.id-Segmen kendaraan SUV (Sport Utility Vehicle) terus menggeliat di tanah air. Selain tampil elegan, jenis kendaraan ini juga tangguh dan bisa digunakan untuk pelbagai kebutuhan dan kondisi medan.

Penguasa segmen SUV saat ini yakni Mitsubishi Pajero Sport. Kendaraan besutan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) terus menunjukkan angka yang positif secara penjualan belakangan ini.

Di bulan Juni 2022 ini, MMKSI berhasil mencatat angka penjualan retail di angka 7.735 unit atau dengan market share 10.2%. Angka tersebut merupakan penjualan retail dari kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors di seluruh Indonesia.

“Di semester pertama tahun 2022 ini, kami berhasil mempertahankan penjualan retail dengan sangat baik dan juga menunjukkan peningkatan dibandingkan dengan semester pertama tahun lalu. Ini menjadi salah satu indikasi bahwa produk dan layanan yang kami persembahkan menjawab kebutuhan dan keinginan masyarakat di Indonesia dan salah satu tujuan utama kami yaitu menemani life’s adventure masyarakat Indonesia melalui berbagai persembahan kami dan terus berkembang bersama menuju kehidupan yang lebih baik lagi,” Ujar Tetsuhiro Tsuchida, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI, beberapa waktu lalu.

Kendaraan penumpang Mitsubishi Motors di Indonesia berhasil mencatat penjualan retail 5.397 unit di sepanjang bulan Juni 2022. Sedangkan, untuk kendaraan niaga ringan penjualan retail yang behasil dicapai yaitu 2.338 unit.

Dari total penjualan retail yang diraih tersebut, model Xpander termasuk Xpander Cross masih mendominasi penjualan MMKSI hingga 43%. Selain itu, model Pajero Sport juga memberikan kontribusinya yang mencapai 26%. Di segment LCV, L300 berkontribusi hingga 21% terhadap penjualan retail kendaraan Mitsubishi Motors di bulan Juni 2022.

Pangsa pasar Pajero Sport di segmen medium SUV 2.500 cc (4×2 dan 4×4) adalah 56% dengan total penjualan 2.066 unit.

Pangsa pasar Pajero Sport di segmen medium SUV 2.500 cc (4×2 dan 4×4) adalah 56% dengan total penjualan 2.066 unit.(Sumber:MMKSI)

Penguasaan Pajero Sport ke pasar tanah air ditenggarai beberapa hal keunggulannya berikut ini :

1. Bermesin handal dan tangguh

Mitsubishi Pajero Sport baru ditenagai oleh mesin 2.5 liter turbocharged dengan pendingin internal. Selain itu mobil ini telah lolos uji emisi EURO II dan tentunya sangat ramah lingkungan.

Untuk varian bawah, mobil ini berkekuatan 136 hp pada 4000 rpm. Tentu saja, varian yang lebih tua memiliki output terukur yang lebih tinggi hingga 181 hp pada 3500 rpm.

2. Memiliki varian yang beragam

Mobil ini cukup tangguh untuk diajak ke medan apapun. Ketangguhannya bisa menaklukkan jalanan kota dan juga kuat saat diajak ke medan terjal dan berbatu. Mobil ini juga siap untuk berkendara di jalan pegunungan yang menanjak.

Untuk seri terbarunya, Mitsubishi menawarkan sebelas varian New Pajero Sport di Indonesia. Pajero Sport memiliki pilihan antara New Pajero Sport Exceed (4×2) MT untuk varian yang lebih rendah hingga New Pajero Sport Dakar (4×4) AT.

3. Memilik teknologi keamanan mumpuni

Mobil ini memiliki sejumlah fitur yang banyak di antaranya adalah teknologi keselamatan, mulai dari Forward Collision Mitigation System yang dapat mencegah tabrakan dengan kendaraan di depan.

Tidak ketinggalan dengan fitur peringatan titik buta yang mendeteksi kendaraan di sekitar kamu. Dengan fungsi ini, titik buta dapat dihilangkan dan kamu dapat berpindah jalur atau berbelok dengan nyaman.

Ada pula Hill Descent Assist yang mampu menjaga kecepatan saat berkendara di medan yang menurun dan mencegah mobil melaju kencang saat akan menuruni bukit.

4. Tangguh, Tetap tampil elegan

Mitsubishi tetap mempertahankan tampilan eksterior yang stylish khas SUV. Meski besar, mobil ini tetap terasa ramping, dengan lekukan halus dari depan hingga belakang. Kekokohan ini juga mendukung ban dengan pelek aluminium 18 inci.

Pilihan warna-warna yang tersedia tidak terlalu mencolok bahkan terlihat lebih maskulin. Pearl White adalah warna standar bersama dengan Sterling Silver Metallic, Deep Bronze Metallic, Titanium mika, abu-abu gunmetal dan hitam.

Tentang interiornya, kenyamanan berkendara mobil ini juga maksimal berkat hadirnya jok kulit di setiap joknya. Keindahannya dipertegas dengan detail kayu pada dasbor dan pintu.

5. Harga jualnya, tergolong standard

Mitsubishi mematok mobil pajero sport ini dengan harga yang cukup masuk akal dibandingkan kompetitornya.

Untuk varian 4×2 dibanderol mulai Rp 529,6 juta sampai Rp 652,8 juta on the road (OTR) Jabodetabek.

Sedangkan harga New Pajero Sport varian 4×4, per Juni 2022 ditawarkan Rp 554,9 juta hingga Rp 712,5 juta OTR Jabodetabek.

Harga tersebut bisa dibilang stabil karena tidak ada penyesuaian jika dibandingkan dengan harga per Mei 2022.(Iwan)