15 August 2022

Steven Setiabudi Musa didampingi Ronny Pangemanan dan Yesayas Oktovianus saat berbincang dengan anak-anak di sela-sela Sosialisasi Peraturan Daerah bersama warga Papanggo II, Gg. Mawar, Kelurahan Warakas, Tanjung Priok, Minggu (24/7/2022). (sh.id/nonnie rering)

SinarHarapan.id – Steven Setiabudi Musa, Anggota DPRD DKI Jakarta, Komisi B usungan PDIP, sangat paham betul peran penting orang tua dalam menciptakan prestasi setiap anaknya.

Steven Setiabudi Musa yang merupakan mantan wartawan ini mengatakan, orang tua wajib mengatakan Putra-putri mereka sesuai kemampuan dan bakat dari anak-anak mereka dengan benar agar terarah mencapai prestasi di berbagai bidang, termasuk olahraga.

“Orangtua punya peran penting dalam pencapaian prestasi anak anaknya di berbagai cabang olahraga juga bidang lainnya,” kata Steven Setiabudi Musa saat membuka tatap muka dengan warga Papanggo II, Gg. Mawar, Kelurahan Warakas, Tanjung Priok, Minggu (24/7/2022) pagi jelang siang.

Steven Setiabudi Musa tampak puas melihat belasan orangtua yang menghadiri acara sosialisasi peraturan daerah (sosper) Nomor 1 Tahun 2016 tentang Keolahragaan mengakui tidak pernah menghalangi keinginan anak-anaknya untuk serius menggeluti olahraga. Apalagi sejumlah orang tua terlihat sangat tertarik dengan pembahasan tentang keolahragaan ini.

“Anak saya ikut Taekwondo, sudah punya empat piala. Tolong dibantu bagaimana kelanjutan sekolahnya nanti,” kata ibu Dahlia. “Anak saya ikut Futsal bersama teman-temannya. Mohon dibantu untuk sepatunya,” ujar timpal ibu Suhaemi.

Steven Setiabudi Musa menjelaskan, pemerintah pusat dan pemerintah provinsi memiliki program pembinaan olahraga berkelanjutan. “Untuk Jakarta ada Sekolah khusus Olahragawan di Ragunan, Jakarta Selatan,” jelas anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta itu.

Bahkan dengan mencetak prestasi Olahraga yang mumpuni pun anak akan lebih mudah menembus sekolah-sekolah negeri unggulan lewat jalur prestasi.

“Karena itu, semua anak harus terus menumbuhkan semangat untuk berprestasi di setiap cabang olahraga yang digeluti. Tak main-main kan, kalian juga bisa masuk sekolah-sekolah negeri unggulan dengan prestasi Olahraga,” tutur Steven Setiabudi Musa lagi sambil memanggil beberapa anak yang hadir untuk berbincang soal olahraga apa yang mereka geluti saat ini.

Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper) Nomor 1 tahun 2016 tentang Keolahragaan di Papanggo ini menghadirkan dua nara sumber, yakni Yesayas Octovianus dan Ronny Pangemanan,

Dua wartawan olahraga senior ini membahas materi peran orang tua untuk mendorong anaknya berprestasi  dan kemerosotan prestasi olahraga DKI Jakarta.

Steven Setiabudi Musa, Yesayas dan Ropan memuji para orang tua yang memberikan kesempatan luas pada anak-anaknya untuk menggeluti olahraga.

Mereka bahkan berdialog langsung dengan anak-anak tersebut. Ada yang aktif bermain sepak bola, futsal, atau bulu tangkis. “Nanti saya kirim kaos futsal satu lusin,” janji Ropan, panggilan akrab Ronny Pangemanan.

Tak Cuma itu. Steven Setiabudi Musa pun berjanji membantu pengadaan peralatan tenis meja di lapangan. “Nanti berkirim surat ke Dispora. Saya akan kawal itu,” katanya kepada pimpinan RT setempat, Syamsuddin.    (non)