13 August 2022

Omni HR menyediakan platform dan system manajemen yang membantu perusahaan mendigitalkan dan mengotomatiskan berbagai data karyawan dari awal mulai masuk hingga meninggalkan perusahaan. (Ist)

SinarHarapan.id – Platform otomatisasi pengelolaan sumber daya manusia (SDM – human resources atau HR), Omni HR, pada Senin (25/7/2022) mengumumkan pendanaan pra-awal (Pre-Seed).

Nilainya USD 2,4 juta (setara 36 miliar rupiah) yang dipimpin Alpha JWC Ventures dan Picus Capital, dengan partisipasi dari FEBE Ventures, Basis Set Ventures, Ratio Ventures, dan Frances Kang di Horizons Ventures.

Didirikan pada 2021 oleh Brian Ip dan YC Chan, Omni HR menyediakan platform dan system manajemen yang membantu perusahaan mendigitalkan dan mengotomatiskan berbagai data karyawan dari awal mulai masuk hingga meninggalkan perusahaan.

Saat ini perusahaan-perusahaan di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia, mulai mendigitalkan proses serta aktivitas manajemen karyawan dan operasional perusahaan.

Namun, belum ada perangkat lunak (software) yang dapat menjawab kebutuhan ini dengan baik. Kebanyakan software yang beredar di pasaran hanya mendukung fungsi administrasi dasar, sehingga masih banyak sekali proses yang dilakukan secara manual oleh pegawai.

Omni HR hadir sebagai platform manajemen karyawan yang memungkinkan organisasi mendigitalkan catatan karyawan, mengotomatisasi tugas administratif, dan menggunakan data-data tersebut dengan mudah serta terintegrasi dengan berbagai sistem yang ada.

“Selain itu, software HR juga membutuhkan pendekatan lokal yang dapat menyesuaikan fitur dengan aturan ketenagakerjaan yang berbeda di setiap negara. Kami sebagai startup Asia Tenggara punya kesempatan untuk lebih mengerti apa yang dibutuhkan perusahaan di masing-masing negara, namun di sisi lain, kami juga punya perspektif regional dan global untuk membawa inovasi-inovasi terbaik bagi pengguna platform kami,” ujar Co-Founder Omni HR, Brian Ip.

Sejak soft launching di Maret 2022, Omni HR telah diadopsi oleh sejumlah perusahaan untuk mengotomatisasi proses manual SDM seperti administrasi bagi karyawan baru, manajemen permintaan cuti, dan manajemen dokumen.

Kini, Omni HR siap untuk ekspansi ke seluruh Asia Tenggara, dengan fokus utama di Indonesia dan Singapura.

“Omni HR telah membantu kami mengotomatisasi dan merampingkan proses penyambutan karyawan baru di Ajaib. Dengan fitur-fitur yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan, kami dapat menciptakan proses orientasi yang lebih menarik bagi karyawan baru, dengan pekerjaan manual yang jauh lebih sedikit bagi tim HRD,” ujar Hanny Lovita Pandiani selaku Employer Brand & Culture Manager dari startup investasi Ajaib, yang merupakan salah satu klien Omni HR.

Dengan pendanaan baru ini, Omni HR akan terus menambah fitur-fitur di platformnya, seperti fityur rekrutmen dan performance review, yang akan diluncurkan akhir tahun ini.

“Platform manajemen SDM komprehensif yang sedang dibangun oleh Omni HR menjawab masalah yang dihadapi oleh sebagian besar, atau bahkan semua, jenis perusahaan. Kami percaya Omni HR memiliki potensi unik untuk tumbuh cepat dan menjadi software SDM terbaik pilihan pelaku bisnis di Asia Tenggara,” kata Jefrey Joe, Co-Founder dan General Partner, Alpha JWC Ventures.

“SDM adalah bagian paling penting dalam setiap bisnis. Kami percaya pasar Asia Tenggara masih belum memiliki sistem yang komprehensif dan terlokalisasi untuk mengelola tenaga kerja secara efisien dan mudah digunakan. Omni HR telah membangun solusi unggul dengan di atas fungsionalitas administratif dasar dengan mengotomatisasi alur kerja di departemen SDM. Kebutuhan atas sistem

seperti ini menjadi semakin penting dengan meningkatnya jumlah perangkat lunak yang digunakan di perusahaan dan semakin banyaknya tenaga kerja jarak jauh yang sulit dikelola dengan infrastruktur TI tradisional,” kata Florian Reichert, Partner & Managing Director, Picus Capital.  (non)