13 August 2022

TikTok, destinasi video pendek terdepan, kembali berkolaborasi dengan Gramedia, jaringan toko buku terbesar di Indonesia dengan kampanye bertajuk #SerunyaMembaca.(Sumber:TikTok)

SinarHarapan.id-Ketertarikan terhadap buku dan kegiatan membaca di Indonesia masih menjadi salah satu tantangan yang masih dihadapi masyarakat Indonesia.

Namun, riset yang dirilis oleh Perpustakaan Nasional pada tahun 2021[1] menunjukkan adanya peningkatan pada indeks kegemaran membaca masyarakat Indonesia.

Hal ini juga terlihat di TikTok, di mana konten rekomendasi buku bacaan menjadi salah satu kategori konten yang paling diminati oleh komunitas TikTok.

Melalui sajian konten edukatif yang dikemas secara ringan dan menghibur, komunitas TikTok dapat menemukan rekomendasi ragam buku bacaan menarik untuk memperkaya diri mereka. Selaras dengan fenomena ini, kampanye #SerunyaMembaca ingin meningkatkan semangat membaca serta mengedukasi komunitas TikTok serta masyarakat luas akan serunya menimba ilmu melalui medium buku.

TikTok, destinasi video pendek terdepan, kembali berkolaborasi dengan Gramedia, jaringan toko buku terbesar di Indonesia, untuk mengadakan kampanye bertajuk #SerunyaMembaca.

Selain menghadirkan berbagai kegiatan menarik untuk mendorong semangat membaca masyarakat, TikTok juga menggandeng Taman Bacaan Pelangi, organisasi sosial yang fokus mendirikan perpustakaan anak di daerah terpencil di Indonesia Timur, untuk memperluas akses terhadap bahan bacaan melalui program donasi buku.

Kampanye ini juga diselenggarakan seiring dengan meningkatnya jumlah konten edukasi yang hadir di TikTok, termasuk konten seputar rekomendasi buku bacaan.

“Beberapa tahun belakangan ini, kami melihat peningkatan yang cukup pesat pada kategori konten edukasi, termasuk konten rekomendasi buku. Partisipasi aktif dari pengguna TikTok mengenai konten buku pun juga terlihat melalui tagar #SerunyaMembaca yang telah berhasil mengumpulkan dua miliar views. Oleh karena itu, kami kembali menyelenggarakan kampanye #SerunyaMembaca untuk menyediakan wadah bagi komunitas TikTok agar mendapatkan inspirasi buku bacaan yang bermanfaat. Selain itu, kami juga ingin memperlihatkan bahwa membaca juga bisa menjadi kegiatan yang seru dan menyenangkan untuk dilakukan, khususnya bersama komunitas TikTok,” jelas Kevin Chandra, Education & Lifestyle Creators Partnership Lead, TikTok Indonesia.

Kevin menekankan bahwa kampanye #SerunyaMembaca ini sejalan dengan misi TikTok untuk menginspirasi kreativitas dan membawa kebahagiaan. “Kami sangat senang bisa kembali berkolaborasi dengan Gramedia dan menggandeng Taman Bacaan Pelangi untuk bersama menyebarkan semangat baca sekaligus memperluas akses ke buku bagi masyarakat Indonesia,” tutup Kevin.(6/7/2022)

Kampanye #SerunyaMembaca yang diselenggarakan mulai tanggal 6 Juli hingga 13 Juli 2022 ini diharapkan dapat turut berkontribusi dalam meningkatkan semangat dan minat baca dari masyarakat Indonesia melalui sejumlah program, antara lain:

· Tantangan #SerunyaMembaca yang mengajak para pengguna untuk berbagi inspirasi seputar buku, termasuk rekomendasi buku dan fakta menarik tentang pustaka, dengan harapan dapat menginspirasi komunitas TikTok;

· TikTok LIVE yang menghadirkan ruang diskusi seru melalui akun TikTok resmi Gramedia bersama para penulis ternama dan figur publik, antara lain RJLS, Luvita Ho, dan Dinda Mulia dengan pembahasan seputar buku, penulisan, dan membaca;

· Program donasi buku di 10 cabang Gramedia dan perpustakaan Taman Bacaan Pelangi untuk mengundang partisipasi masyarakat dalam memperluas akses baca di Indonesia. Hasil donasi, termasuk 1.000 buku persembahan Gramedia, akan didistribusikan melalui Taman Bacaan Pelangi ke Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur, dan wilayah Indonesia Timur lainnya.

Misi untuk menginspirasi masyarakat ini juga dibawa oleh Gramedia melalui literasi buku, seperti yang disampaikan oleh Raja Tubagus Wijaya Kusuma, Marketing & Communication Manager Gramedia.”TikTok sebagai sumber inspirasi lewat konten-konten edukasinya, menjadi salah satu alasan Gramedia untuk kembali bekerja sama untuk kampanye #SerunyaMembaca.

Sejalan dengan tujuan kami untuk meningkatkan literasi dan memberikan kemudahan akses tanpa batas pada dunia pengetahuan di seluruh Indonesia dengan memanfaatkan teknologi, TikTok menjadi salah satu platform yang tepat untuk membantu mewujudkan tujuan ini,” ungkapnya.

“Peningkatan akses buku yang menjadi cakrawala hidup masyarakat adalah tujuan utama Taman Bacaan Pelangi sebagai organisasi yang fokus pada peningkatan literasi dan minat baca anak-anak yang berada di sekolah dasar, khususnya Indonesia Timur. Oleh karena itu, kami sangat mengapresiasi upaya TikTok dan Gramedia lewat kampanye #SerunyaMembaca ini untuk meningkatkan minat baca, juga meningkatkan akses bacaan lebih luas, lewat donasi buku yang dipercayakan kepada kami untuk disalurkan kepada masyarakat Indonesia lebih luas,” jelas Widodo, Project Manager, Taman Bacaan Pelangi.

Kampanye #SerunyaMembaca ini akan dilaksanakan mulai tanggal 6 hingga 13 Juli 2022 dan dapat diakses melalui  #SerunyaMembaca di aplikasi TikTok atau melalui tautan berikut ini.(Iwan)