13 August 2022

SinarHarapan.id – PT United Tractors Tbk (UNTR) berencana untuk membeli kembali saham atau buy back saham publik mulai tanggal 13 Juli hingga 12 Oktober 2022. Dana yang disiapkan sebesar Rp5 triliun.

Mengutip keterangan resmi emiten jasa pertambangan dan alat berat grup Astra ini pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (12/7/2022), bahwa jumlah saham yang akan dibeli tak lebih dari 20 persen dari modal ditempatkan dan disetor.

Perseroan berharap, pembelian kembali saham dapat menstabilkan harga saham Perseroan dalam kondisi pasar yang fluktuatif, selain memberikan keyakinan kepada investor atas nilai saham Perseroan secara fundamental.

“Pembelian kembali saham juga memberikan fleksibilitas dalam mengelola modal jangka panjang, dimana saham treasuri dapat dijual di masa yang akan datang dengan nilai yang optiomal jika perseroan memerlukan penambahan modal,” kata manajemen UNTR.

Untuk itu, UNTR telah menunjuk salah satu perusahaan efek untuk membeli kembali saham dengan harga yang dianggap wajar dan baik oleh perseroan.

Jika semua dana yang disiapkan untuk buyback saham ini digunakan, aset perseroan akan berkurang menjadi Rp115,094 triliun dari Rp120,094 triliun per 31 Maret 2022. Namun, laba per saham akan naik ke level 1.193 dari level 1.158.

Aksi korporasi ini berlandaskan POJK 2/2013 tentang Kondisi Lain Sebagai Kondisi Pasar yang Berfluktuasi Secara Signifikan Dalam Pelaksanaan Pembelian Kembali Saham yang Dikeluarkan oleh Emiten atau Perusahaan Publik.