26 September 2022

Danone-AQUA, pelopor Air Minum Dalam Kemasan, hari ini kembali menegaskan komitmen untuk senantiasa mempertahankan kualitas terbaik air minum dan kemasan seluruh produknya.

SinarHarapan.id-Sudah menjadi keharusan kesehatan air yang kita konsumsi berdasarkan sumber mata air dengan kemasan yang baik.

Danone-AQUA, pelopor Air Minum Dalam Kemasan, hari ini kembali menegaskan komitmen untuk senantiasa mempertahankan kualitas terbaik air minum dan kemasan seluruh produknya.

Komitmen ini juga ditunjukkan melalui seluruh proses yang berlangsung di Pabrik Danone-AQUA yang berlokasi di Ciherang, Jawa Barat.

Sebagai pelopor air minum dalam kemasan yang telah mengantarkan kemurnian air mineral ke tengah masyarakat Indonesia selama hampir 50 tahun, pabrik Danone-AQUA Ciherang dibangun di atas lahan seluas 8,93 hektar.

Pabrik Ciherang mempekerjakan lebih dari 300 karyawan dan memproduksi Danone-AQUA kemasan galon, kemasan botol 330 ml dan kemasan botol 600 ml.

Komitmen Danone-AQUA diimplementasikan melalui tiga perlindungan utama yaitu melakukan serangkaian upaya untuk melindungi kealamian ekosistem di sekitar sumber airnya, memastikan proses produksi secara higienis dan terjaga, dan memroses produk dengan seksama melalui sistem terintegrasi menyeluruh tanpa tersentuh tangan dengan 400 parameter pemeriksaan kualitas untuk menjamin pemenuhan standar keamanan pangan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Sebagai salah satu perusahaan bersertifikasi BCorp, penting bagi kami untuk senantiasa menjadikan perusahaan sebagai force for good, dengan melindungi kealamian ekosistem di sekitar sumber air serta memastikan kualitas air dan kemasan tetap terjaga sejak dari sumber air di seluruh pabrik Danone-AQUA hingga ke tangan konsumen.”jelas Arif Mujahidin, Corporate Communication Director Danone Indonesia.

Beragam mekanisme memanfaatkan teknologi mutakhir untuk menjaga kualitas air mineral dan kemasan telah diterapkan di seluruh pabrik Danone-AQUA.

Pabrik Ciherang memiliki 2 jalur pengisian air mineral untuk kemasan botol (330ml satu jalur dan 600ml satu jalur), serta memiliki 3 jalur pengisian air mineral untuk kemasan galon guna ulang. Seluruh produk Danone-AQUA juga telah tersertifikasi sesuai standar global dan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Pabrik Ciherang juga senantiasa menjamin standar pengisian ulang kemasan galon dengan proses seleksi ketat terhadap galon yang kembali ke pabrik.

Adapun rangkaian seleksi ketat untuk galon guna ulang di antaranya adalah pengecekan fisik, galon tidak pecah atau bocor, galon tidak berbau, dan tidak terkontaminasi endapan atau warna.

Galon yang telah lolos seleksi akan menjalani proses pencucian dengan menggunakan air bertekanan dan pembersih dengan standar food grade, kemudian galon akan dibilas menggunakan air bertekanan tinggi.

Sebelum diisi ulang galon akan menjalani proses filtrasi dan penyinaran ultraviolet di dalam High Care Room – ruangan khusus dengan akses terbatas dan minim sentuhan tangan dan dimonitor secara real time.

Jika telah usai menjalani serangkaian proses galon diisi dengan air mineral tanpa sentuhan tangan. Untuk mengunci kemurnian air mineral dalam kemasan, Danone-AQUA galon menggunakan teknologi double injection yaitu tutup galon khusus yang dipatenkan pertama di Indonesia.

Kepala Site-Plan Danone–AQUA Ciherang, Joko Prasojo, mengatakan, “Tentunya tidak semua galon yang kembali ke pabrik dapat digunakan ulang. Galon yang tidak memenuhi standar akan menjalani proses daur ulang. Hal ini kami lakukan sebagai salah satu wujud komitmen dari Danone-AQUA dalam menerapkan ekonomi sirkular guna mengurangi dampak pada lingkungan. Komitmen Danone-AQUA dalam menjaga keberlangsungan lingkungan melalui penerapan Green Factory yang diwujudkan melalui implementasi solar panel di atas bangunan pabrik, program rainwater harvesting serta Zero Waste to Landfill.”

Joko juga menambahkan bahwa Danone-AQUA selalu berusaha untuk terus berinovasi dalam menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia akan hidrasi yang sehat. “Dengan menerapkan teknologi produksi yang terkini, pemeriksaan kualitas produk yang menyeluruh, serta komitmen untuk hanya menghadirkan produk dengan kualitas terbaik,” ujar Joko.

Untuk memastikan kualitas produk terjaga hingga distribusi, Danone-AQUA juga bekerja sama dengan mitra distribusi resmi, AQUA Home Service (AHS). AHS merupakan perpanjangan tangan dari Danone-AQUA untuk memastikan kualitas produk terjaga sampai ke tangan konsumen, sekaligus bagian dari komitmen perusahaan untuk memberdayakan perempuan dan mendorong pertumbuhan usaha skala kecil.

Ibu Yetti, salah satu agen AHS yang berada di wilayah perumahan Sentul, menyampaikan, “Menjadi bagian dari AHS selain mendapat penghasilan tambahan untuk keluarga, namun juga memberikan manfaat kepada para tetangga sekitar. Keluarga di sekitar sini jadi semakin terbantu aksesnya untuk mendapatkan produk AQUA yang terjamin kualitasnya. Pelanggan kami sebagian besar adalah keluarga karena produk galon itu selain efisien bagi keluarga, juga lebih ramah lingkungan,” ujar Ibu Yetti.

“Penting bagi konsumen untuk memperhatikan berbagai ciri fisik dari galon AQUA. Pastikan air tampak bening, tidak berbusa, tidak berbau, terasa segar dan tidak memberikan rasa kesat. Terdapat tulisan AQUA timbul pada badan galon, terdapat model droplet (tetes air) pada bagian samping tutup galon yang harus selalu dalam kondisi tertutup,” tambah Ibu Yetti.